Comscore Tracker

Pantai Gigi Hiu Tanggamus Lampung, Pesona Batu Karang Memukau

Ada batu karang menjulang hingga 10 meter

Tanggamus, IDN Times - Masyarakat Lampung mungkin sudah tidak asing lagi dengan Pantai Gigi Hiu. Ya, pantai ini menyuguhkan pesona alam yang sangat memukau dengan jajaran batu karang yang tersebar di sepanjang pantai. Batuan karang tersebut menjadikan pantai ini berbeda dengan pantai lainnya.

Keindahan alam pantai gigi hiu membuat tempat ini tidak hanya terkenal di kalangan wisatawan lokal melainkan juga terkenal di kalangan wisatawan mancanegara. Tidak heran jika banyak wisatawan mancanegara yang terbuai akan keindahan pantai ini.

Batuan karang yang terdapat dalam pantai Gigi Hiu seolah tumbuh dari dasar bumi yang menampilkan kesan fotogenik dan unik. Perlu diketahui bahwa karang tersebut menjulang tinggi dari dasar pantai, bahkan ada yang mencapai 10 meter.

1. Asal mula nama

Pantai Gigi Hiu Tanggamus Lampung, Pesona Batu Karang Memukauwww.bappelitbang.tanggamus.go.id

Pantai gigi hiu dinamakan demikian karena keberadaan batuan karang yang menjulang tajam layaknya deretan gigi ikan hiu. Bahkan, pantai ini tidak hanya disebut sebagai pantai gigi hiu saja melainkan pantai batu layar. Hal ini dikarenakan adanya deretan batu yang menjulang layaknya perahu layar.

Munculnya batuan karang di pantai ini masih menyimpan misteri. Namun yang pasti, pemandangan alam yang disuguhkan di pantai ini tidak bisa dijelaskan dengan kata-kata. Bahkan siapapun yang berkunjung ke pantai ini akan terbuai oleh keindahannya.

Baca Juga: Pesona Debur Ombak di Pantai Pesisir Barat, Surganya Peselancar Dunia

2. Lokasi

Pantai Gigi Hiu Tanggamus Lampung, Pesona Batu Karang MemukauInstagram.com/andree_neru

Jika kamu  ingin berkunjung ke pantai ini,lokasinya di Desa Kelumbayan, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung. 

Rute Menuju Pantai Gigi Hiu

Untuk menuju Pantai Gigi Hiu terdapat dua jalur yang bisa Anda lewati yaitu:

  •  Jalur Teluk Kiluan

Jalur Teluk Kiluan dimulai dari arah Bandar Lampung. Di sin perlu menempuh perjalanan sekitar 80 km. Sebelum menuju Pantai Gigi Hiu, akan melewati Teluk Kiluan. Namun, perlu diketahui jalan yang dilewati melalui teluk ini tidak semuanya jalan bagus. Masih ada beberapa jalan yang terbuat dari tanah dan berbatu sehingga berpotensi licin saat hujan turun.

Untuk itu, jika berniat melewati jalur ini, perlu perjuangan yang lebih dan kendaraan mumpuni karena akses jalannya yang kurang bagus.

  • Jalur Padang Cermin

Jalur Padang Cermin rute yang dilalui menuju Bawang dan tiba di Kampung kelumbayan. Jalur ini sama halnya dengan jalur yang dilewati melalui teluk kiluan. Namun, jika dilihat dari segi waktu, jalur ini dinilai lebih cepat sampai dibandingkan jalur sebelumnya

3. Jam operasional dan tiket masuk

Pantai Gigi Hiu Tanggamus Lampung, Pesona Batu Karang Memukaupinterest.com

Jam operasional pantai ini dibuka setiap hari mulai pukul 06:00 hingga 17:00 waktu setempat. Tiket masuk yang ditawarkan kepada wisatawan domestik maupun mancanegara berbeda. Wisatawan lokal perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 20 ribu per orang. Sedangkan wisatawan mancanegara perlu membayar tiket masuk sebesar 40 ribu per orang.

4. Daya tarik

Pantai Gigi Hiu Tanggamus Lampung, Pesona Batu Karang Memukaupesona.travel.com

Tidak perlu diragukan lagi jika membicarakan daya tarik yang ditawarkan di Pantai Gigi Hiu. Bahkan banyak wisatawan yang terbuai dengan pesona keindahan alam di pantai ini. Adapun daya Tarik pantai ini yaitu:

  • Deretan batuan karang yang mengagumkan karena batuan ini muncul dari permukaan pantai dan menjulang ke atas dengan bentuk yang beragam. Sehingga batuan ini menambah kesan cantik dan eksotis dari pantai ini.
  • Pantai yang menyenangkan meski tidak bisa bermain pasir namun bisa menikmati keindahan alam dari batuan karang yang ada.
  • Cocok sebagai tempat untuk menenangkan diri karena pantai ini terbilang tersembunyi dan jarang dikunjungi wisatawan.
  • Ombak yang deras dan kencang memberikan kesan eksotis. Namun, tidak dapat berenang di pantai ini karena kondisi ombaknya.
  • Bisa melihat matahari terbenam dan matahari tenggelam.
  • Menjadi tempat yang fotogenik dan instagramable.

Baca Juga: Pantai Mbeach Lampung Selatan, Bikin Betah Seharian Liburan

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya