2 Pospam Nataru Polres Pringsewu Ada Layanan Vaksinasi dan Tes Antigen

Operasi Lilin Krakatau 24 Desember 2021-2 Januari 2021

Pringsewu, IDN Times - Menjelang pelaksanaan operasi Lilin Krakatau 2021, Satlantas Polres Pringsewu mendirikan dua pos pengamanan. Pos itu akan berfungsi memantau mobilitas masyarakat di wilayah kabupaten setempat.

Kedua pos yang akan dijadikan posko terpadu tersebut berlokasi di ruas jalan lintas barat Sumatera (Jalinbar) kompleks rest area Pekon Wates Kecamatan Gadingrejo dan di depan kantor Telkom kompleks pendopo Kabupaten Pringsewu.

Operasi Lilin Krakatau sesuai rencana baru akan dimulai 24 Desember 2021-2 Januari 2022.

Baca Juga: Realisasi Vaksinasi Pringsewu 62,5 Persen, Banyak Warga Termakan Hoaks

1. Pos pengamanan ada layanan vaksinasi COVID-19

2 Pospam Nataru Polres Pringsewu Ada Layanan Vaksinasi dan Tes AntigenVaksinasi merdeka serentak di Gedung Bina Budaya (GBB) HKBP Kedaton Bandar Lampung 22-23 September. (IDN Times/Istimewa).

Kasatlantas Polres Pringsewu, Iptu Ridho Grisyan Adi Dharya, menjelaskan, pos pengamanan merupakan pos terpadu akan digunakan sejumlah instansi terkait yakni, TNI/Polri, dinas perhubungan, Satpol PP, dinas kesehatan, BPBD, dan sejumlah instansi lainya. Personel akan memantau mobilitas masyarakat dan penerapan prokes selama berlangsungnya perayaan Nataru.

Ia menambahkan, kedua posko tersebut nantinya juga akan berfungsi sebagai tempat pelayanan masyarakat mendapatkan akses kesehatan seperti vaksinasi COVID-19, pemeriksaan swab/rapid antigen dan pemeriksaan medis lainya

Ridho mengatakan, pihaknya juga telah melakukan edukasi melalui pemasangan baner di sejumlah titik keramaian. Terutama di sepanjang ruas jalinbar terkait larangan mudik maupun membuat kerumunan yang bisa berpotensi penyebaran virus Corona.

“Upaya yang kami lakukan bertujuan mencegah terjadinya lonjakan kasus COVID-19 setelah Nataru,” jelasnya, Senin (20/12/2021).

2. Siapkan sejumlah personel mobile patroli

2 Pospam Nataru Polres Pringsewu Ada Layanan Vaksinasi dan Tes AntigenPolres Pringsewu berencana melaksanakan Operasi Zebra Krakatau 2021 pada 15- 28 November 2021. (IDN Times/Istimewa).

Kabag Ops Polres Pringsewu, AKP Martono, mengatakan tujuan utama Operasi Lilin adalah memberikan rasa aman bagi umat Nasrani yang merayakan ibadah Nataru dari ancaman kriminalitas maupun potensi penyebaran COVID-19.

Selain fokus di pos pengaman dan pelayanan menurutnya, pihaknya telah menyiapkan sejumlah personel yang akan mobile melaksanakan patroli dan pengamanan disejumlah tempat ibadah (gereja) pusat pusat keramaian, obyek vital, obyek wisata dan daerah rawan kejahatan lainya.

“Sejumlah upaya telah kita persiapkan sedemikian rupa agar selama Nataru situasi tetap aman dan tidak terjadi lonjakan kasus COVID-19 setelahnya,” harap Martono. 

3. Operasi KYRD sasar warga langgar prokes

2 Pospam Nataru Polres Pringsewu Ada Layanan Vaksinasi dan Tes AntigenPolres Pringsewu menggelar operasi cipta kondisi melalui kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) di ruas Jalan Veteran Kelurahan Pringsewu Barat Kecamatan Pringsewu tepatnya di depan Mapolres setempat, Sabtu (18/12/2021) malam. (Dok. Polres Pringsewu).

Jelang Nataru, Polres Pringsewu menggelar operasi cipta kondisi melalui kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) di ruas Jalan Veteran Kelurahan Pringsewu Barat Kecamatan Pringsewu tepatnya di depan Mapolres setempat, Sabtu (18/12/2021) malam.

Operasi dipimpin Kabag Sumber Daya Manusia (SDM) Kompol Efendi Koto dan Kasatlantas Iptu Ridho Grisyan Adi Dharya. “Operasi ini merupakan salah satu upaya kepolisian dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat jelang perayaan Natal dan tahun baru,” ujar Kompol Efendi Koto.

Dijelaskan Kabag SDM, operasi yang melibatkan puluhan personel gabungan Lantas, Sabhara, Reskrim, Sat Intelkam dan staf ini guna mengantisipasi terjadinya kasus C3 (Curat, Curas, Curanmor), penyalahgunaan narkotika, sajam, senpi, bahan peledak, kenakalan remaja dan kejahatan jalanan lainnya.

Selain itu operasi juga menyasar pada pelaku perjalanan yang abai dalam menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19. Sementara itu sasaran dari kegiatan operasi adalah pelaku perjalanan baik masyarakat lokal maupun kendaraan luar wilayah yang melintas di Jalan Veteran Pringsewu.

“Personel secara selektif prioritas memberhentikan setiap kendaraan yang melintas, kemudian melakukan pemeriksaan baik badan maupun barang yang dibawa” jelas Efendi.

Baca Juga: Catat! Di Pringsewu TNI/Polri Gelar Operasi Penyekatan Mobilitas Warga

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya