TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Kesalahan Umum Membeli Drone untuk Pemula, Jangan Keliru!

Membeli drone sebaiknya harus dipertimbangkan matang-matang

ilustrasi drone (unsplash.com/Dose Media)

Intinya Sih...

  • Membeli drone harus sesuai kebutuhan dan tujuan penggunaan sehari-hari.
  • Pertimbangkan budget yang dimiliki agar tidak mengalami kerugian.
  • Pahami regulasi dan aturan penggunaan drone untuk menghindari masalah hukum.

Drone saat ini sudah dikenal sebagai alat yang cukup populer untuk kebutuhan fotografi, videografi, atau pun hiburan semata. Hal ini karena drone sudah dilengkapi berbagai model dan juga fitur yang tersedia secara umum, sehingga dapat digunakan dengan mudah sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Banyak orang yang sering kali bingung pada saat akan membeli drone untuk pertama kali. Imbasnya, justru melakukan kesalahan dapat mengakibatkan pemborosan uang dan tidak efektif dalam penggunaannya sehari-hari.

Oleh sebab itu, kamu harus paham beberapa kesalahan umum berikut ini sering dilakukan oleh pemula pada saat membeli drone agar nantinya tidak sampai terulang lagi.

1. Tidak paham tujuan dan kebutuhannya

Kesalahan pertama dapat terlihat dari ketidakpahaman seseorang membeli dan menyesuaikan dengan kebutuhannya. Semestinya jika memang kamu memutuskan untuk membeli drone, maka harus tahu apa yang menjadi kebutuhanmu dan tujuan dalam penggunaannya sehari-hari agar jangan sampai kurang efektif dan justru terkesan hanya menyebabkan pemborosan saja.

Biasanya setiap drone memiliki spesifikasi dan juga fitur berbeda-beda. Sebab ada yang dirancang untuk keperluan fotografi saja, videografi balapan, atau pun rekreasi lain yang mungkin dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Oleh sebab itu, jika memang kamu membeli drone untuk kebutuhan profesional, maka pastikan untuk membelinya sesuai dengan kebutuhan agar hasilnya dapat berkualitas dan tidak sampai menimbulkan kekecewaan.

2. Tidak menentukan batasan budget

Ada berbagai produk mungkin menawarkan drone dengan berbagai fitur dimilikinya, serta dibanderol dengan harga yang juga berbeda-beda. Jika memang kamu tertarik untuk membeli drone, maka tentu saja harus mempertimbangkan soal batas anggaran yang dimiliki agar nantinya tidak sampai terlalu berlebihan dan justru membuatmu mengalami kerugian.

Pastikan untuk mempersiapkan budget memang akan dibayarkan untuk membeli drone tersebut, sehingga kamu harus melakukan riset terlebih dahulu agar bisa mendapatkan yang spesifikasi bagus. Hindari membeli drone yang mungkin terlalu mahal atau bahkan melebihi batas budget yang kamu miliki, sehingga hal ini dapat menimbulkan penyesalan saat membelinya.

Baca Juga: 5 Earphone All-Rounder, Bass hingga Treble Bikin Ketagihan

3. Tidak melakukan riset dan membaca ulasan

Banyak orang mungkin kurang melakukan riset atau pun membaca ulasan ketika membeli drone, sehingga berpotensi melakukan kesalahan. Perlu dipahami, setiap drone pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri, sehingga kamu harus benar-benar mempertimbangkannya terlebih dahulu.

Tidak ada salahnya untuk membaca ulasan dari pengguna lain atau pun menonton review yang ada agar kamu bisa memiliki wawasan yang lebih luas tentang proforma drone tersebut. Selain itu, utamakan drone memiliki ulasan positif karena biasanya lebih layak untuk digunakan daripada drone mungkin memiliki lebih banyak ulasan negatif karena rentan bermasalah.

4. Tidak paham regulasi dan legalitas

Ternyata memang menggunakan drone tidak boleh sembarangan karena ada aturan-aturan yang perlu dipahami terlebih dahulu. Setiap negara mungkin memiliki regulasi dan juga aturan yang berbeda mengenai penggunaan drone, sehingga calon pembeli tentunya harus memahami hal ini agar tidak sampai melakukan kesalahan.

Banyak orang yang mungkin melakukan kesalahan umum seperti membeli drone tanpa memahami regulasi yang berlaku. Biasanya regulasi tersebut berkaitan dengan registrasi, izin terbang, atau pun batasan terbang di area tertentu, sehingga kamu harus memahami hal ini agar bisa menghindari masalah hukum dan juga denda yang mungkin dapat diperoleh.

Verified Writer

Marcel Arumi

Tetap semangat dan jangan menyerah!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya