1.303 Jemaah Haji Bandar Lampung ke Tanah Suci, Tertua Usia 97 Tahun

Angka peserta haji masih bisa bertambah

Bandar Lampung, IDN Times - Sebanyak 1.303 jemaah haji asal Bandar Lampung akan berangkat tahun ini. Meski begitu, angka ini bisa terus bertambah sampai tenggat pelunasan haji yakni 19 Mei 2023 nanti berakhir.

Hal ini disampaikan Kepala Kanwil Kemenag Bandar Lampung, Makmur ketika menghadiri manasik haji Bandar Lampung di Masjid Agung Al Furqon, Selasa (16/5/2023).

“Sampai hari ini (16/5/2023) yang sudah melakukan pelunasan dari jemaah haji Bandar Lampung ada 1.303. Ini masih bisa bertambah karena pemerintah pusat membuka kembali pelunasan itu sampai dengan tanggal 19 Mei 2023. Artinya masih ada empat hari lagi untuk melunasi,” katanya.

1. Peserta tertua haji asal Bandar Lampung adalah peserta tertua haji se-Provinsi Lampung

1.303 Jemaah Haji Bandar Lampung ke Tanah Suci, Tertua Usia 97 TahunPeserta Haji Bandar Lampung tertua. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Makmur menyebutkan, saat pembukaan pelunasan pertama, kuota haji Bandar Lampung disediakan sebanyak 1.400an. Namun hanya 1.303 orang saja dapat melunasinya.

“Yang tidak melunasi ini ada banyak faktor, di antaranya sudah meninggal. ada yang sakit, ada yang memang belum siap dananya dan berbagai alasan lainnya. Jadi yang di daftar haji bawahnya bisa naik,” ujarnya.

Dari total 1.303 orang jamaah haji, Makmur merincikan peserta laki-laki ada 592 orang, perempuan 703 orang, dan 8 orang petugas pendamping haji.

Sedangkan untuk peserta tertua adalah Sunjani lahir 10 Maret 1926 atau berusia 97 tahun dan termuda adalah Muhammad Fakhri lahir 23 November 2003 atau 19 tahun. “Tertua dari Tanjungkarang Barat dan ini tertua se-Provinsi Lampung dan yang termuda dari Telukbetung barat,” imbuhnya.

Baca Juga: 2 Putra Daerah Raih Medali SEA Games, Pemprov Lampung Usul Tali Asih

2. Peserta haji berangkat 27 Mei 2023

1.303 Jemaah Haji Bandar Lampung ke Tanah Suci, Tertua Usia 97 TahunKepala Kanwil Kemenag Balam, Makmur. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Untuk waktu keberangkatan haji, Makmur menyampaikan kloter pertama haji asal Bandar Lampung rencananya akan berangkat 27 Mei 2023 sebanyak 385 orang.

“Kloter pertama 385 orang. Nanti kloter berikutnya akan menyusul dan disusun oleh provinsi. Untuk total kloter itu ada 5 kloter biasanya kalau 1.300 orang karena Bandar Lampung ini kan nanti akan menutupi kloter lain,” imbuhnya.

Kemudian untuk ongkos transit daerah, Pemerintah telah menetapkan ongkos haji Bandar Lampung sebesar Rp5.104.000. Namun karena ada subsidi dari pemerintah maka jemaah haji tak dibebankan biaya ongkos transit.

3. Ongkos transit daerah disubsidi pemerintah daerah dan kota

1.303 Jemaah Haji Bandar Lampung ke Tanah Suci, Tertua Usia 97 TahunHaji Bandar Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

“Jadi alhamdulillah untuk ongkos transit ini kita ada subsidi baik dari pemerintah provinsi dan pemkot. Sehingga ongkos dari Lampung ke Jakarta mereka gak usah bayar lagi yang 5 juta itu,” kata Makmur

Makmur menyebutkan, bantuan subsidi dari Pemerintah Provinsi Lampung untuk ongkos transit adalah sebesar Rp1.200.000 sedangkan subsidi dari Pemerintah Kota Bandar Lampung adalah Rp3.822.000.

“Jadi total pemkot mengeluarkan sekitar 4.9 miliar. Alhamdulillah jemaah haji tidak perlu membayar ongkos transitnya lagi karena semua sudah dibayarkan,” timpalnya.

Bimbingan massal manasik haji ini akan dilaksanakan pada 16-17 Mei 2023 di Aula Masjid Al Furqon dan bimbingan akan dilanjutkan secara kelompok di kecamatan masing-masing sesuai domisili 18-20 Mei 2023. 

4. Wali Kota Eva minta peserta haji muda untuk membantu peserta haji lansia

1.303 Jemaah Haji Bandar Lampung ke Tanah Suci, Tertua Usia 97 TahunWali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Dalam hal ini Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana menyampaikan harapannya agar para jamaah haji bisa berangkat dan pulang kembali ke Lampung dalam keadaan sehat.

“Apalagi cuacanya sekarang panas ya. Bunda minta tolong kepada yang muda tolong dibantu yang tua, karena semua ini adalah orang tua kita. Semoga semuanya menjadi haji mabrur,” katanya.

Ia juga mengingatkan kepada semua jamaah haji agar menaati semua peraturan dari pemerintah Indonesia dan Pemerintah Arab Saudi mengenai haji agar proses haji diberikan kemudahan.

Baca Juga: Berangkat Haji Usia 97 Tahun, Ini Rahasia Sehat Kakek Sunjani

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya