Ini Alasan Pandawara Bilang Pantai Lampung Terkotor Nomor 2 Indonesia

Aksi Pandawara selanjutnya bukan lagi di Lampung

Bandar Lampung, IDN Times - Usai Lampung, Pandawara rencananya akan melakukan tur ke kota lainnya untuk melakukan pembersihan pantai mengajak masyarakat dan pemerintah daerah diwilayah target selanjutnya.

Hal ini disampaikan salah satu anggota Pandawara, Gilang saat diwawancarai IDN Times di lokasi bersih-bersih Pantai Sukaraja Jalan Ikan Selar Bandar Lampung, Senin (10/7/2023).

“Oh gak (di Lampung lagi). Setelah ini kita memang ada tur juga (ke daerah lain), tapi kita gak bisa bocorkan dulu. Karena tujuan ya bukan apa-apa ya, intinya sisi positifnya kita berharap semua masyarakat bisa saling menyatu tanpa menyalahkan,” kata Gilang.

Baca Juga: Lampung Viral Soal Sampah, WALHI: Rekomendasi Sejak 2014 Tak Digubris

1. Seharusnya tak perlu viral dulu baru bergerak membersihkan sampah

Ini Alasan Pandawara Bilang Pantai Lampung Terkotor Nomor 2 IndonesiaPesisir Sukaraja Bandar Lampung yang dibersihkan oleh Pandawara dan masyarakat Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Gilang juga mengatakan, kegiatan ini murni memang hanya bertujuan untuk membersihkan pantai di Lampung dari tumpukan sampah menahun sekaligus membangun sinegitas antara masyarakat dan pemerintah.

“Jadi kami berharap agar tidak saling menyalahkan lagi ke depannya karena sebetulnya masalah sampah itu adalah tanggung jawab semua makhluk hidup dibumi, yakni kita semua,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan, seharusnya memang tidak perlu viral dulu baru masyarakat dan pemerintah mau bergerak membersihkan sampah. “Kita juga tidak pernah menyinggung pihak manapun, kita selalu ekspos ke teman-teman Indonesia dan tidak kita lebih-lebihkan atau kurangi,” imbuhnya.

2. Pandawara punya rekan tersebar di seluruh Indonesia untuk melihat keadaan sampah di daerah

Ini Alasan Pandawara Bilang Pantai Lampung Terkotor Nomor 2 IndonesiaPandawara, Gilang. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Gilang melanjutkan, pertama kali tahu pantai di pesisir Bandar Lampung ini dari kru Pandawara Group memang tersebar hampir diseluruh Indonesia termasuk Lampung.

“Kita punya rekan di berbagai kota dari Aceh sampai Maluku dan di provinsi masing-masing itu mereka membuat laporan dan butuh bantuan,” jelasnya.

Setelah itu, barulah tim Pandawara akan memilih pantai mana akan didatangi dan segera melakukan aksi pembersihan dengan mengajak masyarakat dan pemda setempat melalui media sosial.

3. Pantai terkotor nomor satu menurut Pandawara

Ini Alasan Pandawara Bilang Pantai Lampung Terkotor Nomor 2 IndonesiaPesisir Sukaraja Bandar Lampung yang dibersihkan oleh Pandawara dan masyarakat Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Gilang mengatakan, sebelum melihat pantai di Bandar Lampung ini, mereka juga sudah banyak sekali melihat pantai lain dari daerah timur dan barat Indonesia dengan berbagai kondisi.

“Makanya kita punya alasan kenapa kita bilang ini pantai terkotor nomor 2 se-Indonesia. Karena kita nemu pantai paling kotor yakni di Pandeglang. Itu nomor 1. Kurang lebih lebar bibir pantai  ditumpuki sampah itu bisa sampai 500 meter,” katanya.

Ia pun berharap, pantai di Pesisir Bandar Lampung ini ada pemeliharaan lebih lanjut dari baik dari masyarakat maupun pemerintah agar lebih berkelanjutan dan memberikan perubahan.

Baca Juga: Halo Warga Lampung! Diajak Bersih Pantai Bareng Pandawara Group

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya