Comscore Tracker

Tatap Pemilu 2024, PAN Lampung Mulai Rekrut Saksi TPS Partai

Rencana rekrutmen 56 ribu saksi

Bandar Lampung, IDN Times - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Lampung mulai menyusun langkah taktis untuk memenangi Pemilu 2024 mendatang. Salah satunya merekrut saksi-saksi partai akan ditempatkan di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Ketua DPW PAN Lampung, Irham Jafar Lan Putra mengatakan, kegiatan penjaringan atau perekrutan saksi-saksi TPS partai sudah dimulai. Nanti, partai sedikitnya akan menempatkan dua saksi dalam satu TPS.

"Dua saksi itu akan ditempatkan masing-masing di dalam dan juga di luar TPS, rekrutmen saksi ini by name by address (kesesuaian data tentang nama dan alamat). Kami juga akan memberikan mereka pelatihan juga," ujarnya, Sabtu (14/5/2022).

Baca Juga: DPP Demokrat Hubungi 4 Ketua DPC Terpilih di Kabupaten/Kota Lampung 

1. Masing-masing saksi dipatok mengusung minimal 5 suara

Tatap Pemilu 2024, PAN Lampung Mulai Rekrut Saksi TPS PartaiKetua DPW PAN Lampung, Irham Jafar Lan Putra. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Irham melanjutkan, kegiatan rekrutmen saksi partai ini diharapkan mampu mendulang suara pemilihan maksimal bagi PAN di Provinsi Lampung. Terlebih, masing-masing saksi akan dipatok mampu mengusung minimal lima suara di setiap TPS.

Menurutnya, strategi ini dinilai mampu mendongkrak torehan suara PAN di Provinsi Lampung. Mengingat setidaknya dua saksi dalam satu TPS, maka paling sedikit terdapat sumbangsih 10 suara masuk dalam penghitungan.

"Target kita memang tidak menang di tiap TPS, tapi penghitungan secara akumulasi di seluruh TPS. Belum lagi, masing-masing Caleg kami juga tentu akan membawa saksi," imbuh dia.

2. Saksi dibutuhkan sekitar 56 ribu

Tatap Pemilu 2024, PAN Lampung Mulai Rekrut Saksi TPS PartaiGoogle

Terkait jumlah kumulatif saksi bakal direkrut PAN, Irham menyebutkan, pihak DPW masih akan berpatokan dengan jumlah keseluruhan TPS pada pemilu lalu yaitu, sekitar 28 ribu TPS. Artinya, sebanyak 56 ribu saksi akan dipersiapkan untuk menghadapi kontestasi Pemilu 2024 mendatang.

"Tahun ini kami fokus menyelesaikan urusan saksi partai. Masuk 2023 baru menyangkut pencalegan, tapi penjaringan Bacaleg juga sudah mulai buka dari sekarang," katanya.

3. PAN duduki posisi 3 suara terbanyak pada rekapitulasi penghitungan suara Pemilu lalu

Tatap Pemilu 2024, PAN Lampung Mulai Rekrut Saksi TPS PartaiIlustrasi. Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno [tengah]. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Diketahui merujuk hasil Rapat Pleno rekapitulasi penghitungan suara Pileg DPR RI saat Pemilu 2019 lalu, Provinsi Lampung terdapat dua dapil yaitu, Dapil Lampung I dan Dapil lampung II. Berdasarkan hasil Dapil Provinsi Lampung I, PDIP menempati urutan pertama dengan perolehan suara 471.339, disusul Partai Golkar dengan toreha 227.737. Posisi ketiga suara terbanyak ditempat Partai PAN dengan jumlah suara 225.117.

Sedangkan untuk hasil pada pileg DPR RI Dapil Provinsi Lampung II, PDIP menempati urutan pertama dengan 416.077 suara. Partai Golkar 281.277, disusul dengan Gerindra 269.623 suara.

Baca Juga: Isu Pendongkelan Ketum Airlangga, DPD Golkar Lampung: Kami Tetap Solid

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya