10 Fakta Menarik Planet Venus Harus Kamu Ketahui, Apa saja?

Yuk kenalan sama planet kembaran bumi ini!

Planet Venus adalah salah satu planet terletak di tata surya kita. Dikenal sebagai planet kembaran Bumi, Venus menarik perhatian para peneliti dan pengamat langit dengan karakteristik unik dan menarik.

Dengan permukaan yang geografisnya beragam dan medan awet muda, Venus menjadi subjek penelitian menarik. Selain itu, Venus juga dikenal sebagai planet terpanas di tata surya dan memiliki atmosfer mengandung gas-gas yang tidak biasa.

Mari kita eksplorasi lebih jauh tentang planet mengelilingi Matahari secara terbalik ini dan mengungkap fakta menarik perlu diketahui tentang Venus.

1. Planet kembaran Bumi

10 Fakta Menarik Planet Venus Harus Kamu Ketahui, Apa saja?pixabay.com/WikiImage

Venus, juga dikenal sebagai "planet kembaran Bumi," memiliki beberapa kesamaan dengan planet kita sangat menarik. Secara ukuran, Venus memiliki diameter hampir sama dengan Bumi, menjadikannya planet dengan ukuran terbesar kedua setelah Jupiter.

Venus maupun Bumi memiliki lapisan atmosfer dan permukaan padat, meskipun kondisi di Venus sangat berbeda dan ekstrem dibandingkan dengan Bumi. Selain itu, Venus dan Bumi juga memiliki struktur internal mirip.

Venus maupun Bumi memiliki inti besi padat di pusatnya, lapisan mantel di sekitarnya dan kerak batuan di permukaannya. Namun, perbedaan penting terletak pada kondisi permukaan dan atmosfer Venus sangat berbeda dengan Bumi.

Sama seperti Bumi, Venus juga mengalami perubahan cuaca dan sistem iklim. Venus memiliki siklus cuaca kompleks, termasuk awan-awan tebal terdiri dari asam sulfat di atmosfernya.

Meskipun terdapat kesamaan struktural dengan Bumi, kondisi di Venus tidak mendukung kehidupan seperti kita kenal. Permukaan Venus sangat panas, atmosfernya sangat beracun, dan tekanan atmosfernya sangat tinggi membuatnya menjadi salah satu tempat paling tidak ramah bagi kehidupan seperti kita kenal.

2. Planet kedua terdekat dari Matahari

10 Fakta Menarik Planet Venus Harus Kamu Ketahui, Apa saja?pixabay.com/Daniel Roberts

Venus menduduki posisi sebagai planet kedua terdekat dari Matahari setelah Merkurius. Jarak rata-rata antara Venus dan Matahari adalah sekitar 108 juta kilometer. Pergeseran planet Venus dari Matahari relatif kecil, sehingga sering terlihat dekat dengan Matahari di langit.

Venus merupakan salah satu planet dapat diamati dengan mudah dari Bumi di pagi hari sebagai "bintang pagi" atau di malam hari sebagai "bintang senja". Fenomena ini disebabkan orbit Venus berada lebih dalam di dalam orbit Bumi, sehingga kita dapat melihat Venus mendekati atau menjauhi Matahari dari sudut pandang kita di Bumi.

Meskipun Venus berada lebih jauh dengan Matahari daripada Merkurius, Venus memiliki suhu permukaan jauh lebih tinggi daripada Merkurius merupakan planet terdekat dengan Matahari.

Baca Juga: Serupa Tapi Tak Sama, Kenali 8 Macam Jerapah Ada di Dunia

3. Planet memiliki hari lebih panjang dari tahunnya

10 Fakta Menarik Planet Venus Harus Kamu Ketahui, Apa saja?pixabay.com/M W

Salah satu fakta menarik tentang Venus adalah rotasinya sangat lambat. Venus memiliki periode rotasi sangat panjang, yaitu sekitar 243 hari Bumi.

Artinya, satu hari di Venus berlangsung lebih lama daripada setahun Venus sendiri  hanya berlangsung sekitar 225 hari Bumi. Dengan kata lain, Venus memiliki "hari" lebih panjang daripada "tahun"-nya.

Fenomena ini disebabkan gerakan rotasi Venus yang terbalik atau berlawanan arah jarum jam. Sebagian besar planet, termasuk Bumi, mengalami rotasi searah jarum jam jika dilihat dari kutub utara.

Namun, Venus berputar secara retrograde, yaitu berlawanan arah dengan mayoritas planet lainnya. Rotasi retrograde Venus membuat periode rotasi panjang, menjadikannya planet dengan rotasi terlama di tata surya.

Perbedaan antara periode rotasi Venus yang lambat dan periode revolusi atau tahunnya yang relatif singkat membuat Venus memiliki fenomena unik. Setiap "pagi" di Venus berlangsung selama beberapa bulan Bumi, diikuti oleh "malam" juga berlangsung selama beberapa bulan Bumi.

Perubahan cuaca dan pencahayaan selama periode ini sangat berbeda dan dramatis. Rotasi yang lambat dan perbedaan antara hari dan tahun Venus menambahkan keunikan planet ini dalam sistem tata surya kita.

4. Planet dengan medan geografis beragam

Permukaan Venus memiliki medan geografis sangat beragam. Meskipun Venus terlihat seperti planet yang halus dan tanpa fitur saat diamati dari jauh, studi lebih mendalam dan pengamatan lebih dekat mengungkapkan keberagaman menarik.

Dataran tinggi adalah salah satu fitur dominan di Venus. Dataran tinggi ini terdiri dari wilayah lebih tinggi dan cenderung memiliki topografi bergelombang. Terdapat pegunungan menjulang tinggi dan membentang di sebagian besar permukaan Venus.

Salah satu contoh menonjol adalah Gunung Maxwell memiliki ketinggian lebih dari 11 kilometer (6,8 mil), menjadikannya salah satu gunung tertinggi di tata surya. Di antara dataran tinggi, terdapat juga dataran rendah yang luas.

Dataran rendah ini sering kali terletak di sekitar kawasan vulkanik membentuk dataran vulkanik luas dan dataran terbentuk akibat aktivitas geologis. Permukaan Venus juga ditandai lembah-lembah yang dalam dan terjal membentang ribuan kilometer.

Selain itu, Venus juga memiliki jumlah sangat besar gunung berapi padam dan kawah membentang di seluruh permukaannya. Kawah-kawah besar dan kompleks, beberapa di antaranya memiliki diameter hingga puluhan kilometer, menunjukkan tanda-tanda aktivitas vulkanik kuat di masa lalu Venus.

Keberagaman medan geografis Venus ini memberikan petunjuk tentang aktivitas geologis pernah terjadi di planet ini. Pemahaman lebih baik tentang struktur dan evolusi permukaan Venus menjadi penting dalam mengungkap misteri tentang sejarah planet ini dan proses geologis yang terjadi di dalamnya.

5. Planet dengan permukaan geografis awet muda

Salah satu fakta menarik tentang Venus adalah permukaannya terlihat awet muda. Meskipun Venus lebih tua daripada Bumi, dengan usia sekitar 4,5 miliar tahun, planet ini memiliki fitur geologis terlihat relatif baru dan tidak banyak terlihat tanda-tanda erosi atau perubahan signifikan.

Salah satu alasan utama permukaan Venus terlihat awet muda adalah aktivitas vulkanik kuat di masa lalu. Ribuan gunung berapi padam dan kawah besar ditemukan di permukaan Venus menunjukkan planet ini telah mengalami periode vulkanik intensif.

Aliran lava baru dan endapan vulkanik relatif baru masih dapat ditemukan di beberapa daerah Venus. Selain itu, kurangnya tectonic plates atau lempeng tektonik seperti yang ada di Bumi juga berperan mempertahankan keberadaan fitur geologis awet muda di Venus.

Bumi memiliki lempeng tektonik bergerak dan mengalami proses pembentukan gunung, pembentukan lembah dan erosi terus menerus. Namun, Venus tidak memiliki lempeng tektonik aktif yang bergerak, sehingga fitur-fitur geologisnya dapat bertahan dalam keadaan relatif tidak berubah selama jutaan tahun.