Pencurian Mobil di Mall Lampung Terkuak, Ternyata Pelakunya 2 Polisi

Kapolda Lampung perintahkan tangkap langsung pelaku

Bandar Lampung, IDN Times - Kasus pencurian satu unit mobil Honda Brio di Mall Boemi Kedaton (MBK) Bandar Lampung Agustus 2023 lalu akhirnya terkuak. Tekab 308 Jatanras Satreskrim Polresta Bandar Lampung menangkap pelakunya, Kamis (12/10/2023) dini hari.

Pelaku yang ditangkap dua orang. Ternyata, pelakunya merupakan dua bintara kepolisian yang bertugas di Mapolda Lampung.

Berikut IDN Times ulas fakta penangkapan dua polisi mencuri mobil tersebut.

Baca Juga: 7 Potret Kocak Serba-serbi Catatan dan Tiket di Parkiran Mobil

1. Ditangkap atas perintah langsung kapolda Lampung

Pencurian Mobil di Mall Lampung Terkuak, Ternyata Pelakunya 2 PolisiKapolda Lampung yang baru Irjen. Pol. Helmy Santika

Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Umi Fadillah Astutik saat dikonfirmasi membenarkan terkait penangkapan dua polisi gterlibat kasus pencurian kendaraan bermotor. Kedua pelaku itu Bripda CD dan Bripda FW.

Ia menambahkan, penangkapan dua polisi ini perintah langsung dari Kapolda Lampung Irjen Helmy Santika. Kapolda yang mendapatkan laporan mengenai penyelidikan kasus pencurian melibatkan personel kepolisian langsung memerintahkan pengusutan dan pengejaran pelaku.

"Benar, (penangkapan dan penyelidikan) atas perintah langsung kapolda terkait informasi ada personel Polda Lampung diduga terlibat dalam pencurian kendaraan bermotor yang modusnya sama dengan yang terjadi di Poltabes Bandung," kata Umi.

2. Peran kedua polisi saat beraksi

Pencurian Mobil di Mall Lampung Terkuak, Ternyata Pelakunya 2 PolisiPelaku pencurian mobil ditangkap. Mereka merupakan dua bintara kepolisian yang bertugas di Mapolda Lampung. (Dok. Polda Lampung).

Dari hasil penyelidikan diketahui keduanya terlibat pencurian Honda Brio BE 1682 GG di area parkir MBK Agustus 2023 lalu. Bripda FW berperan menjadi eksekutor. Sedangkan Bripda CD bertugas mengawasi kondisi sekitar.

Umi mengatakan, kasus ini masih pendalaman penyelidikan oleh Satreskrim Polresta Bandar Lampung. "Masih pendalaman, informasi lanjutan nanti akan disampaikan," kata Umi.

3. Mobil sedang parkir di MBK

Pencurian Mobil di Mall Lampung Terkuak, Ternyata Pelakunya 2 PolisiPelaku pencurian mobil ditangkap. Mereka merupakan dua bintara kepolisian yang bertugas di Mapolda Lampung. (Dok. Polda Lampung).

Diketahui pemilik mobil  dicuri itu bernama M Rizal Tengku Triawan (24) asal Kabupaten Lampung Timur. Ia ke MBK, Minggu (20/8/2023) sekitar pukul 12.30 WIB.

"Iya, saya sama keluarga lagi main keliling-keliling aja beli makanan. Setelah satu jam, saya mau pulang ambil mobil di parkiran sudah gak ada," ujarnya saat dimintai keterangan merujuk pemberitaan 21 Agustus 2023. 

Mendapat mobilnya telah raib di lokasi parkir mall setempat, Rizal langsung mengecek seluruh suduh lantai parkiran dan langsung melapor ke petugas sekuriti mall, guna meminta cek CCTV. "Dari kamera CCTV ini, tahunya mobil saya udah keluar dari mall dibawa orang lain (pelaku)," imbuhnya.

Kendati demikian, rekaman CCTV tidak memperlihatkan persis aksi pelaku saat menggasak mobil pribadinya tersebut. "Iya, kamera gak ngarah ke mobil saya, blind spot. Jadi tidak kelihatan pelaku berapa orang, gak ketahuan juga mobil dicongkel apa bagaimana," lanjut korban.

Baca Juga: Viral! Puluhan Pelajar Bawa Gear dan Petasan Serbu Sekolah Taman Siswa

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya