50 Persen Truk Sampah Rusak, Pemkot Gelontor Rp7,5 Miliar Tambah Armada

Pemkot saat ini memiliki 103 mobil sampah

Bandar Lampung, IDN Times - Pemerintah Kota Bandar Lampung akan kembali melakukan penambahan truk sampah untuk Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandar Lampung. 

Namun Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandar Lampung Budiman P Mega mengatakan, dibanding menambah pengadaan ini lebih cocok disebut mengganti mobil sampah sebelumnya.

“Sebenarnya lebih tepat kalau bilangnya mengganti ya bukan menambah. Soalnya banyak mobil kita yang sudah mulai rusak lagi dan memang perlu diganti,” kata Budiman, Kamis (7/9/2023).

Baca Juga: Upaya Tarik Investor, Pemkot Uji Kelayakan Sampah TPA Bakung Sendiri

1. 50 persen truk sampah DLH mengalami kerusakan

50 Persen Truk Sampah Rusak, Pemkot Gelontor Rp7,5 Miliar Tambah ArmadaTruk Sampah DLH Bandar Lampung. (IDN Times/Istimewa).

Budiman menyebutkan, saat ini DLH memiliki total 103 mobil sampah dengan jenis kendaraan dump truk, truk amrol, dan pick up. Ia menyebutkan, dari jumlah itu sekitar 50 persennya sudah mulai rusak.

“Jadi gak semuanya bagus. Mungkin hanya 50 persennya yang bagus selain itu sudah mulai rusak. Karena kita juga selama ini kalau ada mobil yang masih layak tapi baknya bisa diperbaiki ya kita perbaiki,” jelasnya.

Ia juga mengatakan, kerusakan mobil sampah DLH saat ini pun memiliki tingkat kerusakan berbeda-beda mulai dari ringan, sedang, hingga berat. Sehingga kerusakan ringan masih bisa diperbaiki.

2. Pemkot anggarkan sekitar Rp7,5 miliar untuk mobil sampah

50 Persen Truk Sampah Rusak, Pemkot Gelontor Rp7,5 Miliar Tambah ArmadaIlustrasi antrean truk sampah. (ANTARA FOTO/Risky Andrianto)

Budiman menyebutkan pengadaan ini pun telah dianggarkan pada APBD 2023 lalu sebesar Rp7,5 miliar. Nantinya anggaran tersebut rencananya akan dipakai untuk membeli 16 kendaraan.

“Ada 16 rencananya kita mau beli. Itu 1 dump truk, 8 truk amrol dan 7 pick up. Tapi untuk realisasinya kita masih nunggu dulu. Kalau tahun kemarin sih akhir tahun ya, mungkin tahun ini juga begitu,” jelasnya.

Ia menambahkan, seperti mobil sampah lainnya mobil-mobil ini akan dikerahkan untuk mengangkut sampah-sampah di tiap kecamatan khususnya di TPS-TPS kota.

3. Bandar Lampung menghasilkan 800 ton sampah tiap hari

50 Persen Truk Sampah Rusak, Pemkot Gelontor Rp7,5 Miliar Tambah ArmadaKepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandar Lampung, Budiman P Mega. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Budiman juga menyebutkan, dalam sehari Bandar Lampung menghasilkan sampah sekitar 800 ton. Sampah ini terdiri dari sampah rumah tangga dan sampah indusri (termasuk warung atau wirausaha).

“Jadi yang masuk ke Bakung tiap hari itu memang banyak. Jadi kita juga memang perlu armada yang cukup banyak untuk mengangkut itu ke Bakung,” terangnya.

Ia menjelaskan, biasanya tiap armada sampah milik DLH mampu mengangkut sampai 8 ton sampah per hari. Namun jika mobil sampah ditambah, beban angkutan tiap armada bisa lebih berkurang.

Baca Juga: Pemkot akan Buka Seleksi JPTP Setelah Tiga Pejabat Eselon II Pensiun

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya