Comscore Tracker

Bakal Ada yang Beda di Taman Wiskul UMKM Bung Karno Minggu Ini!

Kira-kira apa ya?

Bandar Lampung, IDN Times - Pemerintah Kota Bandar Lampung imbau masyarakat Kota Bandar Lampung meramaikan Taman Wisata Kuliner UMKM Bung Karno Gatot Subroto saat event  APEKSI 2022 (28-29 Mei 2022). Itu karena akan disiapkan lebih banyak hadiah untuk doorprize.

Hal itu disampaikan Kepala Perindustrian Kota Bandar Lampung, Adiansyah, Kamis (26/5/2022).

“Pokoknya sudah kita siapkan hadiahnya, bahkan lebih banyak dari sebelumnya. Jadi kami memang mengharapkan masyarakat dapat hadir di Taman UMKM Bung Karno akhir pekan ini,” katanya.

1. Pemkot siapkan tiga panggung hiburan semarak APEKSI 2022

Bakal Ada yang Beda di Taman Wiskul UMKM Bung Karno Minggu Ini!Kepala Dinas Perindustrian Kota Bandar Lampung, Adiansyah. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Selain bertabur doorprize, dalam rangka menyambut 98 walikota di Indonesia tersebut, Adiansyah menyampaikan, di Taman Wisata Kuliner UMKM Bung Karno akan disiapkan tiga panggung hiburan selama APEKSI 2022.

“Selama ini mungkin kan masyarakat lama tidak bisa menikmati hiburan karena COVID-19, nah di sini kami sediakan dan untuk siapapun silahkan saja datang ke ekspo kita, disitukan selain ada stand dari kota sendiri juga ada dari luar Lampung,” katanya.

Diketahui selain stand UMKM dari dalam daerah, dalam acara APEKSI 2022 nanti juga akan disediakan stand-stand dari rombongan walikota seluruh Indonesia.

Baca Juga: Pol PP Minta Masyarakat Tak Beri Uang ke Anjal dan Gepeng

2. Wali kota, menteri dan delegasi APEKSI 2022 akan berkeliling Taman Wisata Kuliner UMKM Bung Karno

Bakal Ada yang Beda di Taman Wiskul UMKM Bung Karno Minggu Ini!Pedagang di Taman Wisata Kulinet UMKM Bung Karno Bandar Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Ia melanjutkan, setelah acara gowes sepeda pagi bersama (28/5/2022), seluruh peserta APEKSI terdiri dari walikota se-Indonesia, jajaran menteri, dan delegasi tiap kota akan jalan-jalan mengunjungi Taman Wisata Kuliner UMKM Bung Karno di Gatot Subroto.

“Sabtu kan kita ada gowes dahulu menuju Taman UMKM kita, dari RRI itu mereka akan jalan kaki menuju UMKM, mereka bisa belanja dan lihat-lihat gitu. Baru setelah itu menuju rumah dinas untuk sarapan,” jelas Adiansyah.

Selain itu, akan disediakan foto booth diacara tersebut, pelayanan disdukcapil seperti kepengurusan dokumen kependudukan secara gratis, pelayanan kesehatan seperti vaksinasi, cek gula darah dan asam urat, juga perpustakaan keliling.

3. Tak hanya menjual makanan saja tapi juga kerajinan Lampung

Bakal Ada yang Beda di Taman Wiskul UMKM Bung Karno Minggu Ini!UMKM Alyn Tapis, Bandar Lampung. (IDN Times/Istimewa)

Adiansyah melanjutkan, selain di Taman Wisata Kuliner UMKM Bung Karno, ada pula ekspo yang akan digelar di dalam Gedung Graha Wangsa pada Jumat (27/5/2022). Ekspo di dalam gedung tersebut tak hanya menyediakan UMKM makanan dan minuman saja, tapi juga melibatkan UMKM kain tradisional dan kerajinan khas Lampung.

“Selain di Taman UMKM Bung Karno, kita juga kan ada ekspo yang menampilkan IKM di dalam gedung. Nah ini nanti kita tak hanya tampilkan produk saja, tapi juga demo membuat tapis dan batiknya,” ujarnya.

Selain itu, Ia menambahkan akan ditampilkan juga program unggulan dari pemerintah kota misalnya pembangunan Kota Bandar Lampung dalam 10 tahun terakhir.

“Selain pembangunan juga ada program pendidikan, kesehatan, dan pariwisata juga. Misalnya di dalam kota kita ada wisata apa saja, visualnya nanti akan kita tonjolkan,” ujarnya.

4. APEKSI ajang memperkenalkan makanan khas Lampung ke seluruh negeri

Bakal Ada yang Beda di Taman Wiskul UMKM Bung Karno Minggu Ini!Segubal, makanan khas Lampung di Taman Wisata Kulinet UMKM Bung Karno Bandar Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Sebagian besar stand dari luar Bandar Lampung juga diminta untuk menyajikan jajanan khas dari kota masing-masing. Sehingga, Adiansyah berharap APEKSI ini juga bisa menjadi ajang memperkenalkan makanan khas ke seluruh negeri.

“UMKM kita kan selama ini terdampak pandemi COVID-19 dan saat ini sedang mulai bangkit. Event nasional ini sekaligus bisa memperkenalkan makanan khas kita kepada banyak orang. Kita juga bisa saling tahu makanan dan kerajinan kota lain,” katanya.

Ia menyebutkan, agenda seminar dalam APEKSI 2022 memang tidak dibuka untuk umum. Namun masyarakat masih bisa menikmati acara di luar seminar di Graha Wangsa Jumat (27/5) nanti.

“Karena selain stand dari kota lain, ada beberapa kota juga yang mau ngisi di acara eksponya. Apalagi Pak Predisen sudah memperbolehkan tidak pakai masker di luar ruangan. Kalau sehat silakan datang, ini menjadi kesempatan kita dan harapan kita ke depannya semakin lebih baik lagi,” tutupnya.

Baca Juga: Pemkot Balam Klarifikasi Mobil Alphard untuk Wali Kota Medan Bobby

Topic:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya