Comscore Tracker

Resep Pindang Patin Lampung dan Variasinya, Gurih dan Meluber di Mulut

Sensasi manis dan gurih meluber di mulut

Resep pindang patin Lampung menjadi hal kamu perlukan ketika ingin mencoba memasak makanan yang berasal dari daerah tersebut. Cita rasa dihadirkan dari pindang patin Lampung berbeda dengan pindang pada umumnya.

Resep pindang patin Lampung merupakan resep dari kuliner Lampung banyak digemari karena cita rasanya yang sangat kaya akan rempah. Apalagi karena makanan yang satu ini juga cukup mudah dibuat dengan bahan dan alat yang sering ada di dapur mayoritas orang.

Lantas apa saja resep pindang patin Lampung? Berikut IDN Times rangkum bagikan

1. Jadi pilihan kumpul bersama keluarga

Resep Pindang Patin Lampung dan Variasinya, Gurih dan Meluber di MulutIlustrasi keluarga (IDN Times/Mardya Shakti)

Pindang patin Lampung bisa menjadi pilihan apabila keluarga besar hendak berkumpul, apalagi untuk menu makan malam spesial. Bukan saja karena cita rasanya yang enak, rempahnya juga nyaman di lidah sehingga akan cocok jadi menu utama dalam hidangan besar.

Adanya cita rasa manis serta asam akan membuat orang lebih nyaman untuk memakannya. Berbeda dengan daging sapi atau daging ayam yang mayoritas masakannya didominasi rasa gurih, olahan daging ikan akan membuat Anda lebih segar. Sangat cocok bukan untuk hidangan utama makan malam keluarga besar?

Baca Juga: Resep Seruit Khas Lampung, Kenikmatan Sambal Hakiki

2. Sensasi manis dan gurih meluber di mulut

Resep Pindang Patin Lampung dan Variasinya, Gurih dan Meluber di Mulutbatiqa.com

Sop pindang ikan patin sangat cocok dimakan pada saat udara sedang dingin atau malam hari apalagi jika cuaca sedang hujan. Sensasi manis dan gurih yang meluber di mulut akan membuat kami merasa hangat kembali.

Apalagi jika ditambah dengan adanya nasi dan teh hangat, pastinya sajian makanan khas Lampung ini akan semakin nikmat. Tak heran apabila sop pindang ikan patin tersebut sudah banyak beredar di tempat makan seperti warung-warung atau restoran mahal sekalipun.

Bahan yang harus digunakan untuk membuat sop pindang ikan patin ini sama saja dengan bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan sop pindang ikan patin lainnya. Akan tetapi, bedanya, untuk menghasilkan rasa gurih dan manis, Anda hanya perlu melewatkan keberadaan cabai dan sambal pada prosesnya.

3. Pindang patin masak tempoyak tekstur lembut

Resep Pindang Patin Lampung dan Variasinya, Gurih dan Meluber di MulutWikipedia Indonesia

Tekstur ikan patin yang lembut akan mudah rapuh dan mudah dimakan, itulah salah satu kelebihan resep ini. Apalagi dengan tempoyak yang membuatnya semakin enak, anak-anak pun pasti akan menyukai sajian seperti ini.

Racikan bumbu sambal bisa ditambahkan untuk memberi kesan pedas pada sup dari Lampung ini adalah cabai merah. Sehingga rasanya akan lebih pedas dan menantang, Anda juga bisa menambahkan bubuk cabe instan supaya lebih praktis.

4. Pindang ikan patin kental

Resep Pindang Patin Lampung dan Variasinya, Gurih dan Meluber di Mulutinstagram.com/vennyeksan

Pindang ikan patin dengan sedikit cairan kuah bisa Anda buat dengan mengurangi sedikit airnya. Biasanya hidangan seperti ini akan terlihat lebih creamy dan cocok disantap dengan nasi. Pada beberapa variasi, juga bisa menambahkan santan untuk hasil yang lebih kental.

Opsi lainnya gunakan bahan rempah-rempah dalam sup ini akan menambah cita rasa gurih dan segar yang bercampur lebih sempurna. Untuk hasil yang maksimal, bisa menambahkan tomat dan nanas untuk menjadikannya lebih segar.

Itulah dia beberapa Resep pindang patin Lampung yang wajib Anda coba, baik ketika memasak atau ketika berkunjung ke Lampung.

Baca Juga: Resep Gulai Taboh, Kuliner Lampung Cita Rasa Ikan Santan Gurih

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya