TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Situs UNESCO Memukau di Mongolia, Ada Berusia Ribuan Tahun!

Wajib masuk wishlist liburan

Orkhon valley (commons.wikimedia.org/Sergio Tittarini)

Intinya Sih...

  • Mongolia menawarkan pesona alam eksotis dengan gurun pasir dan padang rumput luas, serta situs warisan dunia UNESCO yang indah.
  • Great Burkhan Khaldun Mountain merupakan gunung suci yang menarik banyak pecinta alam, sementara Orkhon Valley memiliki keindahan alam dan situs arkeologi kuno.
  • Uvs Nuur Basin adalah habitat spesies langka dan destinasi migrasi burung, sedangkan Mongolian Altai Petroglyphic Complexes menyimpan lukisan kuno dan area pemakaman.

Mongolia menawarkan pesona alam eksotis jarang ditemukan di negara lain. Ini lantaran wilayahnya didominasi oleh gurun pasir serta padang rumput luas. Selain itu, Mongolia juga memiliki beberapa situs warisan dunia UNESCO sayang jika dilewatkan.

Sebagian besar situs UNESCO di Mongolia merupakan kawasan lindung yang menyuguhkan pemandangan yang indah. Cocok dikunjungi oleh para pecinta alam, berikut situs warisan dunia UNESCO terdapat di Mongolia. Yuk, cek daftarnya!

1. Great Burkhan Khaldun Mountain

Great Burkhan Khaldun Mountain terletak di wilayah Mongolia bagian timur. Dilansir dari laman Discoveraltai, Burkhan Kaldun merupakan gunung yang dianggap suci oleh warga setempat khususnya panganut agama Buddha. Berbagai ritual dilakukan di area ini mulai dari upacara hingga pemujaan.

Banyak dari para pecinta alam yang datang ke Great Burkhan Khaldun Mountain untuk menaklukkan gunung tersebut. Dibutuhkan perjalanan sejauh 20 kilometer agar bisa menuju puncak. Dari atas, kamu akan dapat melihat pemandangan alam sekitar yang memukau.

Baca Juga: 4 Gereja Paling Hits di Argentina, Ada Berwarna Pink!

2. Orkhon Valley

Orkhon Valley memiliki luas area 121.967 hektare persegi. Untuk menunju tempat ini, kamu harus menempuh perjalanan sejauh 320 kilometer dari ibu kota Ulan Bator. Rasa lelahmu akan langsung terbayarkan dengan keindahan alam yang disuguhkan.

Di sekitar area Orkhon Valley juga terdapat banyak situs arkeologi kuno berasal dari abad ke-6. Hal inilah yang menyebabkan lembah ini menjadi destinasi favorit bagi para arkeolog sedang berkunjung ke Mongolia. Sedangkan kegiatan paling sering dilakukan wisatawan adalah berkuda mengelilingi lembah. 

3. Uvs Nuur Basin

Uvs Nuur Basin merupakan situs warisan dunia pertama di Mongolia diakui oleh UNESCO. Situs ini resmi masuk dalam daftar UNESCO pada 2003. Cekungan ini berada di dalam danau Uvs Nuur yang memiliki wilayah perairan yang sangat luas.

Area di sekitarnya juga menjadi habitat dari berbagai spesies hewan langka mulai dari argali, snow leopard, ibex asia dan masih banyak lagi. Pada pergantian musim, banyak burung sedang melakukan perjalanan migrasi singgah di sini. Dengan keindahan alamnya yang menakjubkan menjadi magnet bagi para fotografer.

Verified Writer

IDTM

Hidup itu mudah jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya