Mau Dikunjungi Jokowi Besok, 13 KM Jalan Menuju Kota Baru Rusak Parah

Jokowi berencana salat Jumat di Masjid Airan Lampung Selatan

Lampung Selatan, IDN Times - Proyek Kota Baru Lampung rencananya menjadi salah satu titik kunjungan Presiden Joko “Jokowi” Widodo ke Lampung, Jumat (5/5/2023) besok.

Hal ini terlihat dari persiapan dari tim pengamanan dan protokol Provinsi Lampung dan pengamanan Presiden baru selesai melakukan survei dari Kota Baru, Kamis (4/5/2023) siang.

Namun mirisnya, menurut pantauan IDN Times sepanjang 13 Kilometer (Km) Jalan Terusan Ryacudu menuju Kota Baru tersebut rusak parah. Bahkan iring-iringan mobil dan motor dengan plat B (Jakarta) tersebut harus berjalan sangat lambat saat melewati jalan itu untuk menghindari lubang.

Baca Juga: Jalan Rusak Ngebut Diperbaiki Jelang Jokowi ke Lampung? Ini Kata Arinal

1. Warga berharap Jokowi bisa datang ke sana sehingga jalanan segera diperbaiki

Mau Dikunjungi Jokowi Besok, 13 KM Jalan Menuju Kota Baru Rusak ParahJalan Terusan Ryacudu. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Menurut penduduk setempat yakni warga Desa Banjar Agung Kecamatan Jati Agung Lampung Selatan, Berman Maunson mengatakan jalanan tersebut memang sudah lama rusak dan tidak mendapat perhatian dari masyarakat.

“Berapa lama ya, sudah lama lah pokoknya. Kalau 2 tahunan ada lah lebih. Terakhir itu dibenerin cuma ditimbun pake batu split aja jadi ya seperti ini lagi,” katanya.

Ia mengaku, sering kali pengendara roda dua terjatuh karena lubang di jalanan tersebut. Maka ia sangat berharap Jokowi bisa benar-benar datang melihat ke tempat tersebut sehingga jalanan akan diperbaiki dengan baik.

2. Perjalanan menuju Kota Baru bak “naik kuda”

Mau Dikunjungi Jokowi Besok, 13 KM Jalan Menuju Kota Baru Rusak ParahIring-iringan rombingan pengamanan. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Berman juga menambahkan Jalan Terusan Ryacudu sebenarnya dekat dengan pintu tol ITERA. Sehingga tak elok rasanya apabila penampakan jalannya seperti itu.

“Apalagi ini kan dekat pintu tol (ITERA). Kasihan juga mobil motor yang lewat. Lubangnya sudah seperti kubangan, sudah seperti naik kuda kalau mau ke Kota Baru,” ujarnya.

Menurut pantauan IDN Times, sepanjang jalan menuju Kota Baru memang cukup tak terawat. Hanya setengah jalan saja teraspal dan aspal itu pun telah rusak. Aspalnya pecah, banyak batuan, dan beberapa lubang juga memenuhi seluruh badan jalan sehingga mau tak mau kendaraan harus melewati lubang tersebut.

3. Presiden rencananya akan salat Jumat di Masjid Airan

Mau Dikunjungi Jokowi Besok, 13 KM Jalan Menuju Kota Baru Rusak ParahMasjid Raya Airan. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Setelah mampir ke Kota Baru, iring-iringan mobil dan motor pengamanan Presiden tersebut lalu berhenti di Masjid Raya Airan karena rencananya orang nomor satu di Indonesia tersebut besok akan melakukan Salat Jumat di masjid tersebut.

“Katanya sih siang Pak Jokowi mau ke sini, mau salat Jumat di sini (Masjid Airan) makanya pada gladi di situ ramai,” kata Tri Agus, warga dan pemilik jasa parkir setempat.

Diketahui, Jokowi berencana berkunjung ke Lampung dalam rangka menilik “jalan viral” di Lampung yakni Jalan Rumbia Lampung Tengah. Namun tak hanya di sana, ia juga dijadwalkan akan mengunjungi Lampung Selatan.

Baca Juga: Simsalabim! Jelang Jokowi ke Lampung, Lubang Jalan Rumbia Hilang

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya