TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Membeli Laptop untuk Keperluan Kerja, Jangan Salah!

Ada berbagai tipe laptop dengan spesifikasi berbeda

ilustrasi laptop (unsplash.com/Kari Shea)

Intinya Sih...

  • Menentukan spesifikasi laptop sesuai kebutuhan kerja, seperti prosesor untuk desain grafis atau pemrograman.
  • Pemilihan ukuran dan resolusi layar yang nyaman untuk mata, idealnya 13-15 inci dengan minimal resolusi HD.
  • Perhatikan kapasitas baterai, konektivitas, kapasitas memori, dan kualitas komponen seperti keyboard dan trackpad.

Membeli laptop untuk keperluan kerja tentunya membutuhkan pertimbangan matang, sehingga kamu tidak bisa sembarangan dalam membelinya begitu saja. Hal ini karena memang laptop tersebut akan menjadi perangkat utama digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan berbagai tugas dan untuk meningkatkan produktivitas sehari-hari.

Tidak ada salahnya apabila kamu harus benar-benar cermat dalam mengecek laptop nantinya akan dibeli, sehingga bisa mendapatkan yang kualitasnya bagus dan tentu saja layak untuk digunakan. Oleh sebab itu, perhatikan beberapa tips berikut ini sebelum membeli laptop memang cocok untuk keperluan kerja sehari-hari.

1. Tentukan spesifikasi dibutuhkan

Tips pertama bisa kamu lakukan adalah menentukan terlebih dahulu spesifikasi yang dibutuhkan untuk laptop milikmu nanti. Pastikan memang laptop kamu beli memiliki spesifikasi sesuai kebutuhan, seperti misalnya untuk melakukan desain grafis, pemrograman, atau pun memang hanya untuk mengetik saja.

Tidak mengherankan apabila spesifikasi pada laptop tentunya akan berbeda-beda, sehingga kamu harus menyesuaikan dengan jenis pekerjaan yang dimiliki. Jika memang pekerjaanmu seputar desain atau pun pemrograman, maka biasanya membutuhkan laptop dengan prosesor yang kuat agar bisa memaksimalkan fungsinya dengan lebih mumpuni.

2. Pilih ukuran dan resolusi nyaman

Pemiliham laptop berdasarkan ukuran dan resolusi layar menjadi hal selanjutnya perlu kamu perhatikan dengan seksama. Alasannya karena memang laptop diperuntukkan untuk kerja pastinya harus nyaman dilihat dan tidak menimbulkan rasa lelah pada mata, apalagi jika kamu harus bekerja untuk durasi waktu yang cukup lama.

Kamu mungkin dapat mempertimbangkan untuk membeli laptop dengan layar 13 sampai dengan 15 inci karena biasanya cukup ideal untuk kenyamanan visual dan juga portabilitasnya. Kamu bisa memilih laptop memang memiliki layar minimal foto HD untuk mengurangi risiko kelelahan mata pada saat harus bekerja.

Selain itu, jika memang pekerjaan memerlukan detail lebih ekstra, seperti misalnya desain grafis maka harus mempertimbangkan laptop dengan resolusi yang jauh lebih tinggi.

Baca Juga: 5 Kesalahan Umum Membeli Drone untuk Pemula, Jangan Keliru!

3. Kualitas baterai harus sesuai kebutuhan

Pada saat membeli laptop sudah tentu kamu harus memperhatikan soal kapasitas baterai yang dimiliki karena hal ini menjadi salah satu faktor penting untuk menunjang pekerjaan. Tentu saja kamu harus menyesuaikan kapasitas baterai laptopmu dengan kebutuhan pekerjaan, entah itu jika mungkin sering menghabiskan waktu di dalam ruangan atau justru di luar ruangan.

Setidaknya kamu dapat membeli laptop dengan daya tahan baterai yang panjang minimal 8 jam penggunaan, sehingga bisa bekerja dengan lebih lama tanpa harus sering mengisi daya. Apalagi jika kamu bekerja untuk kebutuhan bisnis, sehingga harus memiliki laptop dengan fitur pengisian cepat karena akan sangat berguna apabila berada dalam kondisi darurat.

4. Pastikan konektivitasnya lengkap

Membeli laptop tentu saja harus memperhatikan soal konektivitas yang dimiliki agar bisa menunjang produktivitas bekerja dengan lebih baik. Kamu mungkin dapat memilih laptop terdapat port memadai, seperti misalnya USB type A, USB type C, HDMI dan slot kartu SD karena hal ini akan sangat membantumu dalam bekerja sehari-hari.

Konektivitas nirkabel seperti Wi-Fi 6 dan bluetooth 5.0 juga bisa menjadi nilai tambah untuk memastikan laptop tersebut terhubung ke berbagai perangkat dengan cepat dan stabil. Hal ini sudah pasti akan memudahkanmu dalam proses mengirim data atau pun menghubungkan ke perangkat tambahan lainnya yang diperlukan.

Verified Writer

Marcel Arumi

Tetap semangat dan jangan menyerah!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya