Comscore Tracker

Resep Gabing Khas Lampung, Masakan Cita Rasa Unik

Hayo, kamu sudah pernah makan belum?

Mungkin tidak semua orang mengenal Gabing. Gabing merupakan makanan khas daerah Lampung. Makanan ini terbuat dari batang kelapa yang masih muda. Rasa dari makanan ini juga sangat unik. 

Rasa dari batang kelapa manis dan juga asin saat digigit. Proses pembuatannya pun tidak sulit. Gabing ini merupakan makanan berkuah, bukan camilan.

Berikut ini bahan- bahan dan langkah pembuatan gabing. 

Baca Juga: Resep Gulai Taboh, Kuliner Lampung Cita Rasa Ikan Santan Gurih

1. Bahan dibutuhkan

Resep Gabing Khas Lampung, Masakan Cita Rasa Unikfimela.com

Dalam proses pembuatan gabing ini, membutuhkan beberapa bahan seperti; batang kelapa muda, santan kental dari kelapa, bumbu opor, 7 cabai rawit, ¼ udang dan juga 1 gram cepokak. Kamu juga bisa menambahkan ayam ataupun daging sesuai selera.

Jika bahan-bahan yang dibutuhkan sudah siap semua. maka bisa langsung mulai memasak gabing lezat ini.  Cara memasaknya, parut kelapa yang sudah dibeli. Kemudian tambahkan air ke dalam parutan kelapa. Lalu  peras kelapa dengan saringan guna mendapatkan santan yang kental dan gurih. 

Selanjutnya potong batang kelapa muda dengan ukuran sedang atau potong sesuai selera. Atau bisa juga dilakukan dengan diiris tipis-tipis. 

2. Cuci semua bahan

Resep Gabing Khas Lampung, Masakan Cita Rasa UnikReuters.com/Sarah Meyssonnier

Sebelum memasak apapun ada baiknya kita mencuci dahulu semua bahan yang ada. Karena tidak semua sayuran dan bahan lainnya terbebas dari kuman. Terutama jika ingin memasak protein hewani.  

Tahap berikutnya adalah rebus batang kelapa muda yang sudah di cuci dan di iris. Serta tunggu sampai mendidih. Setelah mendidih lalu angkat dan tiriskan batang kelapa muda tersebut. Pastikan batang kelapa muda sudah benar-benar empuk dan bisa untuk dimakan. 

Setelah itu panaskan air di dalam panci dan kemudian masukkan bumbu opor. Tambahkan juga santan yang terbuat dari kelapa asli dan tambahkan cabai rawit utuh serta udang dan ayamnya. Tambahkan juga gula dan garam sebagai pelengkap. Atau bisa juga menambahkan penyedap rasa sesuai selera. 

3. Tunggu sampai mendidih dan cicipi

Resep Gabing Khas Lampung, Masakan Cita Rasa UnikGabing (instagram.com/brklu_dicelsna)

Tunggu sampai mendidih kemudian cicipi rasa. Jika kurang pas maka bisa menambahkan penyedap rasa dalam masakan. 

Setelah koreksi rasa maka siapkan wadah untuk menyajikan. Disajikan dengan nasi hangat dan juga kerupuk akan semakin menambah cita rasa dari gabing tersebut. Dan membuat selera makan bertambah. 

Kamu bisa mencoba makanan ini jika sedang berwisata ke daerah Lampung. Jangan sampai melewatkan makanan lezat ini. dan bagi Anda para ibu rumah tangga diluar sana. 

Jika sudah kehabisan ide memasak. Maka gabing ini wajib untuk dicoba di rumah sebagai menu masakan baru. Kamu juga bisa mengkreasikan masakan ini menjadi hidangan yang lebih nikmat untuk dinikmati bersama keluarga. 

Baca Juga: Resep Kue Sekubal Khas Lampung, Sekilas Mirip Lontong

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya