BPBD Balam Sediakan Air Bersih Gratis, Imbas Cuaca Panas Ekstrem

Ketua RT, lurah dan camat diminta koordinasikan penyaluran

Bandar Lampung, IDN Times - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Bandar Lampung telah menyiapkan pasokan air bersih gratis untuk masyarakat Kota Bandar Lampung menghadapi cuaca panas ekstrem El Nino.

Hal ini sampaikan Kepala BPBD kota Bandar Lampung, Ahmad Husna, Rabu (9/8/2023). Ia mengatakan, selama beberapa hari ini Lampung memang dilanda cuaca panas ekstrem. Sehingga dampak kekeringan mulai terasa di Bandar Lampung.

“Kita sudah berkoordinasi dengan camat di seluruh Bandar Lampung. Kita minta kalau ada warga yang memerlukan air bersih karena sumurnya kering, langsung segera sampaikan ke BPBD kota,” katanya.

Baca Juga: Menuju Pasar SNI Pertama di Lampung, Pasar Way Halim Dibenahi

1. Pengajuan air bersih dilakukan berkelompok

BPBD Balam Sediakan Air Bersih Gratis, Imbas Cuaca Panas EkstremPenyaluran air bersih di Kasihan, Bantul, Yogyakarta. (IDN Times/Herka Yanis)

Husna menyebutkan, untuk mengajukan permohonan air bersih ini harus dilakukan secara berkelompok dan dikoordinasikan oleh Ketua RT atau lurah setempat.

Ia juga mengatakan, suplai air bersih ini hanya diperuntukan bagi masyarakat dengan keluhan sumur miliknya mengalami kekeringan, bukan warga tak punya sumur.

“Jadi untuk warga yang sumurnya kering saja, bukan yang gak punya sumur. Nanti orang-orang yang sumurnya kering ini bisa melapor ke lurah atau RT atau camatnya. Soalnya pembagian airnya wajib didampingi mereka,” jelasnya.

2. Harus memiliki surat resmi dari lurah atau RT untuk mendapatkan air bersih

BPBD Balam Sediakan Air Bersih Gratis, Imbas Cuaca Panas EkstremPenyaluran air bersih di Kasihan, Bantul, Yogyakarta. (IDN Times/Herka Yanis)

Setelah melapor secara berkelompok, Husna menyampaikan warga bisa meminta ketua RT, lurah atau camat setempat untuk membuatkan surat resmi permohonan suplai air bersih dengan tanda tangan dan cap basah.

“Kita kan sudah sampaikan pada camat setempat jadi kalau ada warga minta surat tolong langsung diurus saja. Jangan ditunda. Setelah itu boleh langsung telepon kami,” imbuhnya.

Untuk menghubungi BPBD Kota Bandar Lampung, masyarakat bisa menghubungi nomor telfon 0721-6016-451 atau WA di nomor 0821-8099-2105.

3. BPBD sudah berkoordinasi dengan Dinas Pemadam Kebakaran dan PDAM penyediaan air bersih

BPBD Balam Sediakan Air Bersih Gratis, Imbas Cuaca Panas EkstremIlustrasi droping air bersih. (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Selain BPBD, Husna juga menyebutkan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bandar Lampung dan PDAM Way Rilau akan turut membantu menyuplai air bersih jika pihaknya terkendala.

"Kalau kita ada kendala kita akan koordinasi dengan dinas pemadam kebakaran dan PDAM Way Rilau. Insya Allah tak akan ada kendala,”ujarnya.

Husna juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak sembarangan membuang puntung rokok atau membakar sampah di lahan kering karena cuaca kering dapat menimbulkan kebakaran.

Baca Juga: Pemkot Sosialisasi Kanker Serviks Sebelum Vaksinasi HPV Siswa SD

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya