Comscore Tracker

Cocok Liburan Bareng Keluarga, 5 Wisata Edukasi Lampung Murah Meriah

Biaya masuk yang sangat terjangkau

Bandar Lampung, IDN Times- Siapa yang tidak suka berwisata, apalagi kalau bersama dengan keluarga. Kali ini IDN Times akan merekomendasikan kamu lima tempat wisata edukasi ada di Lampung.

Konsep wisata ini masih alami, asri dan udara yang sejuk. Terpenting bisa sekaligus menjadi sarana edukasi. Tentunya dengan biaya masuk yang sangat terjangkau. 

Yuk simak selengkapnya di bawah ini. 

1. Taman Kupu-kupu Gita Persada

Cocok Liburan Bareng Keluarga, 5 Wisata Edukasi Lampung Murah MeriahArea penangkaran kupu-kupyu di taman kupu-kupu gita persada (Web/Lampung Wisata)

Menjadi satu-satunya penangkaran kupu-kupu di Sumatera, Taman Kupu-kupu Gita Persada sudah ada sejak 1997.  Ada sekitar 188 kupu-kupu yang ada di taman ini, sehingga tak hanya menjadi tempat rekreasi tapi juga sebagai sarana pendidikan.

Selain kupu-kupu yang masih hidup, di sini juga memiliki 140-an koleksi kupu-kupu yang sudah diawetkan sejak tahun 1997. Tak kalah menyenangkan adalah, kamu juga bisa melihat proses metamorphosis mulai dari telur sampai menjadi kupu-kupu. 

Taman berlokasi di Jalan Wan Aburrahman, Desa Suka Manis, Kecamatan Kemiling, Kota Bandar Lampung ini juga dilengkapi area playground, rumah pohon, dan berbagai spot foto yang instagramable serta kafe yang menyediakan makanan lengkap dengan minumannya. Jadi kamu tak perlu takut kelaparan usai mengelilingi taman ini.

Untuk tiket masuk, cukup membayar Rp10 ribu per orang kamu tidak akan rugi karena biaya itu sudah termasuk fasilitas yang ada di dalam taman Gita Persada. Jam operasional mulai dari pukul 07.00 WIB  sampai pukul 17.00 WIB.

2. Penangkaran rusa Tahura

Cocok Liburan Bareng Keluarga, 5 Wisata Edukasi Lampung Murah Meriah(Web/berwisata)

Selain kupu-kupu, Bandar Lampung juga memiliki lokasi penangkaran rusa yang digunakan sebagai konservasi, penelitian, pendidikan, serta menambah pengetahuan masyarakat tentang jenis-jenis satwa.

Lokasinya berdekatan dengan Taman Kupu-kupu Gita Persada di Jalan Wan Aburrahman, Desa Suka Manis, Kecamatan Kemiling, Kota Bandar Lampung. Tiket masuk ke penangkaran rusa sangat murah, hanya Rp5 ribu per orang. Sedangkan untuk pelajar yang membawa rombongan hanya dikenakan biaya Rp3 ribu.

Di sini juga tersedia paket edukasi sehingga pengunjung bisa mendapatkan informasi dari pemandu wisata. Biaya paket edukasi ini Rp20 ribu sudah termasuk panduan, makanan rusa dan cenderamata.

Baca Juga: Mengulik Situs Purbakala Zaman Megalitik di Lampung, Jadi Spot Wisata

3. PKK Agropark Lampung

Cocok Liburan Bareng Keluarga, 5 Wisata Edukasi Lampung Murah MeriahWisata Agropark Lampung Selatan (IDN Times/Silviana)

Dari Kota Bandar Lampung, kita berkunjung dulu ke wisata PKK Agropark Lampung. Tepatnya berlokasi di Desa Sabah Balau, Kecamatan Tanjung Bintang, Kabupaten Lampung Selatan. Lokasinya hanya beberapa meter dari Lapangan Golf Sukarame, Bandar Lampung.

Lahan seluas 10 hektare ini ditanami berbagai macam tanaman mulai dari sayuran, buah-buahan hingga jenis-jenis bunga. Sehingga tak hanya cocok untuk berswafoto tapi bisa sekaligus menjadi sarana edukasi bagi pengunjung.

Tiket masuk yang dibanderol sebesar Rp3 ribu, sedangkan biaya parkir motor Rp2 ribu dan Rp5 ribu untuk biaya parkir mobil. Kamu bisa berkunjung ke taman ini Senin-Jumat pukul 08.00-16.00 WIB. Sedangkan pada akhir pekan buka hingga pukul 17.00 WIB.

Taman ini memang masih dalam tahap pengembangan sehingga masih banyak spot-spot yang belum terisi. Seperti taman kelinci, peternakan dan berbagai tanaman yang masih dalam tahap pertumbuhan.

4. Taman Wisata Lembah Hijau

Cocok Liburan Bareng Keluarga, 5 Wisata Edukasi Lampung Murah MeriahIDN Times/Istimewa

Objek wisata ini tak hanya terkenal di Lampung saja. Di luar Lampung pun cukup terkenal karena Taman Wisata Lembah Hijau (TWLH) memang cocok dijadikan sebagai tempat wisata keluarga. Selain lahan yang luas, wahana permainan di sini juga cukup banyak. Sehingga penunjung tak akan bosan.

Selain itu, pengunjung juga bisa melihat satwa-sata yang dilindungi seperti beragam jenis burung, gajah, beruang madu, orang utan  dan harimau Sumatera. Usai melihat-lihat satwa, kamu bisa beralih ke wahana ke rumah hantu, dan berenang di waterboom.

Lokasinya tidak jauh dari pusat kota Bandar Lampung tepatnya berada di Sukadana Ham, Kecamatan Tanjungkarang Barat, Kota Bandar Lampung. Tiket masuk dibanderol sebesar Rp15 ribu.

5. Taman Nasional Way Kambas

Cocok Liburan Bareng Keluarga, 5 Wisata Edukasi Lampung Murah MeriahPenampilan atraksi gajah (Web/Taman Nasional Way Kambas)

Lampung juga memiliki taman nasional yang menjadi sekolah gajah pertama di Indonesia. Meski terkenal sebagai tempat penangkaran gajah, di taman ini juga terdapat satwa lain seperti harimau sumatera, badak, dan beberapa satwa langka lain.

Tak hanya terkenal secara nasional, beberapa peniliti dari luar negeri juga pernah melakukan penelitian tentang satwa Sumatera di taman ini. Gajah-gajah yang mulanya liar akan terlatih dan menampilkan atraksinya di depan para pengunjung. Seperti bermain sepak bola, menari, berenang, berjabat tangan, dan berbagai gaya lainnya.

Dibuka mulai pukul 8.00 WIB hingga 18.00 WIB, tiket masuk yang dibanderol sebesar, Rp7.000 per orang . Tak hanya sekadar wisata kamu juga bisa mengenal lebih banyak tentang satwa dilindungi. Lokasi taman ini berada di Desa Raja Basa Lama, Kecamatan Labuhan Ratu, Kabupaten Lampung Timur.

Baca Juga: 5 Pantai di Lampung Namanya Unik, Ada Tapak Kera hingga Teluk Hantu

Topic:

  • Silviana
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya