Hore! 500 Lampu Jalan Tenaga Surya akan Dipasang di Pesisir Barat

Empat kawasan wisata Pesibar dipastikan dapat pemasangan

Pesisir Barat, IDN Times - Sebanyak 500 lampu jalan bertenaga surya akan segera dipasang di Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar), Lampung. Hal ini disampaikan Plt Sekretaris Daerah Pesibar, Jon Edwar.

Jon mengatakan, Direktorat Jenderal (Ditjen) Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) sempat berkunjung ke Pemkab Pesisir Barat beberapa waktu lalu.

Ia menyebutkan, kunjungan itu Kemendes PDTT berencana membuat sebanyak 500 lampu jalan bertenaga surya di Pesisir Barat. Meski masih belum diketahui kapan pastinya rencana itu akan mulai dilaksanakan pihaknya sangat senang atas rencana tersebut.

“Tentunya kita sangat mendukung terkait lampu jalan bertenaga surya ini. Di mana ini juga dikatakan untuk meningkatan fasilitas publik dalam program silvopasture dalam revitalisasi kawasan pesisir,” katanya, Rabu (26/7/2023).

Baca Juga: Sulap Hutan Mangrove jadi Tambak Udang, Warga Lampung Diciduk Polisi

1. Pemkab Pesibar minta masyarakat untuk ikut menjaga fasilitas lampu jalan nantinya

Hore! 500 Lampu Jalan Tenaga Surya akan Dipasang di Pesisir BaratPetugas tengah mengecat ulang lampu di Jalan Tunjungan (dok. Humas Pemkot Surabaya)

Jon menyampaikan, pembangunan ini dapat membantu masyarakat sekitar terutama pengguna jalan. Adanya lampu jalan bertenaga surya ini jalanan hutan dan teluk di Pesisir Barat bisa lebih terang saat malam hari sehingga mencegah adanya kecelakaan atau kriminalitas.

“Kita siap fasilitasi ketika nanti programnya sudah mulai berjalan, tapi saya minta nanti pekon-pekon yang nantinya menjadi titik pemasangan lampu jalan harus siap untuk menjaga dan merawat lampu jalannya. Jangan dicoret-coret apalagi dirusak,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan, pihak Kemendes PDTT juga sudah menyampaikan akan melakukan perawatan rutin terhadap lampu jalan ini selama tiga tahun usai dilakukan pemasangan.

2. Empat daerah witasa Pesibar sudah dipastikan mendapat pemasangan lampu jalan

Hore! 500 Lampu Jalan Tenaga Surya akan Dipasang di Pesisir BaratPantai Tanjung Setia. (Infolpg.com)

Sedangkan titik pemasangan lampu, Jon menyampaikan rencananya Kemendes PDTT akan memasang di lokasi-lokasi destinasi wisata Pesisir Barat di antaranya adalah kawasan Pantai Tanjung Setia, Pantai Mandiri, Way Saral, dan Walur. 

Untuk mendukung program dari kementerian, Pemkab Pesisir Barat sendiri akan melakukan penguatan sinyal internet di seluruh wilayah Pesisir Barat khususnya di daerah dengan sinyak internet rendah.

“Sesegera mungkin akan kita lalukan (penguatan sinyal internet). Apalagi kita memang akan segera menerapkan program Smart City juga jadi memang sudah menjadi kebutuhan kami untuk menyediakan kualitas sinyal internet yang maksimal,” imbuhnya.

3. Pemkab Pesibar juga akan segera mengenalkan aplikasi Desa Digital

Hore! 500 Lampu Jalan Tenaga Surya akan Dipasang di Pesisir BaratIlustrasi transaksi digital (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Selain itu, ia mengatakan pada pertemuan itu juga mereka sempat membicarakan tentang aplikasi Desa Digital kepada pamong-pamong tingkat pekon. Aplikasi ini berguna untuk memudahkan pekerjaan tiap pekon untuk membuat perencanaan dengan sistem digital.

“Banyak, misalnya untuk pengelolaan anggaran, percepatan layanan, seperti membuat surat-surat, apapun yang berbentuk administrasi nantinya bisa lebih mudah dengan sistem digital,” timpalnya.

Ia berharap, Kabupaten Pesibar bisa memberi pelayanan lebih baik ke depannya dan menjangkau masyarakat di pelosok-pelosok pekon dan menjadi smart city percontohan daerah lainnya.

4. Rencana pembangunan lainnya

Hore! 500 Lampu Jalan Tenaga Surya akan Dipasang di Pesisir BaratIlustrasi air bersih (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Selain lampu jalan dan sinyal, Jon melanjutkan ada pula rencana bantuan untuk pembangunan sarana air bersih di tingkat pekon. Nantinya sarana air bersi ini akan dikelola Badan Usaha Milik Pekon.

“Kami berharapnya ini satu persatu bisa terlaksana dengan maksimal. Kami juga siap mendukung dan memfasilitasi kegiatan pembangunan itu nantinya apalagi air bersih ini kan sangat riskan ya, wajib ada dan sangat dibutuhkan untuk masyarakat,” katanya.

Baca Juga: Mahasiswa ITERA Raih Medali, Gagas Mobil Pintar Ramah Lingkungan

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya