Mobil Hilang di Mall Ditemukan, Pemilik Apresiasi Kapolda dan Polresta

Kapolda bakal pecat dua polisi pelaku pencurian

Bandar Lampung, IDN Times - M Rizal Tengku Triawan (25) diselimuti rasa haru dan bahagia. Pasalnya, mobil Honda Brio nopol BE 1682 GG miliknya hilang di Mall Boemi Kedaton Bandar Lampung 20 Agustus 2023 lalu akhirnya ditemukan dan pelaku ditangkap.

Mobil Rizal ditemukan di rumah kontrakan di Sukarame Bandar Lampung Kamis dini hari (12/10/2023). Bahkan, dua pelaku yakni Bripda CD dan Bripda FW bertugas di Mapolda Lampung juga ditangkap Tim Tekab 308 dan Unit Ranmor Polresta Bandar Lampung.

1. Bersyukur mobil ditemukan

Mobil Hilang di Mall Ditemukan, Pemilik Apresiasi Kapolda dan PolrestaPelaku pencurian mobil ditangkap. Mereka merupakan dua bintara kepolisian yang bertugas di Mapolda Lampung. (Dok. Polda Lampung).

Rizal mengatakan, bersyukur mobilnya telah ditemukan. Warga Kota Metro ini berterima kasih kepada anggota kepolisian yang telah berhasil mengungkap pencurian yang dialaminya.

Dia juga mengapresiasi tindakan tanpa pilih kasih atas penangkapan kedua pelaku meski keduanya anggota kepolisian. "Alhamdulillah sudah terungkap. Terima kasih kepada Tekab 308 Polresta Bandar Lampung yang sudah mengungkap," jelasnya, Jumat (13/10/2023).

Baca Juga: Pencurian Mobil di Mall Lampung Terkuak, Ternyata Pelakunya 2 Polisi

2. Kapolda bakal pecat dua polisi

Mobil Hilang di Mall Ditemukan, Pemilik Apresiasi Kapolda dan PolrestaKapolda Lampung, Irjen Pol Helmy Santika saat dimintai keterangan soal penangkapan selebgram APS. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Kapolda Lampung Irjen Helmy Santika mengatakan, pihaknya tidak akan segan-segan menindak kedua pelaku meski anggota kepolisian. "Siapapun yang bersalah melakukan tindak pidana serta merugikan masyarakat akan ditindak tegas," katanya.

Ia menambahkan, dua bintara selaku pelaku pencurian  berdinas di Polda Lampung tidak akan ia tegur.  Helmy menegaskan, pemecatan adalah sanksi yang patut bagi kedua pelaku.

"Gak perlu ada teguran. Kapolri tidak mau lagi menegur anggotanya yang melanggar aturan. Dia lebih memilih untuk langsung mencopotnya jika sudah ada laporan yang masuk," kata jenderal bintang dua ini.

Menurut Helmy, ia tidak akan sungkan menindak tegas anggota kepolisian yang melanggar aturan. "Tujuannya demi menjaga marwah dan kepercayaan masyarakat terhadap institusi Polri," kata Helmy.

3. Kronologi pelaku ditangkap

Mobil Hilang di Mall Ditemukan, Pemilik Apresiasi Kapolda dan PolrestaPenampakan mobil korban Rizal saat dibawa pelaku keluar Mall Boemi Kedaton. (IDN Times/Istimewa).

Kasatreskrim Polresta Bandar Lampung, Kompol Dennis Arya Putra menyampaikan, awalnya Tim Tekab 308 dan Unit Ranmor Polresta melakukan penyelidikan pasca viralnya kasus pencurian mobil Honda Brio di parkiran MBK tersebut.

“Jadi ada polisi dari Satreskrim Polresta Bandar Lampung menanyakan mobil Brio warna merah milik Bripda CD. Awalnya Bripda CD mengaku itu mobil miliknya tapi saat ditanya surat kendaraannya, Bripda CD tidak dapat menunjukkan," terangnya.

Dennis melanjutkan, setelah tim melakukan pemeriksaan terhadap Bripda CD, akhirnya Bripda CD mengaku telah mencuri Mobil Brio merah bersama rekannya Bripda FW di parkiran MBK 20 Agustus 2023.

4. Peran kedua pelaku

Mobil Hilang di Mall Ditemukan, Pemilik Apresiasi Kapolda dan PolrestaPelaku pencurian mobil ditangkap. Mereka merupakan dua bintara kepolisian yang bertugas di Mapolda Lampung. (Dok. Polda Lampung).

Dennis menjelaskan, enurut hasil pemeriksaan, Bripda FW berperan sebagai eksekutor pencurian mobil dan Bripda CD bertugas mengawasi sekitarnya. Sedangkan untuk motifnya, Dennis menyebutkan tim penyidik masih melakukan pemeriksaan.

"Kalau alasan mereka mencuri, saat ini masih dalam pemeriksaan lebih lanjut di Mapolresta Bandar Lampung tepatnya Unit Jatanras Satreskrim Polresta Bandar Lampung," katanya.

Dennis menambahkan, diketahui keterlibatan dua orang polisi atas kasus pencurian mobil ini telah diketahui Polda Lampung dan atas perintah Kapolda Lampung Irjen Helmy Santika, tim langsung mengamankan keduanya.

Baca Juga: Kronologi Penangkapan Dua Polisi Pelaku Pencurian Honda Brio di Mall

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya