Sampai di Balam, Kirab Bendera Pemilu 2024 Kental Tradisi Lampung

Penyerahan bendera terakhir di Dapil II Provinsi Lampung

Bandar Lampung, IDN Times - Penyerahan Bendera Kirab Pemilu 2024 di Bandar Lampung, Senin (28/8/2023) berlangsung meriah dan unik. Itu  karena disambut berbagai kesenian budaya Khas Lampung kental dan pawai.
 
Mulai dari penyambutan tamu agung yakni KPU Kota Metro sang pembawa bendera dengan menampilkan Tari Pencak Silat dan Tari Kreasi Kipas Bedana. Kemudian dilanjutkan dengan berbalas pantun antara pihak Kota Bandar Lampung dan pihak Kota Metro.

Berbalas pantun merupakan salah satu tradisi umum di Lampung, berbalas pantun ini berisi tentang nasihat dan diselingi dengan komedi khas Lampung. Biasanya tradisi ini dilakukan diberbagai acara besar termasuk acara Kirab Pemilu 2024.

Setelah perwakilan adat antar kota tersebut menyampaikan pantun berbahasa Lampung, pihak Kota Metro menyerahkan selendang tapis sebagai tanda penyerahan bendera kirab pada Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana.

1. Bendera kirab telah estafet ke 6 kabupaten kota di Lampung

Sampai di Balam, Kirab Bendera Pemilu 2024 Kental Tradisi LampungPenyerahan bendera Kirab Bendera Pemilu 2024 Bandar Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandar Lampung, Dedy Triyadi menyampaikan penyerahan bendera kirab di Bandar Lampung ini merupakan penyerahan bendera terakhir di Provinsi Lampung dari Dapil II.

“Karena setelah ini bendera harus diserahkan ke Kota Serang, Banten. Di Lampung sendiri bendera ini melewati 6 kabupaten kota yakni Kabupaten Mesuji, Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat, Lampung Tengah, Lampung Timur, Metro, dan Bandar Lampung,” katanya.

Dedy menyampaikan, bendera kirab pemilu 2024 untuk dapil II ini dimulai dari Pekan Baru Riau. Dedy mengatakan bendera ini akan disimpan terlebih dahulu selama seminggu di Bandar Lampung sebelum diserahkan ke Banten.

Baca Juga: Polda Lampung Selidiki Cemaran Limbah Aspal di Pesisir Selatan

2. Pawai bendera akan melintasi 5 kecamatan pesisir

Sampai di Balam, Kirab Bendera Pemilu 2024 Kental Tradisi LampungBalas pantun pada Kirab Bendera Pemilu 2024 Bandar Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Dedy menjabarkan, selama seminggu yakni mulai 28 Agustus sampai 3 September 2023 KPU Kota Bandar Lampung berencana mengarak bendera Kirab Pemilu 2024 di Teluk Lampung pesisir kota setempat.

Dengan melintasi lima kecamatan pesisir di Kota Bandar Lampung yakni Telukbetung Timur, Telukbetung Barat, Bumi Waras, Telukbetung Selatan, dan Panjang.

KPU juga telah menyiapkan 20 kapal untuk Kirab Pemilu 2024 di laut. Ia menjelaskan ini menjadi salah satu upaya KPU untuk meramaikan pesta demokrasi di Bandar Lampung dan mengajak masyarakat untuk turut berpartisispasi.

3. Lomba pun diadakan sebagai bentuk sosialisasi pemilu 2024

Sampai di Balam, Kirab Bendera Pemilu 2024 Kental Tradisi LampungBerbalas pantun Kirab Bendera Pemilu 2024 Bandar Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Selain itu Dedy mengatakan, untuk upaya sosialisasi di Kota Bandar Lampung, KPU mengadakan berbagai lomba seperti senam jingle Pemilu 2024, pawai budaya, jalan sehat, lomba kicau mania dan lainnya.

“Tentu saja kita juga ada sosialisasi dan pendidikan politik bagi masyarakat di setiap daerah pemilihan, dan deklarasi pemilu damai,” jelasnya.

Ia juga mengatakan, puncak acaranya nanti akan berlangsung pada 3 September 2023 di Tugu Adipura dengan bebagai doorprize. Ia pun mengajak masyarakat untuk turut hadir di dalamnya.

4. Pemkot Bandar Lampung berharap acara pendidikan demokrasi ini berjalan lancar

Sampai di Balam, Kirab Bendera Pemilu 2024 Kental Tradisi LampungKirab Bendera Pemilu 2024 Bandar Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Ketua KPU Kota Metro, Nurris Septa Pratama pun menyampaikan perasaannya di acara penyerahan bendera kirab ke Bandar Lampung hari ini. Ia merasa bangga menjadi bagian kirab estafet dari Kepulauan Riau.

“Jadi jangan heran kalau benderanya seperti ini, karena sudah melewati banyak kabupaten di berbagai provinsi. Kesakralan kirab bendera ada di sana,” imbuhnya.

Sementara itu, Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana mengatakan kirab dan pawai ini juga merupakan salah satu pendidikan demokrasi dan politik di Bandar Lampung.

“Semoga rangkaian acaranya berjalan dengan sukses, termasuk sosialisasinya perlu sekali untuk melakukan sosialisasi ke anak milenial dan generasi z,” katanya. 

Baca Juga: Waspada Uang Palsu! Polisi Sita Rp120 Juta di Lampung Tengah

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya