TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Perbandingan realme 13 vs iQOO Z9x, Harga Sama tapi Beda Performa

iQOO unggul di chipset, tapi kalah di sektor layar

realme 13 dan iQOO Z9x (realme.com | instagram.com/iQOO_id)

Intinya Sih...

  • Realme 13 hadir sebagai smartphone mid-range bintang lima dengan Snapdragon 685, layar AMOLED, dan harga Rp2,9 jutaan.
  • Perbandingan desain antara Realme 13 dan iQOO Z9x menunjukkan perbedaan di modul kamera, bezel, dan teknologi layar.
  • iQOO Z9x unggul di performa karena menggunakan Snapdragon 6 Gen 1, RAM lebih besar, serta baterai 6000mAh dengan dukungan SUPERVOOC charge.

Pada 10 Agustus yang lalu, realme Indonesia telah resmi meluncurkan realme 13. Ini adalah smartphone mid-range disebut oleh pihak realme sebagai HP gaming bintang lima.

HP ini ditenagai Snapdragon 685 yang secara performa kira-kira setara dengan MediaTek Helio G96. Mengusung layar AMOLED, realme 13 dijual dengan harga Rp2,9 jutaan. 

Dikisaran harga tersebut, realme 13 harus bersaing dengan banyak smartphone lain yang bahkan punya performa di atasnya. Salah satu pesaing terkuat realme 13 justru datang dari sesama brand anggota BBK Electronics, yaitu iQOO Z9x.

HP tersebut sukses di pasaran dengan menargetkan anak muda yang menginginkan smartphone performa tinggi. Nah, bagaimana perbandingan antara keduanya? Berikut ulasannya. 

1. realme 13 hadirkan bezel lebih tipis

realme 13 (instagram.com/realmeindonesia)

Realme 13 mengusung desain elegan dengan modul kamera berbentuk lingkaran menonjol di bagian belakang. Desain seperti ini memberikan kesan modern dan premium.

Di sisi lain, iQOO Z9x tampil lebih sederhana dengan modul kamera persegi panjang yang menyatu dengan bodi belakang menciptakan tampilan yang bersih dan minimalis.

Kedua HP ini memiliki layar punch-hole di bagian depan, namun Realme 13 memiliki bezel sedikit lebih tipis.

2. realme 13 menang di sektor layar dengan panel AMOLED

Beralih ke bagian layar, iQOO Z9x harus mengakui keunggulan realme 13 karena sudah menggunakan panel AMOLED beresolusi FHD+ dengan refresh rate 120Hz. Kecerahan layar realme 13 mampu mencapai 2000 nits.

Di sisi lain, layar iQOO Z9x masih menggunakan IPS. Meski begitu, resolusi layar iQOO Z9x sudah FHD+ dengan 120Hz refresh rate.

Walaupun layar iQOO Z9x masih IPS, tetapi kecerahannya mampu mencapai 1000 nits. Ini adalah tingkat kecerahan yang terbilang tinggi untuk ukuran panel IPS. 

Baca Juga: 5 Case Earphone Terbaik Mencuri Perhatian, Simpan dengan Gaya!

3. Soal performa, iQOO Z9x jauh lebih unggul

realme 13 boleh berbangga di sektor layar. Namun untuk urusan performa,  iQOO Z9x unggul cukup telak.

Hal ini dikarenakan iQOO Z9x dibekali chipset kelas menengah dari Qualcomm, yaitu Snapdragon 6 Gen 1. Chipset tersebut membuat iQOO Z9x mendapatkan skor pengujian AnTuTu v10 sekitar 500 ribuan.

Sementara itu, realme 13 ditenagai Snapdragon 685 dikenal hemat daya, namun performanya berada di bawah Snapdragon 6 Gen 1. Sebagai perbandingan, di situs Nanoreview, Snapdragon 685 mendapatkan skor AnTuTu v10 sekitar 340 ribuan.

Soal RAM, realme 13 hanya tersedia dalam satu opsi (8/128GB). Sedangkan, iQOO Z9x punya dua varian RAM (8/128GB dan 8/256GB). Di sisi perangkat lunak, kedua HP ini sama-sama menjalankan sistem operasi Android 14. 

4. realme 13 dan iQOO Z9x bersaing di sektor kamera

Secara keseluruhan, Realme 13 dan iQOO Z9x memiliki konfigurasi kamera cukup mirip. Keduanya mengandalkan kamera utama 50MP. Tetapi kamera depan realme 13 sudah punya fitur OIS.

Selain itu, Realme 13 menawarkan kamera depan beresolusi lebih tinggi, yakni 16MP dibandingkan 8MP pada iQOO Z9x. Di sisi lain, iQOO Z9x memiliki keunggulan dalam perekaman video hingga kualitas 4K, sementara Realme 13 terbatas pada 1080p.

5. iQOO Z9x punya kapasitas baterai lebih besar

Di aspek daya, iQOO Z9x menjadi pemenang karena dibekali baterai sebesar 6000mAh dengan dukungan 44W SUPERVOOC charge. Sedangkan realme 13, walaupun baterainya 5000mAh, tetapi memiliki fast charging lebih besar, yakni 67W. Sayangnya, kedua HP ini belum memiliki fitur bypass charging

6. realme 13 punya fitur lebih lengkap dengan NFC

realme 13 dan iQOO Z9x sama-sama punya fitur seperti gyroscope, 3,5mm jack audio, speaker stereo, dan slot memori eksternal. Akan tetapi, realme 13 punya dua fitur yang tidak dimiliki oleh iQOO Z9x.

Dua fitur tersebut adalah NFC dan pemindai sidik jari dalam layar. Ya, sensor sidik jari iQOO Z9x masih berada di bagian samping alias diletakan di tombol power.

Verified Writer

Hilman Azis

I love tech, game, and...movie

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya