Hore! Bandar Lampung Bakal Punya Perpustakaan Lima Lantai Baru

Pembangunan dilakukan pemerintah pusat

Bandar Lampung, IDN Times - Belum lama ini masyarakat Lampung memiliki perpustakaan daerah baru di Jalan ZA Pagar Alam. Perpustakaan tersebut sempat mangkrak selama empat tahun hingga akhirnya pada Februari 2023 resmi dibuka untuk umum.

Namun ternyata tak hanya itu, tak lama lagi Kota Bandar Lampung pun akan memiliki perpustakaan barunya. Gedung perpustakaan ini rencananya akan dibangun sebanyak lima lantai.

“Iya, Insya Allah nanti perpustakaannya lima lantai,” kata Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana dalam acara Lomba Literasi di Gedung Semergou, Jumat (8/9/2023).

Baca Juga: 860 Kasus ISPA selama 2023 di Balam, Dinkes akan Kunjungi Panti Asuhan

1. Pembangunan perpustakaan tidak menggunakan APBD kota

Hore! Bandar Lampung Bakal Punya Perpustakaan Lima Lantai BaruPemkot Bandar Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Eva menjelaskan, pembangunan perpustakaan ini bukan berasal dari APBD Pemkot Bandar Lampung melainkan program dari pemerintah pusat untuk membangun sarana pelayanan umum literasi di Bandar Lampung

“Insya Allah segera, dalam waktu dekat ini. Dan ini dihadiahkan oleh pemerintah pusat untuk masyarakat Kota Bandar Lampung,” katanya.

Sehingga Eva mengatakan, anggaran hingga teknis pelaksanaan pembangunan nantinya akan dilaksanakan pemerintah pusat. 

2. Letak perpustakaan Bandar Lampung baru di dekat kantor dinas pertanian

Hore! Bandar Lampung Bakal Punya Perpustakaan Lima Lantai BaruWali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Terkait lokasinya, Eva menyampaikan pihaknya telah memiliki dan mempersiapkan lahan di dekat Kantor Dinas Pertanian Kota Bandar Lampung. Lahan ini pun cukup luas untuk dibangun gedung perpustakaan tersebut.

“Di (dinas) pertanian. Di Jalan Pramuka. Insya Allah nanti di sana mau dibangun. Segera dalam waktu dekat ini lah pokoknya, tunggu saja ya,” katanya.

Eva menambahkan, diharapkan gedung perpustakaan ini akan memjadi sarana literasi baru bagi masyarakat Kota Bandar Lampung.

3. Diharapkan minat baca masyarakat meningkat

Hore! Bandar Lampung Bakal Punya Perpustakaan Lima Lantai BaruPerpustakaan Daerah Provinsi Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bandar Lampung, Dayat mengatakan, dibangunnya perpustakaan di Jalan Pramuka itu juga sekaligus sebagai pusat pelayanan literasi di Bandar Lampung.

“Rencananya itu akan dibangun kantor pelayanan perpustakaan. Jadi pelayanan literasi semuanya akan dipusatkan di gedung yang nanti akan dibangun di Jalan Pramuka itu,” imbuhnya.

Selain itu ia juga mengatakan pembangunan perpustakaan ini diharapkan minat baca masyarakat akan semakin bertambah. “Mungkin kalau gedungnya baru, bagus, anak-anak senang dan mau datang ke perpustakaan,” jelas Dayat. 

Baca Juga: 50 Persen Truk Sampah Rusak, Pemkot Gelontor Rp7,5 Miliar Tambah Armada

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya