TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Rekomendasi HP Terbaik 2024 untuk Fotografer dan Videografer

Gak semua smartphone bisa menghasilkan gambar berkualitas!

potret Huawei Pura 70 Ultra (consumer.huawei.com)

Intinya Sih...

  • Huawei Pura 70 Ultra dengan tiga kamera belakang beresolusi tinggi, mendukung fitur PDAF, OIS, dan optical zoom, serta mampu merekam video 4K dan 1080p.
  • iPhone 15 Pro Max memiliki tiga lensa belakang dengan teknologi canggih, seperti dual pixel PDAF, sensor-shift OIS, optical zoom, dan perekaman video hingga 4K@60fps.
  • OPPO Find X7 Ultra memiliki empat kamera belakang dengan resolusi tinggi dan teknologi terbaru Hasselblad Color Calibration, serta mampu merekam video hingga 4K@60fps dengan fitur lengkap.

Para pecinta fotografi kini tak melulu menggunakan kamera digital yang berat dan ribet untuk menangkap momen. Ya, kamu bisa beralih menggunakan smartphone karena kualitas gambar dan videonya sudah bisa disandingkan dengan kamera digital sebagus apapun.

Meski begitu, gak semua smartphone memiliki kualitas yang bagus. Oleh karena itu, dibutuhkan alat untuk mengukur smartphone mana saja yang memiliki spesifikasi kamera paling bagus.

Dilansir DxOMark, berikut ini adalah lima smartphone dengan kualitas kamera paling baik 2024.

1. Huawei Pura 70 Ultra

Huawei Pura 70 Ultra adalah smartphone flagship yang memang mengunggulkan spesifikasi kamera. HP ini punya tiga kamera belakang masing-masing beresolusi 50MP (wide), 50MP (telephoto), dan 40MP (ultrawide).

Lalu untuk kamera depan, ada satu lensa 13MP. Di website DxOMark, Huawei Pura 70 Ultra adalah smartphone dengan kamera terbaik yang dapat skor di angka 163.

Resolusinya memang rendah, tetapi fitur-fiturnya sangat banyak. Kamera utama Huawei Pura 70 Ultra mendukung PDAF, laser AF, sensor-shift OIS, dan retractable lens. Kamera telephoto mendukung fitur PDAF (5cm), OIS dan 3.5x optical zoom.

Lalu kamera ultrawide mendukung fitur AF. Terakhir untuk videografi, resolusi video yang bisa diambil adalah 4K dan 1080p.

2. iPhone 15 Pro Max

Kedua, iPhone 15 Pro Max gak mau kalah soal kamera. HP flagship rilis September 2023 ini mendapatkan skor DxOMark diangka 154. Hal ini sangat wajar karena kameranya tersemat banyak banget teknologi.

Pada bagian belakang, ada tiga lensa yang masing-masing beresolusi 48MP (wide), 12MP (periscope telephoto), dan 12MP (ultrawide). Sementara pada bagian depan, resolusinya lebih rendah di angka 12MP.

Kamera ini mendukung banyak banget fitur, mulai dari dual pixel PDAF, sensor-shift OIS, dan 5x optical zoom. Sementara untuk perekaman video, maksimal resolusi yang bisa diambil adalah 4K@60fps.

Videografi HP ini juga dijamin memuaskan karena mendukung segudang fitur, seperti 10-bit HDR, Dolby Vision HDR, ProRes, cinematic mode, 3D (spatial) video, hingga stereo sound rec.

Baca Juga: 5 Mouse Murah tapi Performa Gila, Jago Gaming Tanpa Bobol Tabungan!

3. OPPO Find X7 Ultra

Beralih ke merek lainnya, kamu bisa pilih OPPO Find X7 Ultra yang dapat skor DxOMark di angka 157. HP flagship rilis pada Januari 2024 ini memasang empat kamera belakang yang semuanya memiliki resolusi 50MP dan satu kamera depan beresolusi 32MP.

Pertama, ada lensa wide memiliki banyak fitur, mulai dari multi-directional PDAF, laser AF, dan OIS. Kedua, ada lensa periscope telephoto mendukung kamera 2.8x optical zoom, multi-directional PDAF (25cm), dan OIS.

Ketiga, ada kamera periscope telephoto lagi yang mendukung 6x optical zoom, dual pixel PDAF (35cm - ∞), dan OIS. Terakhir, ada kamera ultrawide yang mendukung PDAF. Salah satu teknologi yang paling menonjol dari kamera HP ini adalah pengguna Hasselblad Color Calibration yang membuat gambar jadi lebih nyata.

Terakhir untuk perekaman video, maksimal resolusi yang bisa diambil adalah 4K@60fps yang sudah mendukung gyro-EIS, HDR, 10‑bit video, dan Dolby Vision. Lengkap sekali, ya kan?

4. Google Pixel 8 Pro

Keempat, kamu bisa beli Google Pixel 8 Pro mendapatkan skor DxOMark di angka 153. Google memang smartphone yang unggul di sektor kamera karena kameranya mendukung fitur dual pixel PDAF, multi-zone laser AF, OIS, pixel shift, Ultra-HDR, hingga 10-bit HDR pada videografi.

Sementara untuk resolusi, kamera belakang Google Pixel 8 Pro ada tiga yaitu 50MP (wide), 48MP (telephoto), dan 48MP (ultrawide). Sementara kamera depan, resolusi adalah 10.5MP dan merupakan lensa ultrawide. Terakhir, maksimal perekaman video hanya ada di angka 4K@60fps.

Verified Writer

Sumahir Hidayanto

Bersatu kita teguh, bercerai kita bebas🇮🇩

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya