Erick Thohir dan Zulkifli Hasan Soroti Potensi Pembangunan Lampung

Lampung sudah miliki modal awal pariwisata dan pembangunan

Menteri BUMN Erick Thohir menghadiri Nemui Nyimah Silaturahmi Pimpinan Daerah, Tokoh Nasional asal Lampung dan masyarakat Lampung perantauan di Gedung Nusantara IV, Komplek Gedung MPR/DPR/DPD RI, Minggu (21/11/2021). Ia menyampaikan, Lampung mempunyai potensi luar biasa, yaitu menjadi alternatif pembangunan infrastruktur pariwisata untuk turis lokal, apalagi letaknya di antara pulau jawa dan ujung Sumatera.

Erick mengatakan, Lampung sudah memiliki modal awal sebagai pusat pariwisata nasional, khususnya untuk turis lokal. Itu berupa jalan tol yang terhubung sampai ke ujung Sumatera, bandara udara yang memadai, dan juga memiliki transportasi berupa kapal feri dari Jawa ke Lampung untuk menuju Sumatera. Tercatat, perputaran penumpang di Bakauheni sebanyak 20 juta.

"Kita harus memberanikan diri, Bakauheni ini harus menjadi kolaborasi pusat dengan daerah, BUMN dengan swasta, dan UMKM dengan para kreatif lokal," ujar Menteri Erick.

Baca Juga: Mega Proyek BHC Dimulai, Akademisi hingga Pegiat Wisata Beri Komentar

1. Fokus pembangunan Bakauheni Harbour City dan rumah sakit otak dan jantung

Erick Thohir dan Zulkifli Hasan Soroti Potensi Pembangunan LampungMasterplan Bakauheni Harbour City (IDN Times/Istimewa)

Erick menyampaikan, merujuk potensi di wilayah Pelabuhan Bakauheni, sudah meminta wakil menteri BUMN untuk segera memastikan pembangunan yang bisa diselesaikan Juni-Juli tahun depan di Bakaueni Harbour City. Itu mencakup pembangunan masjid yang bisa dipakai untuk turisme dan fasilitas kegiatan agama, UMKM Center dan Creative Hub. Juga memperbaiki menara siger yang membutuhkan renovasi yang cukup maksimal," tambahnya lagi.

Selain itu, menteri BUMN juga menyampaikan potensi Lampung tidak hanya sebagai pusat pariwisata nasional, namun juga dapat menjadi pusat kesehatan nasional. Ia menyampaikan, sebanyak 600 ribu masyarakat Indonesia tiap tahunnya berobat keluar negeri. Dengan jumlah sebanyak itu, Lampung memiliki devisa penerbangan yang cukup besar.

"Namun, izinkan saya untuk membuat langkah awal dengan membangun Rumah Sakit Otak dan Jantung di Bandar Lampung, karena angka serangan jantung dan otak di Sumatera termasuk yang tinggi. Kita juga sedang membangun rumah sakit serupa di wilayah lain yaitu Sulawesi Selatan, Jawa Tengah dan Kalimantan," kata Erick.

2. Erick Thohir cetus ide Lampung tuan rumah PON

Erick Thohir dan Zulkifli Hasan Soroti Potensi Pembangunan LampungRaihan medali atlet PON Lampung. (instagram.com/pemprovlampung_)

Di hadapan Wakil Ketua MPR RI, Gubernur Arinal dan para bupati/wali kota se-Provinsi Lampung, Menteri Erick juga mencetuskan ide untuk menjadikan Lampung sebagai tuan rumah pelaksanaan PON di masa mendatang. Itu merujuk, segala fasilitas yang pembangunannya telah dimiliki atau dimulai saat ini, seharusnya Lampung mempunyai potensi untuk pembangunan infrastruktur lebih lanjut, dimana salah satunya untuk olahraga.

"Eranya sekarang menjadi tuan rumah bersama. Kalau Pak Zul (Zulkifli Hasan) berkenan, bisa menghubungi salah satu provinsi yang terdekat dengan Lampung, mungkin Banten salah satunya. Karena transportasi Lampung dengan Banten terkoneksi dengan feri. Selain itu kita juga memiliki lahan yang cukup luas di bawah krakatau steel, seluas 3.600 hektare. Jadi ini bisa komplemen satu dengan lainnya," ujarnya.

3. Zulkifli Hasan soroti sinergi

Erick Thohir dan Zulkifli Hasan Soroti Potensi Pembangunan Lampunghttp://materi4belajar.blogspot.com/2017/03/bentuk-dan-contoh-kerjasama-dalam.html

Wakil Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum FK-PLP, Zulkifli Hasan mengatakan, kegiatan silaturahmi Pimpinan Daerah, Tokoh Nasional Asal Lampung dan masyarakat Lampung Perantauan ini penting. Itu  karena, menjadi ajang komunikasi menyampaikan apa yang diharapkan oleh masyarakat perantauan, apa yang diinginkan masyarakat Lampung juga menjadi sarana publikasi pembangunan yang telah dikerjakan pemerintah.

Ia menambahkan, kemajuan Provinsi Lampung saat ini tidak terlepas dari kerja keras seluruh kabupaten/kota di Provinsi Lampung serta komunikasi yang lancar antara pemerintah daerah dengan pusat. Kerjasama dan sinergi yang baik ini dibuktikan hadirnya 14 bupati/wali kota dalam kegiatan ini.

"Silaturahmi penting sebagai ajang komunikasi untuk mengetahui apa yang sedang diperjuangkan dan diharapkan masyarakat diperantauan, apa yang sudah dikerjakan dan apa yang diinginkan pemerintah daerah dan masyarakat Lampung. Komunikasi meningkatkan kesepahaman agar kita bisa meningkatkan kinerja yang sudah ada,” ujar Zulkifli.

Baca Juga: Bertemu Tokoh Penting, Arinal Beber Proyek Strategis Nasional di Lampung

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya