Comscore Tracker

Prof I Nyoman Pugeg Aryantha Sah Rektor ITERA, Ini Pesan Mas Nadiem 

Dilantik bersama 12 Pejabat Kemendikbud lainnya

Bandar Lampung, IDN Times - Prof. Dr. I Nyoman Pugeg Aryantha resmi dilantik menjadi Rektor Institut Teknologi Sumatera (ITERA) periode 2022-2026 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim, Kamis (30/6/2022) secara virtual.

Pelantikan Nyoman Pugeg Aryantha ini dilakukan bersama dengan tiga rektor perguruan tinggi negeri lainnya yaitu Universitas Negeri Surabaya, Universitas Teuku Umar Aceh, dan Politeknik Negeri Nusa Utara Sulawesi Utara, serta 9 pejabat tinggi pratama Kemenristekdikti di beberapa wilayah Indonesia.

Baca Juga: [BREAKING] Prof I Nyoman Pugeg Aryantha Terpilih Rektor ITERA 2022-2026

1. Rektor ketiga ITERA

Prof I Nyoman Pugeg Aryantha Sah Rektor ITERA, Ini Pesan Mas Nadiem Rektor Terpilih ITERA 2022-2026, I Nyoman Pugeg Aryantha. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Setelah pelantikan hari ini, maka Prof Nyoman Pugeg Aryantha telah resmi menjadi rektor ketiga Institut Teknologi Sumatera Lampung, menggantikan Prof Mitra Djamal yaitu rektor ITERA periode 2021-2022.

Sebelumnya Prof Mitra Djamal dilantik sebagai rektor ITERA untuk menggantikan Alm Prof Ofyar Z Tamin pada 2 Juli 2021 lalu. Ia merupakan Wakil Rektor Bidang Akademik saat Ofyar Z Tamin masih menjabat (2018-2021).

Pada pemilihan rektor 6 Juni 2022 lalu, Prof I Nyoman Pugeg Aryantha akhirnya terpilih sebagai rektor baru usai unggul meraih sebanyak 8 suara total atau sekitar 53 persen dari dua pesaing lainnya yaitu Acep Purqon, S.Si., M.Si., Ph.D., dan Dr. Eng. Imam Achmad Sadisun, S.T., M.T.

2. Pesan Mendikbud Nadiem Makarim

Prof I Nyoman Pugeg Aryantha Sah Rektor ITERA, Ini Pesan Mas Nadiem Mendikbud, Nadiem Makarim. (Youtube/Kemendikbud RI)

Pada sambutannya, Nadiem Anwar Makarim berharap ke-13 pejabat kemendikbudristek ini memiliki semangat tinggi untuk menjadi garda terdepan dalam membangun merdeka belajar di Indonesia.

“Seperti yang kita tahu, di tengah situasi pandemik yang penuh tantangan dan keterbatasan, kita terus menghadirkan inovasi untuk mentransformasi pendidikan Indonesia hingga dapat meluncurkan 21 episode merdeka belajar yang menyentuh semua jenjang pendidikan dengan tujuan dalam upaya pemenuhan pendidikan bermutu dan relavan untuk peserta didik,” katanya.

Ia juga menekankan setelah tahun lalu Kemendikbudristek melaksanakan assesment nasional untuk mendapatkan skor baseline kemampuan literasi dan numerasi pada satuan pendidikan, tahun ini mereka akan melakukan hal sama.

“Untuk para pemimpin perguruan tinggi negeri yang hari ini dilantik, saya harap Bapak-bapak dapat mengembangkan iklim pendidikan yang memacu kreatifitas dan inovasi, dengan mengimplementasikan kebijakan program merdeka belajar di kampus yang bapak pimpin,” ujarnya.

3. Menghadirkan layanan terbaik untuk masyarakat

Prof I Nyoman Pugeg Aryantha Sah Rektor ITERA, Ini Pesan Mas Nadiem Ke-13 pejabat Kemendikbud dilantik hari ini. (Youtube/Kemendikbud RI).

Selain itu, Nadiem juga mengapresiasi dan memberi penghargaan setinggi-tingginya kepada kepada Prof Mitra Djamal serta para rektor perguruan tinggi sebelumnya karena telah melaksanakan tugasnya dengan penuh dedikasi dan tanggung jawab pada jabatannya.

“Saya harap bapak semua dapat menjadi penggerak Merdeka belajar di mana pun anda semua bekerja,” ujarnya singkat.

Ia meminta para pejabat dilantik agar menjadi pemimpin yang mampu memberi contoh baik untuk rekan kerjanya, menghadirkan layanan terbaik untuk mesyarakat, dan terus menjadi garda terdepan dari gerakan merdeka belajar demi pendidikan Indonesia yang lebih berkualitas.

Baca Juga: Profil I Nyoman Pugeg Aryantha Rektor Baru ITERA, Asa Melek Paten

Topic:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya