Comscore Tracker

Aplikasi Smagle Mahasiswa ITERA Juara 1 Kompetisi Artikel Ilmiah Nasional

Aplikasi rangkum seluruh moda transportasi ibukota baru

Lampung Selatan, IDN Times - Tim mahasiswa Institut Teknologi Sumatera (ITERA) terdiri atas Dany Reynold L Tobing mahasiswa Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Rafi Arya Nugraha (Teknik Informatika), dan Risno Putri Nainggolan (Teknik Informatika), berhasil meraih juara pertama kompetisi artikel ilmiah nasional. Ajang itu diselenggarakan Institut Teknologi Kalimantan (ITK) bertajuk ITK AI (Artikel Ilmiah) beberapa waktu lalu.

Berikut IDN Times rangkum cerita trio mahasiswa ini ukir prestasi juara pertama artikel ilmiah nasional.

1. Ungguli ITS dan Poltek Dumai

Aplikasi Smagle Mahasiswa ITERA Juara 1 Kompetisi Artikel Ilmiah Nasionalwww.knoldus.com

Tim ITERA berhasil mengungguli tim Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) yang meraih juara II, dan Politeknik Kelautan dan Perikanan Dumai juara III. Selain itu, tim ITERA tergabung dalam tim Iteratech juga meraih penghargaan poster terbaik.

Dalam kompetisi yang diadakan dalam rangka Dies Natalis ke-7 ITK tersebut, tiga mahasiswa ITERA mengusung gagasan tentang Aplikasi Smart Jungle (Smagle). Itu  aplikasi transportasi modern sebagai upaya kemudahan akses transportasi umum hanya dalam satu genggaman. 

Baca Juga: Panen Budidaya Madu, ITERA Jadi Percontohan Pertama di Lampung

2. Sejalan konsep pembangunan ibukota baru green city

Aplikasi Smagle Mahasiswa ITERA Juara 1 Kompetisi Artikel Ilmiah NasionalDesain Ibu Kota Baru Indonesia ( ANTARA/Paparan Kementerian PUPR)

Ketua tim Dany Reynold L Tobing menyebut, penelitian ini didasari perkembangan industri transportasi yang sangat cepat seiring dengan peningkatan jumlah penduduk. Hal ini mengakibatkan peningkatan masalah sosial seperti kemacetan lalu lintas yang menimbulkan dampak negatif dari segi sosial maupun ekonomi.

Selain itu, ia juga memaparkan, rencana pemindahan Ibukota dari Jakarta ke Kalimantan, di kawasan ibukota baru akan dibangun insfratsruktur transportasi modern seperti LRT, MRT, dan BRT sehingga akan terbentuk konektivitas transportasi antar moda transportasi. Sehingga dibutuhkan sistem transportasi yang modern dan sesuai dengan kebutuhan.

“Sistem yang didesain pada aplikasi karya kami sejalan dengan konsep pembangunan ibukota baru yakni green city. Masyarakat akan banyak diarahkan menggunakan transportasi umum dibandingkan dengan transportasi pribadi,” ujarnya, Kamis (4/11/2021).

3. Aplikasi rangkum seluruh moda transportasi umum ibukota baru

Aplikasi Smagle Mahasiswa ITERA Juara 1 Kompetisi Artikel Ilmiah NasionalDesain ibu kota baru (YouTube/Sekretariat Presiden)

Dany mengatakan, aplikasi ini dapat merangkum seluruh moda transportasi umum yang ada di ibukota baru dalam satu aplikasi. Jadi, masyarakat dapat memilih moda transportasi yang ada dan juga dapat memudahkan sistem pembayaran moda transportasi secara digital,” terangnya.

Selain itu pada aplikasi ini juga masyarakat dapat mengajukan kritik dan saran terhadap pelayanan seluruh moda transportasi yang ada. Sehingga masyarakat dapat menggunakan satu aplikasi saja yakni aplikasi Smagle untuk kemudahan mobilisasi menggunakan moda transportasi umum.

4. Hadapi beberapa kendala

Aplikasi Smagle Mahasiswa ITERA Juara 1 Kompetisi Artikel Ilmiah Nasionalgoogle

Risno Putri Nainggolan anggota tim Iteratech lainnya menyebut, timnya juga menghadapi beberapa kendala selama proses penelitian hingga penulisan karya ilmiah. Selain dikarenakan jauhnya titik lokasi yang menyebabkan tidak dapat observasi langsung, dan pada pembentukan aplikasi ini juga harus detail dalam runtutan aplikasi agar memudahkan dalam mendesain UI/UX aplikasi Smagle serta memudahkan para pengguna aplikasi Smagle ini.

Risno menambahkan, partisipasi dirinya dan dua rekannya dalam kompetisi tersebut adalah untuk mengasah skill. “Banyak pembelajaran yang dapat diambil, dicoba aja dulu, menang atau kalahnya urusan belakang, yang terpenting bisa meningkatkan softskill dan juga mengembangkan kapasitas diri kita,” ujarnya.

Baca Juga: Kisah Ananda Arkan Peraih Emas Softball PON Papua, Kejar Prestasi Akademik

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya