Eks Wali Kota Herman HN Diberi Gelar Doktor Honoris Causa oleh Unila

Gelar Doktor Honoris Causa Herman HN dalam bidang ekonomi

Bandar Lampung, IDN Times - Wali Kota Bandar Lampung ke 10 atau dikenal juga sebagai Bapak Pembangunan Kota Bandar Lampung dianugerahkan gelar Doktor Honoris Causa oleh Universitas Lampung (UNILA), Rabu (1/11/2023).

Gelar kehormatan ini diberikan oleh Unila dalam Bidang Ilmu Ekonomi Program Doktor Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Dalam pidato pengukuhannya tersebut Herman HN membawakan pidato bertema Pembangunan untuk Kesejahteraan Rakyat.

Dalam pidatonya Herman HN kembali mengenang masa kepemimpinannya selama dua periode sejak 2010 sampai 2021. Ia berharap pengetahuan dan pengalamannya tersebut dapat menjadi ilmu bagi semua pihak.

“Saya berharap pengetahuan dan pengalaman saya bisa bermanfaat bagi aparatur maupun pihak-pihak lain dalam membangun daerah,” kata Herman HN.

Baca Juga: Gandeng 14 BUMN, Pemprov Lampung Bakal Miliki Pasar UMKM di PKOR

1. Pembangunan Herman HN selama ia menjabat Wali Kota Bandar Lampung

Eks Wali Kota Herman HN Diberi Gelar Doktor Honoris Causa oleh UnilaHerman HN diberi gelar Doktor Honoris Causa. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Dalam pidatonya, Herman HN menyampaikan selama 10 tahun terakhir ia memimpin Bandar Lampung, sudah terbangun 11 flyover dan 1 underpass untuk mengatasi kemacetan di Kota Bandar Lampung.

“Sejak 2011 pembangunan 11 flyover dan 1 underpass ini, kemacetan di Bandar Lampung relatif berkurang dan semua pembangunannya menggunakan PAD Bandar Lampung,” katanya.

Ia melanjutkan, hal ini menunjukan capaian PAD di Bandar Lampung saat kepemimpinannya pun mengalami peningkatan hingga pada 2021 lalu PAD Bandar Lampung mencapai Rp800 miliar.

Selain itu ia juga menyampaikan terdapat pembangunan fisik dan non fisik lainnya seperti peningkatan IPM Kota Bandar Lampung, pembangunan Bandar Lampung dalam bidang kesehatan dan pendidikan dengan pelayanan gratis.

2. Dihadiri tokoh penting termasuk Habib Lutfi

Eks Wali Kota Herman HN Diberi Gelar Doktor Honoris Causa oleh UnilaHabib Lutfi dalam acara penganugerahan gelar Doktor Honoris Causa Herman HN. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Dalam acara penganugerahan gelar tersebut, turut hadir beberapa pejabat dan tokoh penting termasuk tokoh besar Nahdlatul Ulama yakni Dr. H. Maulana Al-Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya atau sering disapa Habib Luthfi bin Yahya.

Ulama atau kiai besar tersebut juga sempat mengucapkan selamat kepada Herman HN dan menyampaikan nasihat di tengah kegiatan penganugerahan dan menekankan pembangunan memang sangat penting untuk masa depan bangsa.

Selain Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Tengah tersebut, juga turut hadir istri Herman HN atau Wali Kota Bandar Lampung saat ini yaitu Eva Dwiana.

3. Arinal Djunaidi juga mendapat gelar sama dari Unila

Eks Wali Kota Herman HN Diberi Gelar Doktor Honoris Causa oleh UnilaHerman HN diberi gelar Doktor Honoris Causa. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Sebelumnya Universitas Lampung juga telah menganugerahkan gelar Doktor Honoris Causa kepada Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, Kamis (26/10/2023) lalu. 

Rektor Unila Lusmeilia Afriani mengatakan pemberian gelar tersebut telah sesuai dengan Peraturan Menristek Dikti Nomor 6 Tahun 2015 tentang Statuta Unila dan Prosedur Pemberian Doktor Honoris Causa dalam Peraturan Menristekdikti Nomor 65 Tahun 2016 tentang Gelar Doktor Kehormatan.

Penganugerahan gelar tersebut diberikan pada Arinal dalam Bidang Ilmu Ekonomi oleh Unila sebagai pengakuan atas kontribusinya dalam pembangunan Lampung melalui Program Kartu Petani Berjaya (KPB).

Baca Juga: Pelajar Tewas Tawuran di Bandar Lampung, SMK BLK: Karena Saling Ejek

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya