Catat! Di Pringsewu TNI/Polri Gelar Operasi Penyekatan Mobilitas Warga

Pastikan sudah divaksin ya

Pringsewu, IDN Times - Polres Pringsewu bersama TNI, pemerintah daerah dan relawan menggelar operasi penyekatan mobilitas masyarakat masuk ke wilayah Kabupaten Pringsewu, Sabtu (17/12/2021).

Kegiatan yang dipusatkan di jalan Lintas Barat Sumatera (Jalinbar) tepatnya di area Terminal Gadingrejo Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu. Tujuan penyekatan bentuk percepatan vaksinasi, serta sebagai bentuk mengawasi aktivitas masyarakat menjelang Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru).

Selain itu, penyekatan dilakukan untuk mengecek apakah pelaku perjalanan yang masuk ke Kota Pringsewu sudah melaksanakan vaksinasi COVID-19 atau belum. “Setiap pelaku perjalanan akan di periksa melalui aplikasi peduli lindungi. Kalau memang belum vaksin, kita akan vaksin di tempat,” kata Kabag Ops Polres Pringsewu AKP Martono.

1. Pengendara akan diperiksa selama penyekatan

Catat! Di Pringsewu TNI/Polri Gelar Operasi Penyekatan Mobilitas WargaPolres Pringsewu bersama TNI, pemerintah daerah dan relawan menggelar operasi penyekatan mobilitas masyarakat. (Dok Polres Pringsewu).

AKP Martono mengatakan, saat operasi penyekatan, tim gabungan berada di lokasi titik penyekatan akan memeriksa setiap pengendara maupun penumpang. Khususnya mereka yang datang dari luar daerah terkait kelengkapan dokumen vaksinasi.

Apabila ditemukan pengendara yang belum melakukan vaksinasi, maka petugas akan mengarahkannya ke gerai vaksin yang sudah disiapkan. “Jadi penyekatan ini tujuannya bukan penindakan. Ini lebih ke membantu program percepatan vaksinasi yang digagas pemerintah agar segera tercapai,” tegas Kabag Ops.

Baca Juga: Polres Pringsewu dan Tanggamus Kian Masif Gelar Vaksinasi COVID-19

2. Penyekatan terus digelar sampai batas waktu belum ditentukan

Catat! Di Pringsewu TNI/Polri Gelar Operasi Penyekatan Mobilitas WargaPolres Pringsewu berencana melaksanakan Operasi Zebra Krakatau 2021 pada 15- 28 November 2021. (IDN Times/Istimewa).

Martono menjelaskan, kegiatan penyekatan akan terus berlanjut hingga waktu yang belum ditentukan. “Penyekatan akan terus kami lakukan hingga seluruh target vaksinasi yang ditentukan pemerintah tercapai,” terangnya

Diketahui, penyekatan mobilitas masyarakat yang masuk ke Kabupaten Pringsewu digelar sejak 16 Desember 2021. Dua hari penyekatan tim gabungan berhasil melakukan vaksinasi terhadap 147 orang. Rinciannya, 41 orang disuntik dosis pertama dan 106 orang penyuntikan dosis kedua.

3. TNI/Polri dan pemkab siaga bencana di Pringsewu

Catat! Di Pringsewu TNI/Polri Gelar Operasi Penyekatan Mobilitas WargaIlustrasi Bencana (IDN Times/Sukma Shakti)

Selain penyekatan, Polres Pringsewu siap bersinergi dengan TNI, pemerintah dan instansi lainnya penanganan bencana di kabupaten setempat. Kapolres Pringsewu, AKBP Rio Cahyowidi, menyampaikan, pihaknya bersama TNI siap sedia menyiapkan dukungan personel, memberikan imbauan, penyuluhan dan melakukan pendampingan terhadap korban apabila terjadi bencana.

“Dukungan yang kami berikan bisa di satu padukan bersama untuk menanggulangi bencana di Kabupaten Pringsewu” terangnya

Menurutnya, Kabupaten Pringsewu memiliki kerawanan banjir, kebakaran dan angin puting beliung. Ia mengimbau agar masyarakat selalu waspada, menghindari membuka lahan secara membakar dan menghindari lokasi lokasi aliran air saat terjadinya banjir.

4. Kecamatan Pardasuka rawan banjir

Catat! Di Pringsewu TNI/Polri Gelar Operasi Penyekatan Mobilitas WargaIlustrasi banjir (IDN Times/Arief Rahmat)

Asisten 1 Pemerintah Kabupaten Pringsewu, Malian Ayub menyampaikan, musim hujan ada titik rawan bencana banjir di wilayah Kecamatan Pardasuka dan bencana angin puting beliung di wilayah kecamatan Adiluwih. Mengantisipasi kerawanan bencana tersebut pemerintah daerah telah berkomunikasi dan berkoordinasi dengan seluruh instansi terkait.

Selain itu, telah melaksanakan pelatihan penanganan bencana di tingkat Pekon. “Harapannya pemerintah dan masyarakat telah siap dan bisa bersama sama mengantisipasi datangnya bencana” jelasnya

Kepala BPBD Pringsewu, Edi Sumber Pamungkas menjelaskan menghadapi datangnya bencana pihaknya telah menyiapkan sarana prasarana baik personel maupun peralatan dan juga relawan di setiap daerah. “Segala sesuatunya sudah kita persiapkan, namun harapnya bencana itu tidak terjadi dan kalaupun terjadi jangan sampai terjadi korban jiwa,” kata Edi.

Baca Juga: Cerita Kapolres Pringsewu AKBP Rio Sebar Nomor HP Pribadi ke Warga

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya