Persiapan WSL Krui Pro 2024 Capai 80 Persen, Peselancar Mulai Datang

Gelaran WSL 2024 masih sama dengan tahun sebelumnya

Intinya Sih...

  • Persiapan WSL Krui Pro QS 5.000 tahun 2024 di Pesisir Barat Lampung mencapai 80 persen.
  • Gelaran masih sama dengan tahun sebelumnya, dengan tamu undangan seperti Menpora, Gubernur Lampung, dan anggota DPR-RI dapil Lampung.
  • Rekomendasi dari Tim Risk Assesment Mabes Polri untuk pengamanan acara, termasuk penghitungan jumlah penonton dan dukungan dari Telkomsel, PLN, dan Pertamina.

Pesisir Barat, IDN Times - Persiapan World Surf League (WSL) Krui Pro Qualified Series (QS) 5.000 tahun 2024 di Kabupaten Pesisir Barat Lampung sudah mencapai 80 persen lebih. Hal itu disampaikan langsung Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal saat jumpa pers dengan awak media, Kamis (23/5/2024).

Sejumlah peselancar lokal maupun luar negeri juga mulai berdatangan ke lokasi  (WSL) Krui Pro untuk berlatih menaklukkan ombak dan membiasakan diri dengan karakteristik ombak mencapai 5 hingga 8 kaki sejak sepekan sebelum event internasional itu berlangsung.

Baca Juga: Cerita Warga Krui Antusias Sambut Event Surfing Internasional

1. Gelaran WSL masih sama dengan tahun sebelumnya

Persiapan WSL Krui Pro 2024 Capai 80 Persen, Peselancar Mulai DatangPersiapan WSL Krui Pro 2024 (Dok. Humas Pesisirbarat)

Kepala Dinas Pariwisata Pesisir Barat, I Nyoman Setiawan mengatakan, pelaksanaan Krui Pro 2024 masih terbilang sama dengan gelaran tahun sebelumnya. Menurutnya, tamu undangan sudah terkonfirmasi akan hadir yaitu Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Gubernur Lampung, beberapa anggota DPR-RI dapil Lampung, dan Ketua DPRD Provinsi Lampung.

"Untuk perkembangan persiapan, venue 1 seluruh perlengkapan harus sudah siap maksimal H-1. Venue 2 lokasi UMKM masih terus difasilitasi agar para pelaku UMKM dapat berusaha dengan baik dan maksimal. Sedangkan venue 3 yaitu lokasi perlombaan, dimana untuk panggung penjurian, dan area atlet masih terus dilaksanakan," jelasnya.

2. Dapat dukungan dari banyak pihak

Persiapan WSL Krui Pro 2024 Capai 80 Persen, Peselancar Mulai DatangPersiapan WSL Krui Pro 2024 (Dok. Humas Pesisirbarat)

Nyoman mengatakan, rekomendasi dari Tim Risk Assesment Mabes Polri antara area atlet dan penonton harus diberi ruang dan disesuaikan. Karena diperkirakan jumlah penonton akan terus meningkat.

Menurutnya,  penghitungan jumlah penonton mencoba meminta dukungan dari Telkomsel. Melalui perangkat Telkomsel mampu menghitung pergerakan manusia secara rinci.

"Pengamanan mendapat dukungan penuh, PLN juga konsen secara keseluruhan yang fokusnya tidak hanya di Tanjung Setia. Di mana seluruh Wilayah menjadi lokasi penginapan akan ditambah tegangan. Pertamina juga mendukung berupa bantuan BBM," jelasnya.

3. Libatkan Timsar dan TNI amankan peselancar dan pengunjung

Persiapan WSL Krui Pro 2024 Capai 80 Persen, Peselancar Mulai DatangPersiapan WSL Krui Pro 2024 (Dok. Humas Pesisirbarat)

Nyoman menambahkan, 12 personel Direktorat Kepolisian Perairan dan Udara (Ditpolairud) Polda Lampung akan dilibatkan dalam operasi pengamanan ini. 

Mereka akan berkoordinasi dengan pihak terkait lainnya, seperti Badan SAR Nasional (Basarnas) dan TNI, untuk memastikan keselamatan para peselancar dan pengunjung selama acara berlangsung.

Baca Juga: Tourist Police-Security Officer, Cara Polisi Amankan WSL Krui Pro 2024

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya