Hujan Pertama Setelah Kemarau Panjang, Disambut Tarian Siswa SD

Hujan pertama di Bandar Lampung setelah kemarau panjang

Bandar Lampung, IDN Times - Setelah kurang lebih tiga bulan tanah Lampung kering karena tak diguyur hujan, warga Bandar Lampung akhirnya bersuka cita ketika hujan pertama pasca musim kemarau panjang muncul, Rabu (1/11/2023) sekitar pukul 12.56 WIB.

Seperti siswa-siswa SD Al Azhar Way Halim Bandar Lampung. Berbarengan dengan jam pulang sekolah hujan turun dengan derasnya dan membuat para siswa berlari keluar ruangan dan bermain dengan hujan di lapangan sekolah.

Pratiwi, wali murid siswa kelas 1 SD Al Azhar Bandar Lampung pun mengabadikan momen siswa-siswa SD tersebut yang bersuka cita atas turunnya hujan. Ia pun mengaku senang akhirnya musim kemarau telah berakhir.

“Iya heboh banget tadi anak-anak pada main hujan-hujanan di lapangan. Senang mungkin ya karena udah lama banget gak hujan jadi orang tua dan guru juga gak melarang, karena pas jam pulang sekolah juga,” katanya, Rabu (1/11/2023).

Baca Juga: Eks Wali Kota Herman HN Diberi Gelar Doktor Honoris Causa oleh Unila

1. Hujan hanya berlangsung sekitar 15 menit

Hujan Pertama Setelah Kemarau Panjang, Disambut Tarian Siswa SDStatus WA warga Lampung soal hujan 1 November 2023. (IDN Times/Istiwmewa)

Meski begitu, rupanya hujan yang mengguyur Bandar Lampung secara tiba-tiba ini hanya berlangsung cukup singkat yakni sekitar 15 sampai 20 menit saja.

“Iya hujannya tadi sebentar banget. Jadi setelah sempat reda kita masih nunggu beberapa menit terus langsung bawa anak pulang ke rumah biar anaknya langsung mandi dan gak masuk angin,” ujarnya.

Ia pun berharap tak hanya hari ini, dalam waktu ke depan masyarakat Lampung juga bisa kembali menikmati hujan. “Semoga hujannya bisa turun normal, dan intensitasnya gak setiap hari. Takut banjir dan kalau ada angin kencang juga bahaya,” katanya.

2. Masyarakat Lampung tak perlu alokasikan uang untuk membeli air lagi

Hujan Pertama Setelah Kemarau Panjang, Disambut Tarian Siswa SDStatus WA warga Lampung soal hujan 1 November 2023. (IDN Times/Istimewa)

Sementara itu, Putri salah seorang warga Kecamatan Way Halim Bandar Lampung juga senang dengan turunnya hujan hari ini. Ia mengaku sudah sangat menantikan momen tersebut karena sudah tiga bulan cuaca Bandar Lampung cenderung terik karena tak hujan.

Ia menyatakan, tak perlu lagi menganggarkan biaya bulanannya untuk membeli air jika November jadi bulan pembuka musim penghujan.

“Alhamdulillah udah lama gak dengar suara petir, semoga musim penghujan udah beneran mulai biar gak perlu budgetin beli air lagi minggu ini,” ujarnya.

3. Hujan tak merata ke seluruh wilayah Lampung

Hujan Pertama Setelah Kemarau Panjang, Disambut Tarian Siswa SDStatus WA warga Lampung soal hujan 1 November 2023. (IDN Times/Istiwmewa)

Meski begitu, rupanya tak semua daerah di Lampung diguyur hujan. Seperti Mustika misalnya, ia cukup terkejut melihat status media sosial teman dan kenalannya di Lampung sudah merasakan hujan.

Namun diwilayahnya saat ini yaitu Desa Banjar Negeri, Kecamatan Natar Lampung Selatan belum diguyur hujan sama sekali. Ia berharap sore atau malam ini di Lampung Selatan juga bisa turun hujan.

Sementar itu menurut prakiraan cuaca BMKG, beberapa wilayah di Lampung akan diguyur hujan pada 1 November 2023 sore yakni di wilayah Bandar Lampung, Lampung Selatan, Pringsewu, Pesawaran, Tanggamus, Lampung Tengah, Lampung Utara, Lampung Barat, Way Kanan, Pesisir Barat. Malam hari di wilayah Pringsewu, Pesawaran, Tanggamus, Lampung Tengah, Lampung Utara, Lampung Barat, Way Kanan, dan Pesisir Barat.

Baca Juga: Merapat! 5 Rekomendasi Lapangan Futsal Favorit di Bandar Lampung

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya