TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Bendungan di Lampung jadi Objek Wisata Alam, Pemandangan Menakjubkan

Ada bendungan terbesar se-Asia hingga cerita mitos

Ilustrasi bendungan. (Dok. PUPR)

Intinya Sih...

  • Bendungan Batu Tegi adalah bendungan terbesar di Lampung dan se-Asia Tenggara
  • Bendungan ini menawarkan pemandangan alam menakjubkan dan udara segar khas pegunungan
  • Bendungan Way Rarem adalah bendungan besar pertama di Provinsi Lampung dan menjadi bendungan tertua di Lampung

Bandar Lampung, IDN Times - Lampung memiliki kekayaan air melimpah ruah. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya sungai mengalir di Lampung.

Melimpahnya aliran air sungai membuat Provinsi berjuluk Bumi Ruwa Jurai ini memiliki banyak bendungan sebagai penampungan air dan pengerak pembangkit listrik. Menariknya, tak hanya berfungsi sebagai penopang sistem irigasi bagi pertanian,  pembangkit listrik ramah lingkungan, pengendali banjir, dan penyedia pasokan air bersih stabil, bendungan-bendungan di Lampung juga menjadi destinasi wisata alam menawarkan keindahan pemandangan dan berbagai aktivitas rekreasi air.

Seperti panorama matahari terbenam hingga pengalaman mendayung di permukaan air tenang. Berikut IDN Times rangkum 5 bendungan dijadikan objek wisata di Lampung.

1. Bendungan Batu Tegi, bendungan terbesar se-Lampung

instagram/bendunganbatutegi

Bendungan Batu Tegi terletak di Kecamatan Air Naningan, Kabupaten Tanggamus, Lampung. Bendungan ini mulai dibangun sejak 1995 dan diresmikan Presiden pada masa itu Megawati Soekarno Putri. Bendungan terbesar di Lampung bahkan se-Asia Tenggara ini dibangun untuk membendung aliran dari Sungai Sekampung.

Volume waduk terbentuk akibat dibangunnya bendungan ini mencapai sekitar 687,767 juta meter3, dengan luas permukaan air sebesar 16 km2. Bendungan ini berfungsi untuk memasok air ke PLTA dan mengairi lahan pertanian di hilirnya.

Saat ini, Bendungan Batu Tegi juga menjadi salah satu objek wisata menawarkan pemandangan alam menakjubkan dan udara segar khas pegunungan. Terletak di tengah wilayah rimbun dengan pepohonan dan asri, bendungan ini dikelilingi oleh lanskap menakjubkan.

Air jernih mengalir dengan tenang, memantulkan langit biru dan pepohonan sekitarnya. Pengunjung dapat menikmati panorama spektakuler dari tepi bendungan, terutama saat matahari terbit atau terbenam menciptakan pemandangan indah dengan warna-warna menyejukkan mata. 

Tak heran jika saat ini Bendungan Batu Tegi ramai didatangi oleh para pengunjung untuk sekadar bersantai dan menikmati suasana bendungan, ataupun hanya sekadar melakukan aktivitas berfoto ria.

2. Bendungan Way Sekampung, destinasi wisata baru di Pringsewu

Bendungan Way Sekampung Pringsewu (Instagram/bendungan_way_sekampung)

Bendungan Way Sekampung terletak di Pringsewu, Lampung. Bendungan ini mulai dibangun sejak 2016 dan baru diresmikan 2021 oleh Presiden Joko Widodo

Bendungan Way Sekampung terintegrasi dengan Batutegi dan Margatiga sehingga berfungsi untuk pengendalian banjir selain untuk irigasi pertanian. Fungsi lain dari Bendungan Way Sekampung ini adalah sebagai penyedia air baku untuk Kota Bandar Lampung, Kota Metro dan Kabupaten Lampung Selatan. 

Sejak pertama kali diresmikan, Bendungan Way Sekampung telah banyak diminati masyarakat sebagai objek wisata. Berdiri di antara lahan pertanian nan hijau membentang dan pemandangan bukit dikejauhan menjadikan bendungan ini memiliki keindahan menakjubkan tersendiri.

Ditambah dengan beberapa bangunan ikonik di sekitar wilayah bendungan, menjadikan Bendungan Way Sekampung memiliki banyak spot menarik bagi muda-mudi yang berkunjung ke Bendungan Way Sekampung ini. 

Baca Juga: Kampoeng Vietnam Bandar Lampung, Banyak Spot Estetik

3. Bendungan Tirta Shinta, bendungan kecil tempat rekreasi menarik warga Kotabumi

Potret Bendungan Tirta Shinta (Instagram/bendungantirtashinta)

Bendungan Tirta Shinta terletak di Desa Wonomarto, Kotabumi, Lampung Utara. Meskipun tidak sebesar Bendungan lainnya, Bendungan Tirta Shinta ini tetap menjadi objek wisata ramai dikunjungi banyak wisatawan.

Bendungan Tirta Shinta memiliki banyak objek wisata sekaligus pemandangan bendungan indah nan memanjakan mata. Bendungan Tirta Shinta terdapat kolam renang untuk anak-anak, sehingga orang tua dapat tenang mengawasi anaknya bermain di pinggir danau karena telah ada kolam renang khusus bagi anak-anak bermain air.

Selain kolam renang terdapat juga tempat karaoke, gazebo untuk bersantai sambil menikmati pemandangan dan suasana bendungan, ada bebekan dan perahu kecil untuk mengelilingi Bendungan. 

4. Bendungan Tirta Gangga, bendungan dengan latar belakang cerita mitos

Potret Bendungan Tirta Gangga (Instagram/ayo_ke_tirtagangga)

Bendungan Tirta Gangga berada di Desa Swastika Buanna (SB 13) Kecamatan Seputih Banyak, Kabupaten Lampung Tengah. Bendungan ini memiliki panormana memukau.

Air bendungan nampak hijau berpadu dengan rerumputan dan pepohona hijau mengelilingi bendungan. Bendungan ini memiliki daya tarik pada adanya daratan atau pulau di tengah bendungan.

Dikisahkan bendungan ini dahulunya, sang Bima diperintahkan oleh Guru Dorna untuk mencari Tirta Prawita Adi. Akhir kisah, setelah mengalahkan sang naga, Bima malah bertemu dengan Dewa Ruci dan mengetahui Tirta Prawita Adi sebenarnya tidak ada dan perintah Dorna tersebut hanya merupakan siasat licik untuk menyingkirkan Bima.

Tentu saja, akhirnya  patung di Bendungan ini dengan sejarahnya ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelancong. Daratan itu merupakan sebuah pura yang seolah seperti terapung di atas air.

Selain pura, Patung Bima juga bisa dijadikan sebagai objek foto untuk menambah kesan khas. Namun pengunjung tak bisa sembarangan memasuki area pura karena merupakan tempat ibadah.

Tapi jangan cemas, pengunjung tetap bisa menikmati pemandangan di sekitar sembari berfoto atau berselfie ria. Yang tidak boleh dilewatkan adalah sunset sore di bendungan ini.

Langit jingga di atas bendungan sangat eksotis. Sunset ini bisa dinikmati sore hari sekitar pukul lima sore. Danau ini juga cocok untuk digunakan sebagai lokasi piknik bersama keluarga sambil menikmati ketenangan dan keindahan bendungan Tirta Gangga.

Berita Terkini Lainnya