Resep Chicken Parmesan, Ayam Krispi dengan Saus Tomat dan Keju Leleh

Kombinasi ayam, tomat, dan keju tak pernah salah!

Siapa pernah menyantap chicken parmesan di restoran steak? Hidangan ini menyajikan potongan daging ayam dilapisi dengan campuran tepung roti dan keju parmesan, kemudian digoreng hingga keemasan.

Kesempurnaan rasa tercapai saat ayam tersebut disajikan dengan saus tomat yang lezat disertai keju mozzarella yang meleleh. Setiap gigitan memberikan sensasi kenikmatan dari sentuhan keju yang leleh.

Bagi kamu memiliki bahan-bahannya, kamu juga bisa membuatnya di rumah, kok. Yuk, kita simak saja resep chicken parmesan yang lezat di bawah ini!

Baca Juga: Manifesting Body Goals 2024, Wujudkan dengan 7 Tips Diet Ini!

1. Bahan membuat chicken parmesan

Resep Chicken Parmesan, Ayam Krispi dengan Saus Tomat dan Keju Lelehilustrasi ayam yang sudah dipukul dengan palu daging (YouTube.com/Recipe30)
  1. 2 dada ayam tanpa kulit
  2. 90 gr keju parmesan parut halus
  3. 50 gr tepung roti panko
  4. 60 gr tepung roti biasa
  5. 2 buah tomat merah matang
  6. 2 gelas tomat yang dihaluskan
  7. 1 sdt thyme kering
  8. 3 tangkai oregano segar (atau 1 sdt yang kering)
  9. 60 gr tepung terigu
  10. 2 telur utuh
  11. 2 sdm mentega
  12. Daun basil untuk hiasan (opsional)
  13. 6 lembar atau 80 gr keju mozzarella
  14. 1 siung bawang putih
  15. Minyak zaitun
  16. Garam dan merica

2. Cara membuat

Resep Chicken Parmesan, Ayam Krispi dengan Saus Tomat dan Keju Lelehilustrasi chicken parmesan (YouTube.com/Recipe30)
  1. Pertama-tama buat saus tomat terlebih dahulu. Tuangkan minyak zaitun dalam panci dengan api sedang, tambahkan bawang putih cincang dan oregano. Kemudian tambahkan tomat yang sudah dihaluskan, garam, dan merica. Turunkan api menjadi kecil dan sesekali aduk, serta biarkan mengental.
  2. Setelah saus mengental, tambahkan potongan tomat segar yang dipotong dadu dan masak selama 30 detik sebelum disajikan.
  3. Untuk tepung pelapis ayam, campurkan tepung roti halus dan tepung roti panko, serta sedikit keju parmesan parut. Taburkan sedikit thyme kering dan aduk rata.
  4. Bumbui dada ayam dengan garam dan merica. Pipihkan dada ayam dengan melapisi dengan cling wrap, lalu pukul-pukul menggunakan palu daging. Balut dada ayam dengan tepung, kemudian celupkan ke dalam telur, dan gulingkan dalam campuran tepung roti. Tekan-tekan dengan tangan untuk memastikan semua tepung merata.
  5. Tambahkan sedikit minyak zaitun ke wajan anti lengket dengan api sedang-tinggi. Masak dada ayam yang sudah dibalut tepung roti dan masak setiap sisi hingga kecokelatan. Tambahkan mentega dan terus masak, angkat dada ayam dan miringkan wajan agar mentega masuk di bawah. Setelah matang dan kecokelatan, balik ayam dan masak sisi lainnya.
  6. Di wajan anti lengket, tambahkan keju mozzarella dan masak dengan sedikit lada. Begitu meleleh dan mulai kecoklatan di pinggirnya, keju siap dituangkan di atas ayam.
  7. Untuk penyajian, letakkan saus tomat di tengah-tengah ayam, dan tuangkan keju di atasnya. Tambahkan saus tomat juga di sisi. Hias dengan beberapa daun basil segar.

3. Tips membuat chicken parmesan

Resep Chicken Parmesan, Ayam Krispi dengan Saus Tomat dan Keju Lelehilustrasi hidangan chicken parmesan (YouTube.com/Recipe30)
  1. Pastikan untuk menggoreng daging ayam hingga keemasan dan renyah di luar, sambil memastikan bagian dalamnya matang sempurna. Hal ini dapat dicapai dengan mengatur suhu yang tepat dan selalu memantau daging ayam saat memasak.
  2. Saus tomat juga memiliki peran penting dalam menambah cita rasa pada chicken parmesan. Gunakan tomat yang matang dan berkualitas baik atau saus tomat yang sudah dihaluskan untuk mendapatkan kelezatan yang maksimal. Selain itu, tambahkan rempah-rempah seperti oregano dan thyme untuk memberikan aroma dan rasa khas Italia pada saus tomat. Biarkan saus mengental agar dapat menempel dengan baik pada daging.
  3. Pilih keju yang sesuai untuk topping chicken parmesan. Mozzarella adalah pilihan yang umum digunakan karena kemampuannya yang meleleh dengan baik. Kamu juga dapat mencampurkan keju parmesan parut untuk memberikan rasa gurih yang khas. Pastikan untuk memanggang atau memanaskan keju hingga coklat keemasan untuk mencapai keju yang lezat dan menggoda.

Dengan mengikuti resep ini, kamu kini dapat menciptakan hidangan ayam krispi dengan saus tomat lezat dan keju yang meleleh. Teknik pemanggangan yang tepat, pemilihan saus tomat yang berkualitas, dan kebijakan dalam pemilihan keju akan menyatukan semua elemen menjadi hidangan yang memanjakan lidah. Yuk, sajikan ini di meja makan!

Baca Juga: Resep Salad Sayur Khas Korea, Lezat dan Bergizi!

Porcelain Photo Community Writer Porcelain

Member IDN Times Community ini masih gamau menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya