Nathanael De Haan, Siswa SD Karunia Imanuel Juara 1 Karate O2SN

Bibit talenta olahraga bersumber dari peserta didik

Intinya Sih...

  • Kemendikbudristek berperan dalam mengembangkan bibit talenta olahraga dari peserta didik dengan program MTN dan DBON.
  • BPTI bertugas mengidentifikasi, mengembangkan, dan menghasilkan peserta didik berprestasi melalui kegiatan O2SN setiap tahun.
  • SD Karunia Imanuel meraih prestasi di O2SN tingkat Kecamatan Sukarame Kota Bandar Lampung pada cabang olahraga karate dan atletik.

Bandar Lampung, IDN Times - Dalam kebijakan dan program Manajemen Talenta Nasional (MTN) dan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menjadi bagian dari melaksanakan tugas pengembangan talenta bidang olah raga. Dalam hal ini, peran dilaksanakan Kemdikbudristek adalah menyiapkan bibit-bibit talenta olahraga bersumber dari peserta didik yang memiliki minat dan bakat di bidang olahraga.

Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) kemudian bertugas melakukan identifikasi, pengembangan dan aktualisasi untuk menghasilkan peserta didik berprestasi di bidang olahraga. Salah satu yang dilakukan adalah memprogramkan kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) setiap tahun pada semua jenjang pendidikan.

SD Karunia Imanuel salah satu sekolah mengikuti ajang O2SN tingkat Kecamatan Sukarame Kota Bandar Lampung mengirim siswa dan siswi berprestasi di beberapa cabang olahraga seperti karate, atletik, renang dan cabang olahraga lainnya. SD ini berhasil meraih dua piala yaitu dari cabang olahraga karate dan atletik.

Pada cabang olahraga karate dimenangkan oleh Nathanael Sebastian De Haan juara 1. Sedangkan olahraga atletik dimenangkan oleh Julio di posisi juara 2. Nathanael merupakan salah satu murid di perguruan/dojo Destroyer berada di Perumahan Permata Asri Karang Anyar.

Pada saat pertandingan berlangsung pelajar akrab disapa Nathan ini didampingi oleh guru serta Kepala Sekolah SD Karunia Imanuel, Rakhmat Subagyo dan pelatih perguruan yang biasa dipanggil senpai Irvan Berlian.

“Saya sangat senang dan bersemangat untuk bertanding karena banyak yang mendukung. Saya akan terus berlatih serta berusaha memberikan yang terbaik, semoga bisa terus juara sampai tingkat nasional mengharumkan nama Lampung,” ujar Nathan.

Baca Juga: Lampung Bakal Berlaga di 54 Cabor PON 2024, Target 30 Medali Emas!

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya