Tata Cara Salat Idul Adha 2021 dan Khotbah di Rumah dari Kemenag

Ibadah di masjid dan musala di Bandar Lampung ditiadakan

Bandar Lampung, IDN Times - Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bandar Lampung resmi mengatur peniaadaan kegiatan takbir keliling dan pelaksanakan salat Idul Adha 2021 di masjid dan musala. Itu sejalan dengan imbauan Surat Edaran (SE) Menteri Agama Nomor 17 Tahun 2021.

Kepala Kemenag Kota Bandar Lampung, Mahmuddin Aris Rayusman mengatakan, peniadaan sementara peribadatan di tempat ibadah masjid dan musalah meliputi, kegiatan takbir, salat Idul Adha, dan pengunjuk pelaksanakan kurban di masa PPKM Darurat.

"Selain kita melaksanakan SE Menag dan Instruksi Wali Kota Nomor 04 Tahun 2021 dari PPKM Mikro menjadi Darurat, maka kami dengan ormas islam dan MUI Kota Bandar Lampung telah membuat dan mensepakati maklumat bersama, tentang penegasan kembali masalah peribadatan tersebut," ujar Rayusman, kepada IDN Times, Senin (19/7/2021).

1. Peniadaan telah disosialisasikan

Tata Cara Salat Idul Adha 2021 dan Khotbah di Rumah dari KemenagIlustrasi.Kegiatan salat jumat berjamaah di sejumlah masjid Jakarta (Dok. Koordinator Gerakan Bangkit dari Masjid Arief Rosyid Hasan)

Dalam pelaksanaannya, Kemenag Kota Bandar Lampung juga telah berkoordinasi dengan melakukan rapat bersama pemerintah daerah setempat. Selain itu, Rayusman menyebut, pihaknya telah mengundang sejumlah Kepala KUA di 20 kecamatan. Itu untuk mensosialisasikan peraturan SE tersebut.

"Kita juga dibantu oleh penyuluh agama dan melaporkan kepada Kapolres serta Dandim, agar Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa Kota Bandar Lampung untuk membantu personel Kemeneg. Sebab jika hanya kita anggota sangat terbatas," pungkas Rayusman.

2. Upaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19

Tata Cara Salat Idul Adha 2021 dan Khotbah di Rumah dari KemenagWarga menandai batas jarak antar jemaah di lokasi salat id (ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah)

Inti dikeluarkannya kesepakatan bersama dalam maklumat tersebut, Rayusman menjelaskan sebagai panduan, dengan tujuan guna memutuskan mata rantai penyebaran virus COVID-19.

Ia menegaskan, keputusan tersebut bukanlah merupakan sebuah larangan dalam pelaksanaan kegiatan ibadah selama Hari Raya Idul Adha 2021/1442 Hijriah.

"Yang tidak boleh itu bukan ibadahnya, tapi masjid itu fungsinya sebagai tempat siar agama Islam. Tapi mengumpulkan atau mengajak orang itu yang dikhawatirkan menimbulkan kerumunan, maka untuk sementara pelaksanaan salat di rumah saja," terang dia.

3. Tata cara salat Idul Adha dan khotbah di rumah

Tata Cara Salat Idul Adha 2021 dan Khotbah di Rumah dari KemenagKhotib Habib Hamzah Al Idrus saat menyampaikan khutbah nya di rumjab Wakil Wali Kota Balikpapan (IDN Times/Hilmansyah)

Rayusman juga menyampaikan, sejatinya hukum salat Idul Adha adalah sunnah muakkad, sehingga pelaksanakan salat tidak harus dilakukan di masjid/musala.

"Apalagi di masa pandemik seperti saat ini, oleh karena itu kita bentuk mengimbau kepada masyarakat untuk bisa mematuhi aturan," tandas dia.

Berikut IDN Times rangkum tata cara salat Idul Adha dan khutbah di rumah dari Kemenag Kota Bandar Lampung.

- Diawali dengan niat
- Setelah takbiratul Ikhram ditambah takbir sebanyak 7 kali
- Membaca surat Al-Fatihah
- Dilanjutkan membaca surat pendek, semisal surat Al-Ikhlas
- Memasuki rakaat kedua, setelah takbir masuk rakaat kedua, ditambah takbir sebanyak 5 kali
- Membaca surat Al-Fatihah
- Dilanjutkan membaca sura pendek, semisal surat Al-Kautsar
- Setelahnya tasyahud dan salam

Catatan:
- Jika salat di rumah berjamaah kurang dari 4 orang, maka tidak perlu diadakan khotbah, namun jika lebih dari 4 orang maka dibolehkan khotbah meskipun singkat

Tata cara khutbah

Khotbah Pertama:

- Khotib membaca takbir sebanyak 9 kali
- Membaca Alhamdulillah
- Syahadat
- Sholawat kepada Nabi Muhammad SAW
- Berwasiat taqwa
- Membaca ayat suci Al-Qur'an
- Uraian singkat tentang kurban

Khotbah Kedua (setelah khotib bangun dari duduknya):

- Khotib membaca takbir sebanyak 7 kali
- Membaca Alhamdulillah
- Syahadat
- Sholawat kepada Nabi Muhammad SAW
- Berwasiat taqwa
- Merangkum khutbah pertama atau dapat langsung membaca doa untuk kaum Muslim.

Baca Juga: Aturan Baru Salat Idul Adha 2021 dan Hewan Kurban di Lampung

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya