Pemkot Bandar Lampung Janji Umumkan UMK Akhir November 2023

Saat ini UMP sedang dalam proses pengkajian

Bandar Lampung, IDN Times - Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Bandar Lampung, M Yudhi mengatakan Pemkot Bandar Lampung akan mengumumkan Upah Minimum Kota (UMK) Bandar Lampung paling lambat 30 November 2023.

Hal itu dikarenakan Pemkot Bandar Lampung baru bisa menentukan besarannya setelah Upah Minimum Provinsi (UMP) Lampung ditetapkan. Yudhi juga mengatakan jarak penetapan UMP dan UMK kurang lebih satu minggu.

“UMK ini kan memang sudah harus diterapkan pada 1 Januari 2024 nanti. Jadi memang untuk menetapkan UMK sendiri tidak akan terlalu jauh dari UMP. Penetapan UMP itu kan rencananya keluar 21 November, kalau kita ambil di 30 November,” katanya, Selasa (14/11/2023).

Baca Juga: Kasus Joki CPNS Kejaksaan 2023 Lampung Diyakini Lebih dari 1 Pelaku

1. Pemkot belum bisa memastikan besar persenan UMK

Pemkot Bandar Lampung Janji Umumkan UMK Akhir November 2023Pemkot Bandar Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Disinggung terkait besar kenaikan persenan UMK Bandar Lampung, Yudhi mengatakan pihaknya masih belum bisa mengumumkan hal itu karena hal tersebut baru bisa disampaikan ketika UMP sudah keluar.

“Belum bisa dipastikan. Tapi yang jelas kita akan sesuaikan dengan hasil diskusi bersama dewan pengupahan. Karena itu kewajiban tiap kepala daerah untuk mengeluarkan besaran kenaikan upah sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 51 Tahun 2023 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan,” paparnya.

Yudhi menambahkan, dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan pertemuan dengan perwakilan buruh, pengusaha, dan akademisi untuk menentukan UMK.

2. Pemkot akan mendengarkan pendapat stakeholder untuk sejaterahkan buruh

Pemkot Bandar Lampung Janji Umumkan UMK Akhir November 2023Kadisnaker Bandar Lampung, M Yudhi. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Yudhi mengatakan, penetapan besaran UMK pada 30 November 2023 tersebut tak hanya di Bandar Lampung saja tapi dilakukan serempak di 15 kabupaten/kota di Lampung.

“Kita ini juga sedang tunggu juklak dan juknis dari pemerintah pusat. Kan kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi se-Indonesia juga sedang rapat ya sama kementerian soal ini,” imbuhnya.

Ia menambahkan, pihaknya akan berusaha semaksimal mungkin untuk mensejahterahkan buruh-buruh di Bandar Lampung dengan mendengarkan pendapat dari berbagai stakeholder.

3. Pemprov Lampung sedang mengkaji UMP dengan variabel penentu UMP

Pemkot Bandar Lampung Janji Umumkan UMK Akhir November 2023liputan6.com

Diketahui, Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Lampung, Agus Nompitu mengatakan terkait UMP 2024 pihaknya sudah mendapat pembekalan dari Kementerian Tenaga Kerja soal teknis Upah Minimum Provinsi.

Setelah itu disnaker provinsi juga harus melakukan kajian dengan memasukan berbagai variabel seperti pertumbuhan ekonomi, inflasi, dan indeks tertentu lainnya untuk mewakili kontribusi tenaga kerja terhadap pertumbuhan ekonomi.

Ia pun meminta masyarakat untuk bersabar karena Pemerintah Provinsi Lampung akan mengumumkan jumlah besaran UMP Lampung pada 21 November 2023 mendatang. 

Baca Juga: Masih Banyak Jurnalis Perempuan Lampung Mendapat Upah di Bawah UMP

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya