Ternyata Ini Alasan PTM SD dan SMP Bandar Lampung Dimulai Senin Besok

Siswa SD dan SMP pasti naik kelas gak ya?

Bandar Lampung, IDN Times - Setelah dihentikan sementara pascamunculnya beberapa kasus COVID-19 pada siswa dan guru di sekolah, Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di Bandar Lampung kembali dimulai, Senin (14/3/2022).

Pj Sekretaris Kota Bandar Lampung, Sukarma Wijaya mengatakan, PTM terbatas kali ini fokus siswa akan menghadapi ujian kelulusan yaitu siswa kelas 6 SD dan 9 SMP. Meski begitu, siswa tingkat lainnya juga akan melaksanakan PTM terbatas.

“Kita nanti minta sekolah untuk lebih memfokuskan pada siswa yang akan melaksanakan ujian kelulusan. Setelah fase ujian nanti, siswa akan kita liburkan. Setelah libur ini, kita berharap keadaan sudah normal kembali," kata Sukarma, Minggu (13/3/2022).

1. Semua sekolah sudah dipastikan siap PTM Senin

Ternyata Ini Alasan PTM SD dan SMP Bandar Lampung Dimulai Senin BesokSMA YP Unila Bandar Lampung. (IDN Times/Istimewa).

Sukarma mengatakan, pihak pemkot melalui Dinas Pendidikan Kota Bandar Lampung sudah memastikan semua sekolah sudah siap untuk melaksanakan PTM Senin nanti.

“Insya Allah Senin besok kita sudah mulai PTM lagi untuk selain SMA dan SMK, karena jenjang itu sudah PTM lebih dulu, dan untuk kali ini kita tidak ada masa uji coba lagi karena pada prinsipnya semua sekolah sudah siap secara teknis," ujarnya.

Ia menyampaikan kesiapan sekolah terkait teknis di antaranya adalah mengenai protokol kesehatan di sekolah, penyekatan dalam kelas, hingga penjadwalan siswa yang akan masuk kelas.

“Kita tidak mengharapkan ini ya, tapi apabila ada siswa yang terpapar, maka akan ada kebijakan lebih lanjut," imbuhnya.

Baca Juga: PPKM Level 3 Diperpanjang, Wali Kota Izinkan Resepsi dan PTM Digelar?

2. Ketentuan dalam PTM

Ternyata Ini Alasan PTM SD dan SMP Bandar Lampung Dimulai Senin BesokIlustrasi prokes di sekolah (IDN Times/Asrhawi Mui)

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandar Lampung, Eka Afriana mengatakan PTM terbatas ini masih dilakukan sistem 50 persen.

“Untuk awal ini, kapasitas kelas masih 50 persen. Setengah masuk sekolah, setengah lainnya akan daring, bergantian seperti itu. Jadi kita belum 100 persen,” katanya.

Untuk durasi belajar, siswa akan belajar selama dua jam per hari. Sedangkan terkait teknis lainnya diserahkan kepada sekolah masing-masing yang penting sesuai dengan protokol kesehatan.

“Kita juga sudah kumpulkan seluruh kepala sekolah di Bandar Lampung dan Insya Allah kalau persiapan, semuanya sudah siap,” tambahnya.

3. Capaian vaksinasi per 12 Maret 2022

Ternyata Ini Alasan PTM SD dan SMP Bandar Lampung Dimulai Senin BesokAnak SD di Bandar Lampung yang sedang menerima vaksin. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Eka juga mengatakan saat ini vaksinasi anak di Bandar Lampung sudah hampir mendekati target yaitu sekitar 80 persen. Saat ini beberapa sekolah juga masih melakukan vaksinasi kepada siswanya.

“Saat inipun masih berjalan, harapan kita ya 100 persen dan semoga itu bisa cepat terlaksana,” ungkapnya.

Menurut data vaksin dari kementerian kesehatan Per 12 Maret 2022 melalui lama https://vaksin.kemkes.go.id/, vaksinasi anak usia sekolah dosis satu di Bandar Lampung sudah mencapai 194.124 siswa atau 175,68 persen dari target. Dengan rincian vaksinasi anak usia 6-11 tahun sebanyak 83.575 anak, dan remaja usia 12-17 tahun sebanyak 110.549 anak.

4. Semua siswa dijamin naik kelas dan lulus

Ternyata Ini Alasan PTM SD dan SMP Bandar Lampung Dimulai Senin BesokIlustrasi siswa sekolah. (Dok.)

Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana beberapa waktu lalu sempat merencanakan PTM 100 persen pada 7 Februari 2022. Namun ditunda karena pada 3 Februari 2022 terjadi kasus klaster sekolah di tiga SMA Bandar Lampung sehingga rencana PTM 100 persen ini diurungkan.

Pada jumpa persnya waktu itu, Ia menegaskan meski siswa wajib melakukan ujian sekolah, namun karena belum efektifnya belajar di sekolah, ia menjamin siswa di seluruh sekolah Bandar Lampung akan naik kelas dan lulus semuanya.

Baca Juga: PPKM Level 3 Masih Lanjut, Disdikbud Lampung: PTM Terbatas Tetap Digelar

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya