Sambut Kontingen PON Lampung di Bandara, Pj Gubernur Bilang Ini

Berhasil pertahankan posisi 10 besar, bawa pulang 68 medali

Intinya Sih...

  • Kontingen PON Lampung pertahankan posisi 10 besar dengan 68 medali
  • Rombongan kontingen tiba di Lampung, disambut langsung Pj Gubernur Samsudin
  • Ketua Harian KONI Lampung Amalsyah Tarmizi ungkap raihan prestasi dan evaluasi ke depan

Lampung Selatan, IDN Times - Kontingen PON Lampung mempertahankan posisi 10 besar ajang PON XXI Aceh-Sumut 2024. Tim ini total meraih 68 medali, terdiri dari 22 medali emas, 16 medali perak, dan 30 medali perunggu.

Torehan tersebut, Lampung berhasil mengulang prestasi yang sama seperti pada PON Papua 2021. Sedangkan peringkat 10 besar PON XXI 2024 Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Timur, Sumatera Utara, Jawa Tengah, Aceh, Bali, Kalimantan Timur, DIY dan Lampung.

Baca Juga: Daftar Lengkap Atlet Lampung Peraih Medali PON 2024

1. Rombongan kontingen PON Lampung tiba di bandara disambut Pj gubernur

Sambut Kontingen PON Lampung di Bandara, Pj Gubernur Bilang IniRombongan kontingen PON Lampung disambut langsung Pj Gubernur Lampung Samsudin di VIP Bandara Radin Inten II, Sabtu (21/9/2024). (Dok. Biro Adpim Lampung).

Rombongan kontingen PON Lampung pascaberakhirnya PON 2024 Jumat (20/9/2024) telah tiba di Lampung kemarin. Kedatangan rombongan ini disambut langsung Pj Gubernur Lampung Samsudin di VIP Bandara Radin Inten II.

"Terima kasih atas jerih payah seluruh atlet PON XXI 2024 dari Lampung yang telah berjuang, bekerja, dan sungguh-sungguh dalam memperjuangkan keberhasilan (medali) yang semua atlet kontingen lakukan," ujarnya.

DIketahui Samsudin selama gelaran PON 2024 berlangsung, pada beberapa kesempatan hadir dan menyaksikan langsung laga pertandingan atlet atlet Lampung. "Kalian semua yang telah berjuang mengharumkan nama Lampung pada ajang PON XXI Aceh-Sumut 2024, dan untuk membawa nama Lampung berkibar di Indonesia," kata Samsudin. 

2. Sesuai target dibidik

Sambut Kontingen PON Lampung di Bandara, Pj Gubernur Bilang IniRombongan kontingen PON Lampung disambut langsung Pj Gubernur Lampung Samsudin di VIP Bandara Radin Inten II, Sabtu (21/9/2024). (Dok. Biro Adpim Lampung).

Ketua Harian KONI Lampung, Amalsyah Tarmizi menjelaskan, merujuk hasil ini Lampung berhasil mencapai target awal yang telah ditetapkan sebelum berangkat ke PON XXI Aceh-Sumut 2024. Ia menyampaikan, masuk 10 besar merupakan keberhasilan seluruh unsur kontingen berkontribusi sesuai dengan bidang masing-masing.

"Terima kasih untuk seluruh pejuang olahraga dari Lampung. Bagi atlet, pelatih dan manajer serta para pengurus cabor. Kami sangat apresiasi perjuangan anda semua, hebat. Semua berkontribusi,” ujarnya.

Amalsyah mengatakan, raihan prestasi ini merupakan tantangan terberat untuk ke depan. Sebab itu, setibanya di Lampung, pihaknya akan melakukan evaluasi secara menyeluruh.

“Banyak hal yang perlu dievaluasi. Tentu ini demi kebaikan kita ke depan. Jangan ada yang mengklaim paling berjasa atau paling berkontribusi. Karena sebagai sebuah kontingen besar, semuanya punya peran,” ungkapnya.

3. Senam ritmik cabor terbanyak rengkuh medali emas

Sambut Kontingen PON Lampung di Bandara, Pj Gubernur Bilang IniPesenam ritmik asal Lampung Sutjiati Kelanaritma Narendra (kiri) dan rekannya Tri Wahyuni menunjukkan medali emas dan perak usai upacara penyerahan medali PON XXI di Gedung Serbaguna Disporasu Sumut, Deli Serdang, Rabu (4/9/2024). (PB PON XXI SUMUT / Hendra Syamhari).

Pekan Olahraga Nasional XXI Aceh-Sumut 2024 resmi berakhir, Jumat (20/9/2024). Merujuk perolehan medali tiap provinsi, kontingen Jawa Barat menjadi juara umum.

Kontingen Jawa Barat menorehkan 195 medali emas, 163 perak dan 181 perunggu. Peringkat kedua DKI Jakarta 184 medali emas, 150 perak dan 146 perunggu. Sedangkan Jawa Timur menduduki peringkat tiga meraih 146 emas, 136 perak dan 144 perunggu.

Prestasi Jawa Barat mencetak hattrick atau tiga kali beruntun juara umum PON. Itu terhitung sejak gelaran PON 2016 di Jawa Barat, PON 2021 di Papua dan teranyar PON 2024 Aceh-Sumut.

Tim Sai Bumi Ruwa Jurai bercokol di peringkat 10. Kontingen Lampung total mengumpulkan 68 medali. Rinciannya, 22 medali emas, 16 perak dan 30 perunggu.    Senam ritmik tercatat cabang olahraga terbanyak memeroleh medali emas yakni empat keping. Sedangkan cabor terbanyak meraih medali perak adalah kurash empat medali. Cabor kurash pun penyumbang medali perunggu terbanyak empat keping.

Baca Juga: Kumpulkan 68 Medali, Lampung Tembus Target PON XXI 2024 

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya