5 Fakta Unik Nanotyrannus, Dinosaurus Bikin Heboh Awal 2024!

Klasifikasinya membingungkan!

Intinya Sih...

• Klasifikasi Nanotyrannus masih diperdebatkan hingga 2024
  • Nanotyrannus hidup di periode kapur sekitar 67-66 juta tahun lalu
  • Panjang maksimal Nanotyrannus sekitar 5 meter, ukuran kecilnya memudahkan untuk berburu

Dunia prasejarah tak pernah bosan memberikan kejutan, tiap tahun selalu ada penemuan baru tentang flora dan fauna purba. Salah satu fauna purba paling terkenal adalah Nanotyrannus.

Masuk dalam keluarga Tyrannosauridae, dinosaurus ini unik karena klasifikasinya masih diperdebatkan. Di tahun 2024 ini perdebatan tersebut masih berlanjut saat diterbitkannya penelitian terbaru mengenai predator purba satu ini.

Tak cuma klasifikasinya yang selalu diperdebatkan, Nanotyrannus juga punya fakta-fakta mungkin kamu tak tahu. Mulai dari bentuknya, tempat tinggalnya, kebiasannya, sampai makanannya. Penasaran mengenai dinosaurus satu ini? Berikut fakta-fakta unik Nanotyrannus.

1. Klasifikasinya membingungkan

5 Fakta Unik Nanotyrannus, Dinosaurus Bikin Heboh Awal 2024!Rekonstruksi fosil Nanotyrannus (instagram.com/deinonychusfloof)

Awalnya pada 1946 hewan ini diklasifikasikan sebagai spesies dari Gorgosaurus, yaitu Gorgosaurus lancensis. Barulah di tahun 1988 digolongkan ke spesies tersendiri, yaitu Nanotyrannus lancensis.

Namun di 2005 ditemukan fakta fosil Nanotyrannus yang ada ternyata merupakan individu muda dari Tyrannosarus rex. Akhirnya spesies Nanotyrannus dinyatakan tidak valid, terang Scholarly Community Encyclopedia.

Tapi pada 2024 hal tersebut kembali dibantah! Pada 3 Januari 2024 tertib sebuah artikel di jurnal Fossil Studies. Artikel tersebut menganalisis tengkorak Nanotyrannus dan membandingkannya dengan fosil Tyrannosaurus.

Akhirnya artikel tulisan Nicholas R Longrich dan Evan T Saitta tersebut menyimpulkan Nanotyrannus adalah spesies tersendiri, bukan individu muda T. rex. Namun hal ini masih ditentang oleh banyak ahli dan belum sepenuhnya disetujui, jelas Live Science. Sepertinya perdebatan mengenai klasifikasi Nanotyrannus masih akan berlanjut.

2. Hidup di periode kapur

5 Fakta Unik Nanotyrannus, Dinosaurus Bikin Heboh Awal 2024!Ilustrasi periode kapur (instagram.com/serpenillus)

Dilansir Natural History Museum, Nanotyrannus hidup di periode kapur sekirar 67-66 juta tahun yang lalu. Di masa ini dia hidup berdampingan dengan beberapa dinosaurus terkenal seperti T. rex, Triceratops dan Pachycephalosaurus.

Selain dinosaurus hewan-hewan purba lain seperti reptil terbang Quetzalqoatlus juga hidup berdampingan dengannya. Periode kapur dimulai sekitar 145 dan berakhir pada 66 juta tahun yang lalu.

Iklim di periode ini cenderung hangat dan lebih lembab dari keadaan bumi saat ini. Hawa hangat ini membuat banyak hutan bertebaran di daratan dan menjadikannya surga bagi dinosaurus. Aktivitas volkanis juga merajalela di periode ini, jelas Britannica.