3 Panduan Dasar Football Manager 2024 untuk Pemula, Jadilah Juara!

Meniti karier sebagai manajer sepakbola profesional di FM24

Football Manager 2024 telah hadir sejak 6 November 2023. Games ini mendapatkan respons positif dari para pemain dan kritikus.

Itu lantaran, game ini dianggap memiliki aspek-aspek baru dalam simulasi manajer sepakbola. Bukan hanya menyenangkan bagi pemain yang telah lama memainkan Football Manager, tapi juga bagi pemain baru yang ingin mencoba merasakan sensasi mengelola tim sepakbola dengan sensasi yang realistis.

Memulai Football Manager 2024 bisa menjadi pengalaman mengasyikkan bagi para pemain baru. Namun bagi sebagian orang, untuk memulai game ini terkadang membingungkan karena di dalamnya terdapat mekanika permainan yang cukup kompleks.

Gameplay Football Manager tidak sama dengan Career Mode di FIFA atau Master League di PES. Sebab, game ini memberikan sistem gameplay sangat mendetail, sehingga sangat mirip dengan mengelola tim sepakbola yang asli. Berikut panduan untuk membantu kamu memulai game Football Manager 2024.

1. Sebaiknya memilih tim dari liga bawah terlebih dahulu

3 Panduan Dasar Football Manager 2024 untuk Pemula, Jadilah Juara!logo Football Manager 2024 (dok. Sports Interactive/Football Manager 2024)

Langkah pertama adalah memilih liga dan klub yang ingin kamu kelola. Ada banyak liga dan klub yang tersedia dalam Football Manager 2024.  Mulai dari liga-liga top Eropa hingga liga-liga kecil di seluruh dunia.

Pertimbangkan faktor-faktor seperti tingkat kesulitan, anggaran transfer, dan ambisi klub saat membuat keputusan. Sebagian pemain yang sudah berpengalaman menyarankan untuk jangan langsung mengelola tim besar, karena tekanannya juga sangat tinggi sehingga kurang cocok bagi pemain yang belum berpengalaman sama sekali.

Kamu bisa memulai dari liga kasta kedua atau ketiga terlebih dahulu untuk mencari pengalaman. 

2. Pelajari cara memilih dan melatih pemain

3 Panduan Dasar Football Manager 2024 untuk Pemula, Jadilah Juara!poster Football Manager 2024 (dok. Sports Interactive/Football Manager 2024)

Setelah memilih klub, kamu perlu membangun skuad. Kamu dapat melakukan ini dengan merekrut pemain baru dari pasar transfer. Di Football Manager 2024, ada berbagai cara untuk menemukan pemain yang tepat untuk tim. 

Kamu bisa memilih berbagai pertimbangan aspek seperti menggunakan laporan pencari bakat, menonton pertandingan, dan berbicara dengan agen pemain. Selain itu, penting untuk melatih pemain agar mereka mencapai potensi tertinggi.

Kamu dapat melakukan ini dengan mengatur sesi latihan dan menyusun rencana latihan. Kamu juga bisa memberikan penilaian individu kepada setiap pemain untuk membantu mereka meningkatkan potensi dan skill

3. Memahami strategi permainan sepakbola dan menerapkan taktik

3 Panduan Dasar Football Manager 2024 untuk Pemula, Jadilah Juara!gameplay Football Manager 2024 (dok. Sports Interactive/Football Manager 2024)

Pelajari konsep dasar taktik sepakbola seperti formasi, peran pemain dan gaya permainan untuk memahami bagaimana mereka berinteraksi dalam pertandingan. Taktik yang kamu terapkan akan menentukan cara tim bermain di lapangan. Ada berbagai taktik yang tersedia dalam game ini dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. 

Kamu bisa bereksperimen dengan beragam taktik guna menemukan apa yang paling cocok untuk tim. Setelah kamu membangun skuad dan menyusun taktik permainan, saatnya untuk bertanding. Kamu akan bertanggung jawab untuk membuat keputusan selama pertandingan, seperti pergantian pemain dan perubahan strategi. 

4. Tips bermain

3 Panduan Dasar Football Manager 2024 untuk Pemula, Jadilah Juara!Ilustrasi Football Manager 2024. (Dok. Sports Interactive)

Berikut adalah beberapa tips tambahan bermain Football Manager 2024:

  • Kendalikan pengeluaran klub dengan bijak. Jangan menghabiskan uang terlalu cepat dan pastikan untuk mengelola gaji pemain secara efisien.
  • Fokus pada pengembangan pemain melalui pelatihan. Sesuaikan program latihan untuk meningkatkan keterampilan dan kondisi fisik pemain.
  • Pantau pasar pemain muda untuk menemukan bakat potensial. Investasikan waktu dalam pengembangan akademi untuk masa depan klub.
  • Pilih pemain sesuai dengan kebutuhan tim.
  • Pertimbangkan harga, usia, dan peran pemain sebelum melakukan transfer.
  • Pastikan pemain dalam kondisi fisik yang baik sebelum pertandingan.
  • Rotasi pemain untuk mencegah kelelahan yang berlebihan.
  • Berikan pujian atau kritik kepada para pemain dengan bijak.
  • Kelola jadwal dengan hati-hati, terutama dalam periode sibuk. Rotasi pemain dan strategi taktik dapat disesuaikan dengan pertandingan yang akan datang.

Football Manager 24 adalah game yang kompleks dan mungkin akan membosankan bagi sebagian orang. Namun bagi orang yang suka sekali dengan sepakbola dan sudah paham dengan dasar-dasar permainan, maka game ini akan membuat pemainnya lupa waktu. Selamat meniti karier sebagai manajer sepakbola profesional! 

Hilman Azis Photo Community Writer Hilman Azis

Seorang penulis yang menyukai berbagai hal termasuk budaya populer.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya