Comscore Tracker

Resep Keripik Nangka Lampung, Enak dan Krispi

Mudah kok bikinnya

Bandar Lampung, IDN Times - Siapa yang tidak kenal dengan camilan ini. Keripik nangka sudah hampir dikenal banyak orang.

Sejatinya, buah nangka ini tidak memiliki ketahanan lama. Namun jika diolah menjadi keripik maka ketahanannya bisa jadi lebih lama. Berikut ini mari kita simak proses pembuatan dari keripik nangka. 

Baca Juga: Resep Pindang Patin Lampung dan Variasinya, Gurih dan Meluber di Mulut

1. Bahan dibutuhkan

Resep Keripik Nangka Lampung, Enak dan Krispiyogajournal.com

Bahan utama dari pembuatan keripik ini adalah buah nangka sebanyak 1 kilogram (kg). Kemudian  kamu juga memerlukan garam 75 gr dan air sebanyak 1,5 liter. 

Meskipun rasa dari buah nangka ini sudah manis, tetapi  masih membutuhkan gula sebanyak 150 gram ya. Selain itu, membutuhkan air kapur sirih untuk merendam  buah nangka dan 2 liter minyak goreng untuk proses penggorengan. 

Cara pembuatan dari keripik nangka memanglah sedikit rumit. namun  harus telaten demi bisa menikmati keripik lezat ini. Selain itu kamu juga bisa menjadikannya ladang bisnis berjualan keripik nangka.

2. Cara membuat dimulai memilih buah yang manis

Resep Keripik Nangka Lampung, Enak dan KrispiDok. offprint.in

Pertama harus dilakukan adalah membeli buah nangka. Pastikan  membeli buah yang bagus dan tidak busuk serta memiliki rasa yang manis. Kemudian setelah itu baru potong ujung dari buah nangka ini dan belah  buah nangka menjadi dua.

Lalu, pisahkan daging dengan isinya. Pastikan  kamu menggunakan sarung tangan pada saat proses ini. Hal ini karena getah nangka yang susah menghilang saat terkena tangan. Dan akan terus menimbulkan rasa lengket. 

Tahap berikutnya adalah proses perendaman. Rendam buah nangka ke air kapur sirih. Hal ini dilakukan dengan tujuan menghilangkan getah dan rasa lengket yang ada pada buah nangka. Proses perendaman ini berlangsung kurang lebih selama 5 jam. Jika proses ini dilewatkan, maka akan mempersulit  aat proses penggorengan. 

3. Cuci dan tiriskan

Resep Keripik Nangka Lampung, Enak dan KrispiInstagram.com/rae_kitchen

Setelah direndam selama kurang lebih 5 jam. Lalu angkat buah nangka dari rendaman air kapur sirih. Kemudian cuci bersih buah nangka dan kemudian tiriskan sampai kering.

Setelah proses perendaman juga jangan lupa dicui. Jika tidak dicuci kembali akan mempengaruhi rasa dari keripik nangka nantinya. 

Biasanya pada pengolah-pengolah besar menggunakan gorengan vakum untuk menggoreng keripik. Itu lantaran memudahkan  saat meniriskan Nangka agar tidak terlalu banyak mengandung minyak.  Namun bagi  kamu yang tidak memiliki gorengan vakum maka juga bisa menggunakan wajan biasa. 

Saat proses penggorengan harus menggunakan minyak yang banyak. Hal ini dilakukan untuk memastikan buah nangka terendam seluruhnya kedalam minyak. Dan proses penggorengan ini juga dilakukan dengan api yang besar. 

Kemudian goreng nangka sampai benar-benar kering dan matang. Kematangan ini dit Andai dengan sudah berkurangnya buih pada minyak 

4. Angkat dan tiriskan

Resep Keripik Nangka Lampung, Enak dan KrispiKeripik Nangka, Oleh-Oleh Khas Lampung (makananlampung.com)

Kemudian angkat dan tiriskan keripik yang sudah digoreng. Dan tiriskan dahulu sampai benar-benar tidak ada minyak yang menetes atau sudah kering. 

Tahap terakhir adalah proses penyimpanan. Simpan keripik nangka dalam wadah yang kedap udara atau juga dengan plastik. Hal ini dikarenakan untuk menjaga keripik nangka tetap renyah saat dimakan. 

Baca Juga: Resep Pisro Khas Lampung, Menggugah Selera

Bagaimana? Menarik bukan proses pembuatannya. Meskipun sedikit rumit tetapi  kamu tetap bisa mencobanya di rumah. Karena tidak ada bahan yang sulit untuk didapatkan. Dan juga  kamu bisa mencoba dengan menjual hasil dari olahan buah nangka ini. Selamat mencoba. 

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya