Otak Pelaku Perampokan Berangkas Kantor Kelapa Sawit Mesuji Ditangkap

Korban disekap di rumah pelaku

Mesuji, IDN Times - Anggota Polsek Tanjung Raya bersama Team Tekab 308 Polres Mesuji menangkap S (54), Sabtu (12/3/2022) sekitar pukul 13.30 WIB. Pelaku adalah salah satu otak perampokan Kantor Lapak Sawit di Desa Harapan Mukti, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Mesuji. 

Kapolsek Tanjung Raya Iptu Suldi menjelaskan, penangkapan tersangka S Alias KS (54) adalah hasil dari pengembangan tersangka TF (40) yang sebelumnya telah ditangkap 5 Maret lalu.

Dua pelaku lain DPO

Otak Pelaku Perampokan Berangkas Kantor Kelapa Sawit Mesuji DitangkapIlutrasi DPO. IDN TImes/M Shakti

Tersangka S alias KS yang baru ditangkap merupakan salah satu otak merencanakan perampokan dan mencuri berangkas berisi uang. Selain itu, tersangka S adalah pemilik rumah yang pada saat itu dijadikan lokasi sandera korban untuk membuka kantor lapak sawit.

"Akibat kejadian ini, korban A mengalami luka tembak di lengan sebelah kanannya. Kami juga masih kejar pelaku lainnya berinisial D dan M masih dan telah di tetapkan sebagai DPO," jelas Suldi, Senin (14/3/2022).

Baca Juga: Peristiwa Register 45 Mesuji, Kisah Kelam Konflik Agraria di Lampung 

Petugas beri 'hadiah' timah panas

Otak Pelaku Perampokan Berangkas Kantor Kelapa Sawit Mesuji DitangkapIlustrasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Kapolres Mesuji, AKBP Yuli Haryudo pekan lalu mengatakan, penangkapan tersangka TF berawal anggota kepolisian mendapat laporan telah terjadi perampokan di kantor lapak sawit milik S di Desa Harapan Mukti. Kemudian anggota melakukan pengejaran dan saat di perjalanan dari arah Desa Tri Karya Mulya, anggota berpapasan dengan tersangka TF mengendarai sepeda motor Honda Revo Absolute warna Hitam.

Tersangka dihentikan dan digeledah dan didapati ada bercak darah di celananya. Saat akan ditangkap, tersangka berusaha melarikan diri dan melakukan perlawanan kepada petugas.

"Sehingga anggota mengambil tindakan tegas dan terukur menghadiahi timah panas di kedua kaki tersangka," jelasnya.

Kronologi perampokan

Otak Pelaku Perampokan Berangkas Kantor Kelapa Sawit Mesuji DitangkapIlustrasi Perampokan (IDN Times/Mardya Shakti)

Terkait kronologi kejadian perampokan, Yuli menjelaskan, 5 Maret 2022 sekira pukul 02.00 WIB, ada dua tersangka datang ke lapak sawit di Desa Harapan Mukti, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Mesuji. Dua pelaku ini mengendarai sepeda motor.

Mereka lalu mematikan kWh listrik rumah pemilik lapak inisial S. Saat S keluar rumah memeriksa jaringan listrik, kedua tersangka memegang dan menodongkan senjata api ke kepala korban.

""Korban lalu digiring menuju kantor lapak sawit miliknya yang berjarak 10 meter dari rumahnya. Selanjutnya tersangka meminta S untuk memanggil korban dengan Inisial A yang sedang tidur di dalam kantor lapak tersebut," ungkap Yuli.

Bawa berangkas berisi Rp52 juta

Otak Pelaku Perampokan Berangkas Kantor Kelapa Sawit Mesuji DitangkapIlustrasi uang (ANTARA FOTO/Anis Efizudin)

Kapolres mengungkapkan, saat korban A membukakan pintu, kedua tersangka langsung mendorong pintu dan menodongkan senjata api kepada korban A. Kemudian, kedua korban S dan A diikat oleh tersangka.

Setelah kantor lapak dibuka, tersangka kemudian menanyakan tempat penyimpanan uang kepada korban A. Korban memberitahu bahwa uang ada di berangkas berada di bawah meja kasir.

Selanjutnya tersangka mengambil berangkas tersebut dan menanyakan kuncinya. Setelah diberitahu, lalu kedua tersangka berusaha membukanya, akan tetapi tidak dapat dibuka.

"Lantas tersangka menembak korban A dan mengenai lengan tangan kanan korban. Kemudian kedua tersangka melarikan diri menggunakan motor dengan membawa berangkas yang berisi uang sebanyak 52 juta," papar Yudi.

Baca Juga: Perampok Bos Sawit di Mesuji Ditembak, Ambil Berangkas Uang Rp52 Juta

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya