PTM 100 Persen SD dan SMP Bandar Lampung Digelar Pekan Depan?

Wali kota fokus beberapa hal untuk PTM 100 persen

Bandar Lampung, IDN Times - Pembelajaran Tatap Muka (PTM) 100 persen untuk siswa SD dan SMP di Bandar Lampung kemungkinan akan terlaksana minggu depan jika tak ada kendala.

Hal tersebut disampaikan oleh Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana di Gedung DPRD Kota Bandar Lampung, Senin (14/2/2022). Ia mengatakan pelaksanaan PTM yang dilaksanakan hari ini disambut antusias wali murid dan siswa sekolah.

“Dalam seminggu ini kita lihat. Kalau misalnya berjalan dengan baik, tak ada kendala suatu apapun, dan tidak ada kasus di sekolah lagi, jangan sampai. Insya Allah kita akan PTM 100 persen untuk semua kelas,” kata Eva Dwiana.

Baca Juga: Eva Dwiana: Pelayanan Publik Belum Sentuh Kelompok Minoritas

1. Klaster sekolah pandemik COVID-19 gelombang ketiga

PTM 100 Persen SD dan SMP Bandar Lampung Digelar Pekan Depan?Ilustrasi sekolah. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Diketahui PTM di Bandar Lampung sebelumnya sempat diberhentikan sementara sekitar satu bulan lamanya. Itu dikarenakan kasus COVID-19 ditemukan dibeberapa SMA Bandar Lampung pada 3 Februari lalu.

Kasus positif COVID-19 itu terjadi di dua SMA setelah pemberlakuan PTM 100 persen diberlakukan oleh Pemerintah Provinsi Lampung. Kemudian berlanjut ditemukan di salah satu SD Bandar Lampung.

Setelah kejadian tersebut, PTM untuk semua jenjang diberhentikan sementara. Per hari ini PTM untuk SD dan SMP sudah mulai diberlakukan kembali.

2. Syarat lain PTM 100 persen

PTM 100 Persen SD dan SMP Bandar Lampung Digelar Pekan Depan?Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Eva Dwiana mengatakan, selain keadaan PTM di sekolah, pemkot juga akan mempertimbangkan kegiatan PTM 100 persen jika kasus COVID-19 di Bandar Lampug berangsur membaik dan berkurang.

“Minggu depan setelah uji coba PTM ini, kita akan evaluasi dari semua sekolah. Kita juga evaluasi perkembangan kasus COVID-19 di Bandar Lampung,” ujarnya.

Eva menambahkan, kasus positif COVID-19 di Bandar Lampung juga sudah berkurang. Menurut data dari Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung, kasus positif per kemarin (13/2) bertambah sebanyak 54 kasus. Sedangkan pada 12 Februari 2022 kasus penambahannya adalah sebanyak 58 kasus.

3. Hanya kelas 6 dan 9 sekolah 100 persen

PTM 100 Persen SD dan SMP Bandar Lampung Digelar Pekan Depan?Siswa SDN 2 Rajabasa yang sedang melaksanakan PTM. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Kepala SDN 2 Rajabasa, Harmiyati mengatakan, pelaksanaan PTM di SDN 2 berjalan cukup baik dan tanpa kendala apapun. Ia juga mengatakan semua wali murid bersedia anaknya melakukan pembelajaran di sekolah.

“Untuk kelas 1-5 kita bagi dua, 50 persen sekolah dan 50 persen daring, bergantian setiap harinya. Sedangkan untuk kelas 6 kita lakukan PTM 100 persen. Durasi belajar kan 2 jam. Antar kelas kita jeda sekitar satu jam untuk kelas berikutnya," ujarnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandar Lampung, Eka Afriana juga mengatakan, setiap sekolah memang hanya memperbolehkan kapasitas 100 persen untuk kelas 6 dan 9 di PTM terbatas kali ini sedangkan lainnya wajib 50 persen.

Harmiyati menyampaikan, selain kelas 6 saja, pihak sekolahnya juga akan mempersiapkan pembelajaran intens untuk siswa kelas 5. Hal itu dikarenakan penjelasan atau metode belajar kelas 5 juga sudah banyak yang harus dijelaskan secara langsung oleh guru.

Baca Juga: Ternyata Ini Alasan PTM SD dan SMP Bandar Lampung Dimulai Senin Besok

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya