Bertemu Tokoh Penting, Arinal Beber Proyek Strategis Nasional di Lampung

DIhadiri Erick Thohir dan Zulkifli Hasan

Bandar Lampung, IDN Times - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menggelar acara Nemui Nyimah Silaturahmi Pimpinan Daerah, Tokoh Nasional Asal Lampung dan masyarakat Lampung Perantauan di Gedung Nusantara IV, Komplek Gedung MPR/DPR/DPD RI, Minggu (21/11/2021).

Hadir dalam acara tersebut Ketua Umum Forum Komunikasi Persaudaraan Lampung Perantauan (FK-PLP) Zulkifli Hasan, Menteri BUMN Erick Thohir, Anggota DPR RI dan DPD RI Dapil Lampung, Anggota Forkopimda Provinsi Lampung dan sejumlah kepala daerah hingga pejabat tinggi pratama.

1. Keunggulan Provinsi Lampung

Bertemu Tokoh Penting, Arinal Beber Proyek Strategis Nasional di LampungIDN Times/Istimewa

Arinal menjelaskan, Provinsi Lampung memiliki begitu banyak keunggulan komparatif secara geografis, demografis, dan juga kekayaan alam. Secara Geografis, Provinsi Lampung menjadi pintu gerbang Pulau Sumatera menghubungkan dengan Pulau Jawa serta dilalui Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI).

Secara Demografis, jumlah penduduk Lampung merupakan terbesar ke-2 di wilayah Sumatera dengan jumlah penduduk usia produktif sebesar 71,04 persen. Secara Kekayaan Alam, Lampung memiliki keindahan alam  menjadi potensi pariwisata serta lahan subur menjadikan Lampung penghasil komoditas utama pertanian dan menjadi salah satu lumbung pangan nasional dan pemasok 40 persen kebutuhan pangan ibu kota.

Sejak dilantik Presiden Joko Widodo 12 Juni 2019, gubernur ingin mewujudkan visi Rakyat Lampung Berjaya, yaitu kondisi masyarakat yang Aman, Berbudaya, Maju, Berdaya Saing, dan Sejahtera. Visi itu dirumuskan dengan mengusung 6 Misi, 6 Prioritas Daerah dan 33 Agenda Kerja Utama, yang menjadi arah dan acuan dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan jangka menengah Provinsi Lampung.

Salah satunya adalah Program Kartu Petani Berjaya. Program ini diinisiasi Arinal melihat potensi daerah bahwa sektor pertanian tertinggi dalam struktur PDRB Provinsi Lampung. Ditambah lagi, potensi pertanian yang sangat besar serta mayoritas penduduk bekerja pada Sektor Pertanian.

"Program Kartu Petani Berjaya akan menjawab permasalahan sektor pertanian dengan menghubungkan semua kepentingan stakeholder bidang pertanian untuk memberikan jaminan kepastian dalam usaha budidaya pertanian," kata Arinal.

Ia menjelaskan, guna mendorong akselerasi pembangunan desa, diluncurkan Program Smart Village Desa Berjaya 25 Maret 2021 dan telah menunjukkan progres yang positif. Sebanyak 1.063 desa atau 40,27 persen dari total desa di Lampung telah terhubung dengan Aplikasi Smart Village. Selain itu juga, Integrasi aplikasi Elektronik Samsat Desa atau e-Samdes untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui BUMDes.

Baca Juga: Pengembalian KUR Dekati 100 Persen, Arinal Bakal Bangun UMKM Center

2. Kondisi perekonomian selama pandemik

Bertemu Tokoh Penting, Arinal Beber Proyek Strategis Nasional di LampungIlustrasi Pertumbuhan Ekonomi (IDN Times/Arief Rahmat)

Terkait dampak ekonomi dan sektor lainnya akibat COVID-19 di Provinsi Lampung, Arinal menyampaikan, berkat kerja keras bersama pemerintah daerah, TNI, Polri, tenaga kesehatan, organisasi kemasyarakatan, tokoh agama, dunia usaha, akademisi dan perguruan tinggi, pers serta seluruh masyarakat, dapat melewati tantangan ini dengan baik.  Pandemik COVID-19 di Provinsi Lampung saat ini relatif terkendali.

Program prioritas pembangunan Provinsi Lampung tetap berjalan dan kinerja selama 2 tahun menunjukkan pencapaian yang baik. Dari pencapaian Indikator Makro Pembangunan, meskipun pada tahun 2020 perekonomian Lampung mengalami kontraksi akibat pandemik, pertumbuhan ekonomi Lampung masih lebih baik dari nasional dan telah berhasil keluar dari fase kontraksi.

“Bahkan pada Triwulan II Tahun 2021 pertumbuhan ekonomi Lampung menjadi yang tertinggi di Sumatera. Begitu pula dengan tingkat harga di Provinsi Lampung, inflasi masih dalam rentang batas yang terkendali. Tingkat Pengangguran Terbuka dan Indeks Gini Lampung juga lebih baik dari nasional,” papar Arinal.

Dari sisi Indeks Pembangunan Manusia (IPM) menunjukkan tren membaik. Pertumbuhan rata-rata IPM sebesar 0,9 persen pertahun atau rata-rata pertumbuhan tertinggi se-Sumatera. Begitu juga dengan Tingkat Kemiskinan yang menunjukkan perbaikan. Namun demikian, Provinsi Lampung masih dihadapkan pada tantangan percepatan peningkatan IPM dan penurunan Tingkat Kemiskinan.

3. Enam proyek strategis nasional di Lampung

Bertemu Tokoh Penting, Arinal Beber Proyek Strategis Nasional di LampungIlustrasi pembangunan (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Berdasarkan Permenko Perekonomian Nomor 7 Tahun 2021, Gubernur Arinal menyampaikan, terdapat 6 Proyek Strategis Nasional berlokasi di Provinsi Lampung yang perlu didukung melalui perumusan kebijakan daerah, diantaranya yaitu:

1. Kereta Api Logistik;

2. Kawasan Industri Tanggamus, Kebijakan Pengembangan industri pengolahan dalam upaya hilirisasi sumber daya alam untuk meningkatkan nilai tambah serta daya saing daerah melalui Pengembangan Kawasan Industri. Selain Kawasan Industri Tanggamus, juga terdapat Kawasan Industri Way Pisang, Kawasan Industri Katibung, dan Kawasan Industri Pesawaran yang masuk dalam RPJMN 2020-2024.

3. Kawasan Terintegrasi Bakauheni, atau “Bakauheni Harbour City” yang merupakan kolaborasi Pemerintah Provinsi Lampung dengan Pelindo, Hutama Karya dan ITDC. Kawasan Terintegrasi

Ini akan menjadi destinasi wisata bertaraf Internasional dan akan menjadi hub dalam sistem jaringan pariwisata Provinsi Lampung. Telah dilakukan Launching dan Pembangunan Tahap Pertama pada tanggal 27 Oktober 2021.

4. Bendungan Way Sekampung, yang baru saja diresmikan oleh Bapak Presiden pada 2 September 2021 yang lalu yaitu Bendungan Way Sekampung di wilayah Kabupaten Pringsewu yang dibangun sejak Tahun 2016 dengan biaya sebesar Rp1,78 triliun.

5. Bendungan Marga Tiga di Kabupaten Lampung Timur yang saat ini masih progres penyelesaian pembangunan; dan

6. Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Kota Bandar Lampung.

Selain Proyek Strategis Nasional tersebut, terdapat sejumlah proyek strategis lainnya antara lain melalui Program Infrastruktur Lampung Berjaya, bersinergi dengan pemerintah pusat dan BUMN seperti pembangunan Jembatan Tiang Pancang, peningkatan status beberapa ruas jalan strategis, pengembangan bandara lomersial dan Radin Inten II Aero City, pembangunan sport center dan exhibition center.

4. Torehan penghargaan

Bertemu Tokoh Penting, Arinal Beber Proyek Strategis Nasional di LampungGubernur Lampung Arinal Djunaidi menerima penghargaan dari Kementerian Pertanian karena berhasil meraih peringkat satu Kategori Provinsi dengan Peningkatan Produksi Padi Tertinggi Tahun 2019-2020 di Istana Wakil Presiden RI, Jakarta Pusat, Senin (13/9/2021). (IDN Times/Istimewa). 

Sejumlah program pembangunan dan kinerja selama dibawah kepemimpinan Gubernur Arinal juga mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak, termasuk pemerintah pusat, antara lain :

  • Terbaik Penanganan COVID-19 periode Juni 2020 dan mendapatkan Dana Instentif Daerah (DID) Tambahan Tahap 1 Rp18,2 miliar dan tahap 3 Rp9,8 miliar;
  • Penganugerahan Lomba Inovasi Daerah Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman COVID-19, Juara 1 Sektor Restoran, Juara 2 Sektor Pasar Modern, dan Juara 3 Sektor Pasar Tradisional;
  • Apresiasi Pembinaan Program Kampung Iklim (Proklim) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI;
  • Penghargaan Tim Pengendalian Inflasi Daerah dari Kemko Perekonomian RI;
  • KPPU Award Tahun 2020 sebagai Juara 1 (Utama) Kategori Persaingan Usaha dan Juara 2 (Madya) Kategori Kemitraan;
  • Innovative Government Awards (IGA) sebagai Provinsi Terinovatif Tahun 2020;
  • Penghargaan Penanganan Konflik Sosial Tingkat Provinsi;
  • Penghargaan Tribun Lampung Award sebagai Penanganan Pandemi COVID-19 terbaik di Indonesia;
  • Penghargaan Abdi Bakti Tani Tahun 2021 yang diserahkan Wakil Presiden RI, sebagai Provinsi Terbaik dalam Peningkatan Produksi Padi Tahun 2019-2020;
  • Juara Umum dan 2 Juara Kategori pada Gelar Teknologi Tepat Guna Nasional ke-22 Tahun 2021;
  • Anugerah Eka Praya atas keberhasilan mengimplementasikan Pengarus Utamaan Gender dalam program dan kegiatan;
  • 10 Besar perolehan medali dalam PON XX Papua;
  • BKN Award 2021; Penghargaan dari PT. Pertamina sebagai Gubernur Terbaik yang mendukung Program Pertashop; Penghargaan Pembinaan K3; Penghargaan atas Penyelesaian Tindak Lanjut Hasil Pengawasan dari Kemendagri; Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik;
  • Gubernur Berkinerja Positif di Mata Publik yang dirilis Nawacita TV atas keberhasilan Pembangunan di Provinsi Lampung;
  • Piagam dan Plakat Penghargaan atas pencapaian Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 7 kali berturut-turut;
  • Piagam Penghargaan Pembinaan Produktivitas Paramakarya 2021 dari Kementerian Ketenagakerjaan RI yang diserahkan oleh Wakil Presiden RI pada 17 November 2021.

Baca Juga: Temu Karya Taman Budaya ke-20 di Lampung, Ajang Ekspresi dan Kreasi

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya