Comscore Tracker

5 Reaksi Umum Dilakukan Orang Setelah Diputuskan Pacar

Apakah kamu pernah merasakan reaksi ini?

Putus nyambung dalam hubungan berpacaran itu hal yang wajar dan bisa menimpa siapa saja. Meskipun begitu, mendengar kalimat minta putus dari pacar secara tiba-tiba tentu mengundang reaksi tersendiri, dong. Satu orang dengan yang lain pasti punya tanggapan yang berbeda. 

Ada menilainya sebagai sesuat lumrah, karena diam-diam doi juga ingin berpisah. Tak sedikit pula justru amat patah hati dibuatnya. Lantas reaksi apa saja, sih yang biasanya ditunjukkan orang setelah putus cinta? Berikut lima di antaranya.

1. Berpikir kesalahan apa yang sudah dia perbuat sampai mendadak diputuskan begini

5 Reaksi Umum Dilakukan Orang Setelah Diputuskan Pacarilustrasi introspeksi diri (pexels.com/Alex Green)

Siapa sangka, ada pula beberapa orang yang langsung introspeksi diri setelah mendengar kata putus dari sang pujaan hati. Biasanya sikap ini dipicu karena sebelumnya hubungan mereka terasa baik-baik saja, kok. Tidak ada masalah apalagi pertengkaran hebat. 

Maka sebagai orang yang bisa bersikap dewasa. Dia justru mempertanyakan dirinya sendiri. Siapa tahu, ada yang kurang darinya, sehingga membuat kekasihnya ini mendadak minta putus. Kalau kamu sendiri, pernah gak berada di posisi ini?

2. Sedih dan menangis secukupnya kemudian bangkit lagi dan mencoba move on

5 Reaksi Umum Dilakukan Orang Setelah Diputuskan Pacarilustrasi orang bersedih (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Sedih dan terpuruk akibat putus cinta adalah hal yang sangat lumrah. Namanya juga baru berpisah dengan seseorang yang dicintai secara tiba-tiba. Ditambah lagi perasaan sayang itu masih bergejolak kuat. Siapa yang gak pedih menghadapi kondisi seperti ini. 

Namun untungnya, yang bersangkutan cukup dewasa untuk tidak berlarut-larut dalam kesedihan. Ya, paling butuh waktu satu minggu buat berkabung. Setelah itu dia bisa bangkit dan berusaha untuk move on dari masa lalu asmaranya. Salut!

Baca Juga: 5 Tanda Seseorang Dijodohkan denganmu Orang Baik-baik

3. Terang-terangan menunjukkan kesedihannya pada orang-orang di sekitarnya

5 Reaksi Umum Dilakukan Orang Setelah Diputuskan Pacarilustrasi kelihatan sedih (pexels.com/Keira Burton)

Pasti kamu pernah melihat ada teman atau kenalanmu yang mendadak suka pasang status galau di medsos. Bahkan dalam satu hari, dia bisa bikin lebih dari lima status yang isinya kesedihan akibat ditinggal pergi sang mantan. Jujur, kamu pasti risi melihatnya. Meskipun awalnya kasihan juga, sih.

Hal semacam ini baiknya tidak kamu tiru, ya. Karena selain bikin malu, mantan pacarmu pasti bakal bersorak gembira karena tahu dia sudah memilih jalur yang tepat. Sedih, kecewa, marah boleh saja, namun gak perlu mengumbarnya ke mana-mana. Simpan itu untuk dirimu sendiri saja.

4. Mengembalikan semua barang pemberian mantan meskipun tidak pernah diminta

5 Reaksi Umum Dilakukan Orang Setelah Diputuskan Pacarilustrasi mengembalikan barang (pexels.com/Blue Bird)

Ada pula, lho orang yang repot-repot mengemas semua barang pemberian sang mantan untuk dipulangkan. Padahal tidak ada yang mengungkit apalagi memintanya. Ini dia lakukan semata-mata sebagai upaya agar bisa segera move on dari mantan pacarnya. 

Karena jika barang-barang itu masih disimpan, takutnya nanti bisa memunculkan memori masa lalu yang seharusnya dibuang. Tapi daripada dikembalikan, bisa juga benda-benda itu diberikan ke teman atau saudara yang membutuhkan, lho. Bisa juga dijual, kan malah dapat untung. Bagaimana menurutmu?

5. Merencanakan balas dendam untuk sang mantan

5 Reaksi Umum Dilakukan Orang Setelah Diputuskan Pacarilustrasi teror lewat pesan (pexels.com/Anastasia Shuraeva)

Reaksi terakhir ini kelihatannya agak ekstrem dan mengerikan. Karena sudah menyangkut soal balas dendam. Tapi belum tentu demikian, kok. Tinggal dilihat saja cara balas dendam yang dimaksud itu seperti apa. Jika caranya adalah dengan menempa diri menjadi lebih baik, sehingga membuat sang mantan menyesal itu bagus. 

Lain ceritanya kalau balas dendam ini diartikan negatif. Yakni meneror kehidupan pribadi mantan. Misalnya, mengganggu hubungan mantan dengan gebetannya yang baru atau berani mengirimkan pesan ancaman. Itu, sih sudah keterlaluan dan gak layak ditiru, ya!

Ternyata reaksi orang dalam menyikapi perpisahan dengan mantan kekasihnya bisa dibilang unik dan beragam, ya. Selama sikap itu sebatas wajar dan tidak merugikan orang lain, sih sah-sah saja. Nah, kalau kamu sendiri, nih reaksi paling gokil apa, sih yang pernah dilakukan begitu putus dari mantan pacarmu? Tuliskan pengalamanmu di kolom komentar, yuk! 

Baca Juga: 5 Tips Agar Kekasih Gak Gampang Bosan Padamu, Pacaran Jadi Asyik!

Angel Rose Photo Community Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya