Tugu Adipura dan Lungsir Ditutup Jelang Malam Tahun Baru 2023

Truk dan kendaraan besar dilarang melintas

Bandar Lampung, IDN Times - Satlantas Polresta Bandar Lampung akan menutup akses jalan menuju Tugu Adipura atau Bundaran Gajah dan Tugu Pengantin atau Bundaran Lungsir saat malam pergantian Tahun Baru 2023, Sabtu (31/12/2022) mulai pukul 22.00 WIB.

Kasatlantas Polresta Bandar Lampung, AKP M Rohmawan mengatakan, kebijakan itu merupakan langkah penerapan rekayasa lalu lintas (Lalin). Itu guna mengurai kemacetan dan kerumunan menjelang momen-momen malam pergantian Tahun Baru.

"Masyarakat kami minta untuk tidak melintas menuju Tugu Adipura dan Tugu Lungsir, mulai jam 22.00 malam sampai dengan selesai," ujarnya saat dimintai keterangan, Sabtu (31/12/2022).

Baca Juga: KPU Lampung Terima 20 Nama Balon DPD RI Pemilu 2024

1. Rekayasa lalin arah Tugu Adipura

Tugu Adipura dan Lungsir Ditutup Jelang Malam Tahun Baru 2023Ilustrasi jam malam. (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

Terkait rekayasa arus lalin di Tugu Adipura, Rohmawan menjelaskan, kepolisian bakal menutup Jalan Raden Intan dialihkan menuju ke Jalan Tulangbawang, untuk melintas ke arah Jalan HOS Tjokroaminoto. Kemudian bagi kendaraan melintas dari arah Jalan Nusa Indah, Jalan Diponegoro, Jalan MH Thamrin, Jalan Wolter Monginsidi akan dialihkan ke Jalan RA Kartini.

Lalu kendaraan akan menuju Telukbetung akan dialihkan menuju ke Jalan Tulangbawang, Jalan HOS Tjokroaminoto, Jalan Sudirman menuju ke Telukbetung melalui Jalan Gatot Subroto.

"Kami menyiapkan alternatif kedua, bahwa arus lalu lintas dari arah Jalan Raden Intan menuju Jalan Kartini dialihkan melalui Jalan S. Parman keluar Jalan RA Kartini," terangnya.

Kemudian arus lalin dari arah Telukbetung dialihkan melalui Jalan Rasuna Said menuju Jalan Wolter Monginsidi dan keluar di Jalan RA Kartini. Sementara arus lalin dari Jalan Ahmad Dahlan dialihkan menuju Jalan Juanda, sebaliknya arus dari Jalan Juanda dialihkan menuju Jalan Ahmad Dahlan. "Sama, arus lalin dari Jalan Nusa Indah menuju Masjid Al Furqon dialihkan menuju ke Jalan MH Thamrin," sambung Kasat Lantas.

2. Rekayasa lalin arah Tugu Pengantin (Lunsir)

Tugu Adipura dan Lungsir Ditutup Jelang Malam Tahun Baru 2023Bundara Lungsir Bandar Lampung. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Lalu rekayasa lalin menuju Tugu Pengantin atau Bundaran Lunsir, dijelaskan Rohmawan, kepolisian pertama akan menutup Jalan Simpang Nusa Indah. Kemudian Simpang Jalan Rasuna Said menuju Jalan Diponegoro akan dialihkan ke Simpang Jalan Susilo ke Jalan Juanda.

"Kami minta masyarakat dapat mematuhi penerapan rekayasa lalin nanti malam, kami juga mengimbau supaya dapat melaksanakan malam tahun baru di rumah masing-masing," pintanya.

Ia pun turut meminta, supaya masyarakat dapat menghindari kegiatan kontra produktif maupun pelanggaran hukum, semisal konvoi kendaraan hingga mengkonsumsi miras atau narkoba.

"Segala perbuatan tindak pidana dan perilaku anarkis menganggu ketertiban masyarakat akan kami tindak tegas, kami pastikan semuanya sesuai proses hukum yang berlaku," sambungnya.

3. Truk dilarang melintasi jalan protokol Kota Bandar Lampung

Tugu Adipura dan Lungsir Ditutup Jelang Malam Tahun Baru 2023Ilustrasi truk ( ANTARA FOTO/Fauzan)

Satlantas Polresta Bandar Lampung juga melarang truk atau kendaraan besar masuk ke jalan protokol Kota Tapis Berseri, Sabtu (31/12/2022) mulai pukul 17.00 WIB hingga Minggu (1/1/2023) pukul 06.00 WIB. Tujuannya, untuk mengurangi kepadatan dan mengantisipasi kemacetan arus lalin.

"Sejak sore ini, kami sudah akan melaksanakan sterilisasi di dalam kota, terutama sekitar Tugu Adipura dan Tugu Pengantin," tandas Kasat Lantas.

Baca Juga: Jelang Malam Tahun Baru, Kantor MUI Lampung Dirusak Orang Tak Dikenal

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya