Hore! Pemkot Bandar Lampung Transfer Insentif Pamong Minggu Depan

Januari 2023 akan cair, September-Desember 2022 terhutang

Bandar Lampung, IDN Times - Pemerintah Kota Bandar Lampung telah siap mentransfer pencairan dana untuk insentif pamong seperti Ketua RT, Kepala Lingkungan, Linmas, Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

Hal ini disampaikan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Bandar Lampung, Muhammad Nur Ramdhan ketika ditemui di kantornya, Selasa (17/1/2023).

“Rencananya insentif akan kita bayar minggu depan. Kita (Pemkot) juga sudah minta mereka (kecamatan) untuk mengajukan permohonan pencairan,” katanya.

Baca Juga: Bakal jadi Wisata Kuliner Baru, Taman UMKM Siger Sukaraja Segera Buka

1. Pencairan untuk Januari 2023 sebesar Rp11 miliar

Hore! Pemkot Bandar Lampung Transfer Insentif Pamong Minggu DepanKepala BPKAD Bandar Lampung, Muhammad Ramdhan. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Ia mengatakan, pencairan insentif untuk bulan Januari 2023 saja. Sedangkan proses pencairannya masih dilakukan oleh Bank Waway, sehingga pamong desa bisa langsung mendatangi Bank Waway.

“Total untuk insentif Januari (2023) ini 11 miliar. Kalau total aparaturnya sekitar 3000an lebih. Itu tiap aparatur kan beda-beda ya. Ketua RT itu kalau tidak salah 1,75 juta ya,” Ramdhan.

Sedangkan untuk besaran insentif Kepala Lingkungan sama dengan Ketua RT Rp 1.750.000, Linmas Rp 750 ribu dan aparatur Babinsa dan Bhabinkamtibmas sama yakni Rp 2 juta.

2. Insentif September hingga Desember 2022 masih terhitung utang

Hore! Pemkot Bandar Lampung Transfer Insentif Pamong Minggu Depan(IDN Times/Arief Rahmat)

Sedangkan terkait insentif di 2022 belum terbayarkan yakni September hingga Desember, Ramdhan menyampaikan insentif tersebut tidak akan hangus.

“Yang September sampai Desember 2022 itu semestinya terhitung utang. Jadi selama 4 bulan itu akan dibayarkan,” katanya.

Ia juga menjelaskan, pembayaran insentif minggu depan lebih mendahulukan untuk pembayaran Januari 2023 dikarenakan pembayaran di 2022 harus ada SK utangnya terlebih dahulu agar bisa cair. Sedangkan SK untuk 4 bulan tersebut belum keluar.

3. Eva Dwiana janji insentif pamong tidak akan terlambat

Hore! Pemkot Bandar Lampung Transfer Insentif Pamong Minggu DepanWali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana juga mengimbau kepada seluruh pamong mulai dari Ketua RT, Kepala Lingkungan, Linmas, Babinsa dan Bhabinkamtibmas agar bisa bekerja dengan maksimal.

“Insentif kan mau kita cairin nih, jadi kerjanya harus lebih maksimal lagi, harus lebih baik lagi melayani masyarakat," katanya.

Selain itu ia berjanji sebisa mungkin Pemkot Bandar Lampung akan melakukan pembayaran insentif secara tepat waktu kedepannya.

Baca Juga: Menilik Jembatan Baru Pulau Pasaran, Habiskan Dana Rp3,9 Miliar

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya