Polisi Buru Pembuang Bayi di Tuba, Seragam Sekolah Ada Bercak Darah

Bayi diletakkan di kardus ditemukan ibu rumah tangga

Tulang Bawang, IDN Times – Suara tangisan bayi kala subuh mengagetkan Siti Mariam (46), ibu rumah tangga (IRT) asal Kampung Bumi Dipasena Agung, Kecamatan Rawa Jitu Timur, Kabupaten Tulang Bawang. Siti saat itu akan salat subuh berinisiatif mencari asal suara.

Ia kaget kala melihat bayi berjenis kelamin laki-laki berada di dalam sebuah kardus. Bayi itu diletakkan di Pos Jaga, Jalur 36, di depan rumah Siti.

Baca Juga: Tolak Pendalaman Alur, 4 Nelayan Kuala Teladas Tuba Dikriminalisasi

1. Saat ditemukan, sang bayi masih ada tali pusar

Polisi Buru Pembuang Bayi di Tuba, Seragam Sekolah Ada Bercak Darahmotherandbaby.co.id

Kapolsek Rawa Jitu Selatan, Iptu Wagimin, mengatakan, Saat ditemukan oleh saksi kondisi bayi masih dalam keadaan hidup dan masih ada tali pusarnya. Siti berinisiatif membawa bayi tersebut ke rumahnya.

“Saksi lalu membawa bayi ke rumahnya, dan membangunkan suaminya yakni Abdul Wafi (53), berprofesi petambak. Mereka kemudian membawa bayi ke rumah bidan desa,” jelas Iptu Wagimin, Kamis (28/10/2021).

Kapolsek menambahkan, bayi tersebut dibawa saksi ke rumah bidan desa untuk dilakukan tindakan awal berupa pemotongan tali pusar bayi.

2. Polisi sudah data keterangan saksi

Polisi Buru Pembuang Bayi di Tuba, Seragam Sekolah Ada Bercak DarahIlustrasi DPO. DN Times/M Shakti

Iptu Wagimin menjelaskan, pasca ke rumah bidan Siti dan suaminya berinisiatif melaporkan kejadian penemuan bayi tersebut ke petugas Polsek Rawa Jitu Selatan. Bayi tersebut ditemukan 26 Oktober lalu pukul 05.00 WIB, di Pos Jaga, Blok 40, Jalur 36, Nomor 10.

Ia menambahkan, petugas yang mendapatkan laporan langsung melakukan identifikasi dan olah tempat kejadian perkara (TKP) penemuan bayi berjenis kelamin laki-laki yang terjadi di wilayah hukum polsek setempat. Petugas juga meminta keterangan para saksi.

“Kronologi penemuan bayi berjenis kelamin laki-laki ini bermula saat saksi yang bangun bagi untuk melaksanakan salat subuh mendengar suara tangisan bayi. Saksi lalu mencari asal suara dan berhasil menemukan bayi tersebut,” ujar Wagimin.

3. Barang bukti seragam sekolah ada bercak darah

Polisi Buru Pembuang Bayi di Tuba, Seragam Sekolah Ada Bercak DarahIlustrasi (IDN Times/Mardya Shakti)

Personel Polsek Rawa Jitu Selatan di TKP mengamankan sejumlah barang bukti (BB). Rinciannya, tiga helai baju seragam sekolah, mukenah, celana jins, dan kardus tempat bayi diletakkan.

“Barang bukti seragam sekolah, mukenah, dan jins ini terdapat bercak darah. Petugas kami masih melakukan penyelidikan untuk mencari tahu siapa pelaku pembuang bayi tersebut,” ungkap Iptu Wagimin.

Ia menambahkan, saat ini kondisi bayi laki-laki tersebut dalam keadaan sehat dan dirawat saksi Siti Mariam di rumahnya.

Baca Juga: Toyota Innova Masuk ke Sungai di Tuba, 2 Meninggal dan 1 Luka Berat

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya