Comscore Tracker

5 Tempat Destinasi Wisata Wajib Dikunjungi di Tanggamus Lampung

Mulai dari pantai, bukit, hingga bendungan

Tanggamus, IDN Times - Kamu berencana liburan di Lampung gak ada salahnya guys berkunjung ke salah satu Kabupaten Tanggamus. Pasalnya, Kabupaten terdiri dari wilayah pegunungan, daratan tinggi, dan lautan ini memiliki segudang kekayaan alam luar biasa dan istimewa.

Tentunya, kabupaten dengan ibukota Kota Agung tersebut juga menawarkan objek wisata cukup banyak, dengan masing-masing daya tariknya tersendiri.

Berikut IDN Times rangkum 5 tempat wisata di Tanggamus bisa dipertimbangkan untuk dikunjungi para wisatawan.

1. Teluk Kiluan

5 Tempat Destinasi Wisata Wajib Dikunjungi di Tanggamus LampungLumba-lumba Teluk Kiluan (Instagram/fahmimahfuzh)

Teluk Kiluan terletak di Bumi Sari Natar, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung. Objek wisata ini tidak hanya memberikan pesona indahnya pantai, namun wisatawan juga bisa merasakan wisata bahari lainnya.

Misalnya, melihat lumba-lumba, penikmati pemandian air asin di Laguna, hingga snorkeling terumbu karang. Menariknya lagi, jika kamu sedang beruntung bisa melihat dan mendekati lumba-lumba Teluk Kiluan secara dekat.

Bahkan, kamu juga berkesempatan mengelus punggung salah satu hewan mamalia lucu tersebut. Bagaimana dengan akomodasi? 

Tak perlu khawatir, lantaran warga setempat sudah banyak menawarkan penginapan dan transportasi perahu nelayan guna menuju ke habitat lumba-lumba Teluk Kiluan.

2. Air Terjun Way Lalaan

5 Tempat Destinasi Wisata Wajib Dikunjungi di Tanggamus LampungAir Terjun Way Lalaan (Instagram/ajengdyahkurmala_)

Air terjun Way Lalaan pernah dinobatkan sebagai destinasi wisata terpopuler di Tanggamus dan paling banyak dikunjungi para wisatawan dari dalam dan luar Provinsi Lampung.

Air terjun tinggi sekitar 11 meter ini berada di kaki gunung Tanggamus atau tepatnya di Desa Kampung Baru, Kecamatan Kota Agung Timur, Kabupaten Tanggamus. Para pengunjung juga tak perlu mengkhawatirkan akses di tempat wisata.

Itu lantaran, lokasinya sudah dibangun tangga beton dibuat pada zaman kolonial Belanda sekitar 1937.

Di sana, para wisatawan bisa merasakan suasana berada di daerah pegunungan, dengan hembusan udar segar serta diiringi deruan suara air terjun tak henti-hentinya.

Baca Juga: Awan, Peserta LIDA 2021 Asal Tanggamus Lampung Berprofesi Security

3. Bukit Idaman atau Bukit Singkek

5 Tempat Destinasi Wisata Wajib Dikunjungi di Tanggamus LampungBukit Idaman (Instagram/shintiaanggraini_)

Bukit Idaman atau dulu disebut Bukit Singkek mungkin belum begitu akrab di telinga wisatawan. Pasalnya, tempat ini memang belum lama diresmikan oleh pemerintah setempat.

Namun, destinasi berada di Desa Gisting Atas, Gisting, Kabupaten Tanggamus ini sangat cocok dikunjungi bersama keluarga saat berakhir pekan, atau kala memasuki waktu libur panjang.

Menariknya lagi, bukit di daerah ketinggian tersebut punya beberapa spot foto menarik dan sangat instagramable. Tak ayal, Bukit Idaman ini pun menjadi wisata kekinian ala kaum millenial.

4. Pantai Gigi Hiu

5 Tempat Destinasi Wisata Wajib Dikunjungi di Tanggamus LampungPanti Gigi Hiu (Instagram/yunita_Irst)

Pantai Gigi Hiu sedikit berbeda dengan wisata pantai umumnya, yang dikenal berkat hamparan pasir landai nan luas. Objek wisata ini justru hanya memiliki wilayah pasir yang sedikit.

Itu dikarenakan sepanjang pesisir pantai, dipenuhi hamparan bebatuan karang yang artistik dan tersusun secara alami. Tak pelak, Pantai Gigi Hiu dengan keeksotisannya menggosa para pengunjung untuk segera mengabadikan pemandangan dengan kameranya masing-masing.

Sanking menariknya, Pantai Gigi Hiu tidak hanya dikunjungi oleh wisatawan lokal. Namun juga dari mancanegara yang ingin berburu foto suasana pantai berbeda.

Namun sayangnya, wisata di Pekon Susuk, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus ini belum dilengkapi fasilitas penunjang pariwisata seperti halnya penginapan atau restoran. Namun kamu masih bisa menyewa rumah warga sekitar layaknya homestay.

5. Bendungan Batu Tegi

5 Tempat Destinasi Wisata Wajib Dikunjungi di Tanggamus LampungBendungan Batu Tegi (Instagram/ririnayu_putri)

Objek wisata ini berlokasi di Desa Lebuay Datar, Kecamatan Air Naningan, Kabupaten Tanggamus. Bendungan Batu Tegi dibangun sejak 1995 dan baru rampung setelah melewati pembangunan selama 9 tahun.

Letak Bendungan Batu Tegi berada di antara dua bukit tinggi, serta mengorbankan bukit yang lebih rendah untuk ditenggelamkan. Kabarnya, bendungan ini merupakan yang terbesar se-Asia Tenggara yang mampu menampung air sebanyak 9 juta meter kubik.

Bendungan ini berguna memenuhi sarana pembangkit tenaga listrik, yang juga dikembangkan untuk sarana tujuan tempat wisata. Namun perlu diingat, jika hendak berkunjung baiknya datang pada pagi atau sore hari.

Itu dikarenakan siang hari di lokasi ini cukup panas dan tidak ada tempat berteduh, serta dikala malam hari Bendungan Batu Tegi pun ditutup.

Nah, itulah sederet tempat wisata di Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung dengan berbagai macam sensasinya tersendiri. Jika kamu pernah berkunjung ke sejumlah tempat di atas atau ke lokasi wisata lainnya yuk tuliskan pengalamanmu di kolom komentar ya.

Ups, jangan lupa juga saat berkunjung ke tempat wisata manapun kalian harus tetapp mematuhi protokol kesehatan COVID-19 ya guys!

Nah, itulah sederet tempat wisata di Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung dengan berbagai macam sensasinya tersendiri. Jika kamu pernah berkunjung ke sejumlah tempat di atas atau ke lokasi wisata lainnya yuk tuliskan pengalamanmu di kolom komentar ya.

Jangan lupa juga saat berkunjung ke tempat wisata manapun kalian harus tetappl mematuhi protokol kesehatan COVID-19 ya guys!

Baca Juga: 5 Wisata Bukit Viral Lampung, Bisa Jadi Referensi Foto Instagramable

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya