Wow! UIN Raden Intan Lampung Peringkat Tiga PTKIN Terbaik Indonesia  

Berdasarkan situs penilaian Webometrics

Bandar Lampung, IDN Times - Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) menduduki peringkat ketiga untuk lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia. Itu berdasarkan situs penilai Webometrics per Juli 2021.

Webometrics merupakan suatu perangkat sistem atau inisiatif, untuk mempromosikan dan membuka akses publikasi ilmiah. Itu guna meningkatkan kehadiran akademik serta lembaga-lembaga penelitian di situs website.

Pemeringkatan sejatinya telah dimulai sejak 2004 silam dan didasari pada gabungan indikator memperhitungkan volume ataupun isi web. Termasuk visibilitas dan dampak dari publikasi web. Di mana pemeringkatan dilakukan kepada lebih dari 22 ribu Perguruan Tinggi di seluruh dunia.

Dalam hal penilaian, Webometrics mengacu pada empat komponen menjadi indikator utama yaitu Presence, Impact, Openness, dan Excellence.

1. Peningkatan di tengah laju pandemik COVID-19

Wow! UIN Raden Intan Lampung Peringkat Tiga PTKIN Terbaik Indonesia  Penampakan gedung baru UIN Raden Intan Lampung yang akan digunakan sebagai pusat akademik dan riset (IDN Times/Silviana)

Melihat pencapaian tersebut, Rektor UIN Raden Intan Lampung, Moh Mukri menyampaikan rasa syukur atas peningkatan tersebut. Menurutnya, meski masih dalam kondisi pandemik, kendati sivitas akademika kampus masih dapat produktif dalam menjalankan setiap tugas dan kewajibannya.

“Alhamdullilah. Peningkatan posisi di webometrics ini tentunya suatu kabar baik. Ini merupakan indikator mengenai perkembangan kampus kita," ujar Mukri, sapaan akrabnya, Rabu (28/7/2021).

Ia menyampaikan, penilaian situs Webometrics sejatinya telah berlangsung cukup lama dan mengedepankan sisi objektivitas. "Ini menilai dengan penilaian objektif dan ini pengakuan dari pihak luar,” sambung dia.

Baca Juga: Mengulik Enam Bangunan Baru di UIN Raden Intan, Jokowi Siap Meresmikan

2. Naik satu peringkat dari periode Januari 2021

Wow! UIN Raden Intan Lampung Peringkat Tiga PTKIN Terbaik Indonesia  UIN Raden Intan Lampung (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Dalam periode ini, posisi UIN Raden Intan Lampung berhasil naik satu peringkat dari Januari 2021 tepatnya saat menduduki tempat ke-4. Namun kini, kampus berlokasi di Kecamatan Sukarame Kota Bandar Lampung tersebut, sukses berada di tiga besar.

Kali ini, UIN Raden Intan berhasil bersanding bersama UIN Sunan Gunung Djati Bandung (posisi ke-1) dan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (2).

Pencapaian kali ini juga dibilang meningkat cukup tajam, bila harus dibandingkan pada tahun sebelumnya di kurun waktu periode yang sama. Per-Juli 2020 UIN Raden Intan masih berada diurutan ke-7 dan pada Januari 2020 diposisi ke-10 serta Juni 2019 diposisi ke-22 lingkup PTKIN.

3. Urutan ke-60 Perguruan Tinggi se-Indonesia

Wow! UIN Raden Intan Lampung Peringkat Tiga PTKIN Terbaik Indonesia  UIN Raden Intan Lampung (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Berbeda dengan peringkat Perguruan Tinggi se-Indonesia periode Juli 2021, UIN Raden Intan Lampung hanya berada diposisi ke-60. Kendati peringkat tersebut terbilang naik dari Januari 2021 yaitu, diposisi ke-72 dan ke-79 dalam periode penilaian Juli 2020.

Bila harus dirangkum dalam kurun waktu per tahun, maka peringkat UIN Raden Intan juga terus tunjukkan tren positif dari tahun-tahun sebelumnya. Itu mengingat Januari 2020, berada diperingkat ke-130, Juni 2019 posisi 224, dan Januari 2019 peringkat ke-284.

4. Jadikan motivasi dan tetap terus berbenah

Wow! UIN Raden Intan Lampung Peringkat Tiga PTKIN Terbaik Indonesia  UIN Raden Intan Lampung (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Di tengah laju peningkatan tren positif tersebut, Mukri juga tetap mengingatkan, agar sivitas akademika menjadikan peningkatan peringkat ini sebagai bentuk motivasi. Itu untuk terus produktif dan melakukan terbaik bagi UIN Raden Intan.

“Saya harus pastikan dan sering saya ingatkan, bahwa UIN Raden Intan Lampung akan terus berbenah untuk memberikan pelayanan optimal dan meningkatkan mutu akademik, serta kemahasiswaan,” tandas Mukri.

Baca Juga: 10 Potret dan Fakta Menarik UIN Raden Intan Lampung

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya