Comscore Tracker

Groundbreaking Bakauheni Harbour City 27 Oktober, Dihadiri Wamen BUMN

Bakal jadi tumpuan pariwisata lokal Lampung

Bandar Lampung, IDN Times - Wakil Menteri BUMN II, Kartika Wirjoatmodjo dan jajaran direksi BUMN dijadwalkan menghadiri groundbreaking (peletakan baru pertama) pembangunan Kawasan Terintegrasi Bakauheni Harbour City (BHC). Kegiatan itu akan dilaksanakan, Rabu (27/10/2021).

Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto, mengatakan, peletakan batu pertama kawasan BHC berupa pembangunan masjid. Tahapan pembangunan selanjutnya pusat UMKM dan revitalisasi Menara Siger.

"Pembangunan tentunya bertahap dan anggaran dari Himbara dari kegiatan CSR. Khusus revitalisasi Menara Siger kan bangunannya sudah ada dikelola Pemprov Lampung tetapi tanahnya punya ASDP," paparnya, Senin (25/10/2021).

Baca Juga: Megaproyek Bakauheni Harbour City Dibidik Destinasi Wisata Kelas Wahid

1. Peresmian agar patuh prokes

Groundbreaking Bakauheni Harbour City 27 Oktober, Dihadiri Wamen BUMNIlustrasi suasana pandemik COVID-19 di Paris. ANTARA FOTO/REUTERS/Stephane Mahe

Fahrizal menyatakan, persiapan groundbreaking pihaknya berkoordinasi lintas sektor melalui rapat hari ini. Rapat membahas terkait teknis pelaksanaan acara groundbreaking tersebut, mulai dari penjemputan Wakil Menteri BUMN II sampai dengan acara selesai.

"Pesan Gubernur Lampung agar dalam pelaksanaan acara tersebut benar-benar memperhatikan terkait protokol kesehatannya. Dikarenakan saat ini kasus COVID-19 di Lampung dalam situasi yang melandai," papar pria berkacamata ini. 

Fahrizal menambahkan, persiapan yang dilakukan benar-benar matang dan seluruh pihak yang terkait saling berkoordinasi, agar pelaksanaan acara dapat berjalan lancar.

Direktur Perencanaan dan Pengembangan PT ASDP, Harry MAC, yang turut hadir dalam rapat persiapan tersebut secara daring mengatakan, guna menggaungkan dan menyampaikan kegiatan ini secara luas kepada masyarakat, pihaknya telah bekerjasama dengan media nasional

2. Tumpuan pariwisata lokal Lampung

Groundbreaking Bakauheni Harbour City 27 Oktober, Dihadiri Wamen BUMNIDN Times/Istimewa

Menteri BUMN Erick Thohir saat kunjungan kerja ke Lampung Selatan pekan lalu memastikan keberlanjutan pelaksanaan pembangunan proyek BHC di Kabupaten Lampung Selatan. Itu akan menjadi tumpuan pariwisata lokal di Provinsi Lampung. 

Erick mengatakan, proyek BHC memiliki potensi sangat besar untuk dikembangkan dan dapat menjadi pariwisata lokal andalan di Lampung. Menurutnya, pemerintah telah berkomitmen untuk menggelontorkan dana lebih dari Rp500 miliar untuk pembangunan pariwisata Lampung. Termasuk pembangunan infrastruktur dasar jalan dan air bersih.

Pada tahap awal pembangunan, ASDP bersama dengan Bank Syariah Indonesia, Bank Mandiri, BRI, BNI dan BTN akan mendukung proyek BHC melalui pembangunan Masjid Raya, Creative Hub dan UMKM Center, serta revitalisasi Taman Budaya Siger. Nilai investasi awal sebesar Rp45 miliar.

Tahap pertama pengembangan kawasan yang berada di lahan ASDP telah direncanakan pembangunan Masjid Bakauheni dapat menampung lebih dari 2.000 jamaah, pembangunan Creative Hub dan UMKM Center, dan Revitalisasi Taman Budaya Menara Siger. Ground breaking tahap pertama ditargetkan pada minggu ketiga Oktober 2021.

3. Proyek strategis nasional

Groundbreaking Bakauheni Harbour City 27 Oktober, Dihadiri Wamen BUMNBakauheni Harbour City (IDN Times/Istimewa)

Proyek Game Changer ASDP seluas 214 hektare melibatkan kolaborasi bersama Pemprov Lampung dan PT Hutama Karya ini tengah menyelesaikan beberapa milestone. Rinciannya, Penetapan Status Kawasan sebagai Proyek Strategis Nasional, pembentukan perusahaan pengelola kawasan, finalisasi detail masterplan, serta perencanaan pengembangan infrastruktur kawasan.

Sedangkan proyek theme park Krakatau Park ditargetkan dapat dibangun pertengahan tahun depan dan rampung akhir 2022.

Baca Juga: Ground Breaking Bakauheni Harbour City Minggu Ketiga Oktober 2021

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya